Trending Google Keep Stopping, Berikut Cara Mengatasinya

Sejumlah pengguna Android hari ini, Selasa (22/6/2021) mendapati ponselnya terus menerus menampilkan pop-up notifikasi error berbunyi "Google terus berhenti" atau "Google Keeps Stopping". 

Pop-up tersebut tetap muncul tanpa henti meskipun aplikasi Google sudah dihentikan paksa. Selain itu, sejumlah layanan Google, seperti Search dan Gmail turut dikeluhkan tidak dapat berfungsi. Notifikasi serupa juga bermunculan di perangkat Android di luar Indonesia, alias berlangsung secara global. Masalah disinyalir berasal dari pembaruan terkini aplikasi Google yang menimbulkan error.

Kata "Google " masih menjadi trending topic di Twitter Indonesia. Melalui akun Twitter perusahaan, Google membenarkan jika layanannya sedang mengalami gangguan tetapi belum menjelaskan apa penyebabnya. Google menyarankan untul melakukan soft reboot dengan menahan tombol power 30 detik.

Untuk memperbaiki masalah "Google Keeps Stopping", pengguna Android di Indonesia menyarankan agar menghapus pembaruan dari aplikasi Google. Cara ini disebut ampuh menghentikan pop-up itu sehingga tak lagi muncul.

Berikut cara mengatasi Google yang terus berhenti atau Google Keeps Stopping, dikutip dari gizbot.com:

1. Restart HP
Merestart HP dinilai cara yang ampuh untuk mengatasi Google yang terus berhenti atau Google Keeps Stopping

2. Periksa Koneksi Internet
Selain restart HP, salah satu cara mengatasi Google yang terus berhenti adalah mengecek koneksi internet. Mesin Pencarian Google membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk bekerja.

Pastikan Anda memakai aplikasi Chrome. Jika Anda menggunakan WIFI, coba untuk menyalakan ulang modem WIFI Anda. Namun bila Anda menggunakan data seluler, coba aktifkan mode pesawat dan tunggu beberapa menit, kemudian matikan mode pesawat di HP Anda.

3. Tambahkan Widget Pencarian
Jika masalah Google yang terus berhenti ada pada widget pencarian, coba tambahkan widget pencarian di HP Anda. Hapus widget pencarian di HP Anda, lalu tambahkan kembali widget pencarian yang baru.

Untuk menambah widget pencarian, ketuk atau tahan ruang kosong di layar beranda HP Anda, dan pilih Widget.

4. Mulai Ulang Aplikasi Google
Cara lainnya adalah memulai ulang aplikasi Google di HP Anda. Untuk memulai ulang aplikasi Google, berikut caranya:
    - Buka pengaturan di HP Anda
    - Buka Manajer Aplikasi/Aplikasi
    - Klik Google
    - Klik Force Stop

5. Hapus Cache
Menghapus cache pada aplikasi Google Anda menjadi cara yang paling ampuh. Untuk menghapus cache, berikut caranya:
    - Buka pengaturan di HP
    - Buka Manajer Aplikasi/Aplikasi
    - Klik Google
    - Klik Penyimpanan
    - Setelah itu cari Cache dan hapus

Jika opsi hapus cache tidak berhasil, Anda harus menghapus data/penyimpanan. Perlu diingat, manghapus data/penyimpanan ini akan menghapus semua data Anda di aplikasi.

6. Perbarui Aplikasi
Cara mudah lainnya adalah memperbarui aplikasi Google di PlayStore. Untuk memperbarui aplikasi, Anda hanya perlu membuka PlayStore dan klik perbarui/update pada aplikasi Google.

 

 

Keyword:
Google+