5 Obyek Wisata di Solo yang Aduhai, Wajib mampir!

JATENGLIVE.com - Surakarta atau lebih dikenal sebagai Solo ternyata menjajakan destinasi wisata yang tak kalah menarik dan mengasyikan. Wisata kuliner pun juga tidak kalah enak dan tidak kalah dengan macam-macam kuliner di kota besar lainnya lho. Dan tak lengkap rasanya jika mampir ke Kota Solo tanpa membeli batik khas Solo. Bagi Anda yang mulai mengagendakan berlibur ke kota Solo, Yuk simak beberapa destinasi wisata Solo berikut ini : 

1. Keraton Kasunanan Surakarta 

Image result for keraton kasunanan surakarta

Belum lengkap rasanya mengunjungi Solo tanpa pergi ke Keraton Kasunanan Surakarta. Menjelajahi keraton yang dibangun tahun 1745 oleh Raja Paku Buwono II ini, Kita akan dibawa menjelajahi sejarah, seni, dan juga budaya dalam waktu yang bersamaan.

Di Keraton Kasunanan Surakarta, Kita juga dapat melihat peninggalan di bangunan Kompleks Alun-alun Lor, Kompleks Sasana Sumewa, Kompleks Siti Hinggil Lor, Kompleks Kamandungan Lor dan tempat tempat lainnya.  

Tak boleh kelewatan, Kita juga wajib mengunjungi Museum Keraton Kasunanan Surakarta. Museum ini menyimpan berbagai benda pusaka serta koleksi-koleksi keraton lainnya.

2. Pasar Klewer

Image result for pasar klewer solo

Berbelanja pasti menjadi kebutuhan setiap orang khususnya para wisatawan yang sedang berkunjung maupun liburan di Kota ini. 

Pasar Klewer merupakan salah satu destinasi wisata bagi para kaum yang suka berbelanja, apalagi di dalam Pasar Klewer ini terdapat banyak kios kios yang menjual aneka batik, yang tentunya dapat dijadikan sebagai cendera mata oleh orang kesayangan. Harganya pun bervariasi, mulai dari 15.000 hingga 25.000 yang dapat membawa pulang jajanan sederhana seperti dodol, dan aneka jajanan lainnya, dilengkapi dengan dodol kaya rasa tergantung pemilihan

3. Taman Balekambang

Image result for taman balekambang
Taman Balekambang merupakan Taman pesona yang terdapat di Kota Surakarta. Anda bisa duduk-duduk santai atau berpiknik bersama keluarga di Taman Balekambang yang digadang-gadang menjadi hutan kota-nya masyarakat Solo. Jangan lupa untuk berfoto sekadar mengabadikan momen liburan bersama keluarga. Di sana juga terdapat beberapa ekor rusa yang dilepasliarkan dan ada juga taman reptil, green house, taman air, tempat outbond, gedung ketoprak, serta rumah peristirahatan.

4. Pasar Gede

Image result for pasar gede solo

Tak lengkap rasanya jika berlibur tapi tidak mencicipi kuliner khas Solo. Di pasar yang telah berdiri sejak tua yaitu pada tahun 1930 ini, terdapat banyak kuliner yang menggiurkan perut Anda. Anda bisa mencicipi berbagai macam kuliner khas Solo mulai dari minuman, cemilan hingga santapan besar yang siap mengisi perut Anda. Mulai dari nasi liwet, timlo, tahok, es dawet, hingga lenjongan siap memanjakan lidah Anda. Brambang Asem yang menjadi hidangan yang sulit ditemui di Solo pun bisa ditemukan di Pasar Gede. Bagi Anda yang ingin mampir ke pasar Gede, pasar ini berlokasi di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo.

5. Kampung Lawean dan Kauman

Related image

Jika di Pasar Klewer Anda bisa memilih beberapa varian batik dari Solo dan daerah sekitarnya. Di Kampung Batik Laweyan dan Kauman, Anda bisa mampir ke salah satu pusat produksi batik tradisional terbesar di Kota Solo. Hal yang membedakan dua tempat tersebut adalah motifnya. Kampung Batik Laweyan memiliki ratusan jenis motif yang cenderung warna cerah. Sedangkan Kampung Batik Kauman memiliki kecenderungan motif yang berwarna coklat cenderung gelap. Bersama keluarga berkeliling Kampung Batik Laweyan dan Kauman pada pagi hari agar bisa melihat proses pembuatan batik tulis, batik cap, pencelupan, pencucian, hingga penjemuran kain. Tak ketinggalan, Anda juga bisa membeli batik-batik yang dijual di Kampung Batik Laweyan dan Kauman. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Melancong ke Solo, Yuk Mampir ke 5 Obyek Wisata Ini", https://travel.kompas.com/read/2017/11/04/170900527/melancong-ke-solo-yuk-mampir-ke-5-obyek-wisata-ini
Penulis : WIENDA PUTRI NOVIANTY

Keyword:
Google+