5 Pekerjaan Freelance yang Sesuai untuk Mahasiswa

JATENGLIVE.COM - Sebagai seorang mahasiswa memiliki kewajiban belajar dan menimba ilmu sebanya-banyaknya. Biasanya semua kebutuhan masih ditanggung seutuhnya oleh orang tua termasuk uang saku. Terkadang dngan pengeluaran mahasiswa yang besar membuat merasa kekurangan uang saku. Nah, kalian mahasiswa bisa cobain bekerja sebagai freelancer.

Bekerja freelance atau part-time dapat kalian kerjakan setelah pulang kuliah. Dari pekerjaan ini kalian akan mendapat pundi-pundi uang untuk tambahan uang saku. Selain itu, membuat kalian hidup disiplin dan pandai mengatur waktu.

Berikut adalah 5 pekerjaan freelance yang recommended untuk mahasiswa:

1. Penulis Lepas

Hasilnya lumayan loh!

Kalau kamu punya bakat menulis yang cukup baik, jangan sia-siakan begitu saja. Kalau kamu memang merasa punya kemampuan yang baik dalam menulis dan menyusun kata-kata, kenapa kamu nggak coba untuk menjadi seorang penulis lepas? Jadi seorang penulis lepas gak menyita banyak waktumu kuliah dan belajarmu kok.

Kamu bisa cari-cari info tentang loker penulis lepas di internet, banyak sekali yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk menulis artikel-artikel sesuai dengan orderan. Jangan takut juga untuk mencoba melamar ke beberapa website media online, tanyakan dulu apakah terdapat loker untuk penulis paruh waktu. Atau kamu juga bisa langsung buka lapak di forum-forum jual beli online, jual jasamu untuk menulis.

2. Guru Les Privat

Selain karena uang, gak ada salahnya kalau motivasimu untuk bekerja adalah untuk berbagi ilmu yang kamu punya. Kalau kamu adalah mahasiswa dari jurusan MIPA, kamu bisa menawarkan jasamu jadi guru privat untuk anak-anak SMA. Atau kamu punya kemampuan berbahasa asing yang mumpuni? Kenapa nggak coba melamar kerja di tempat kursus bahasa asing atau guru les privat bahasa asing untuk anak-anak sekolah?

Orangtua-orangtua rela lho mengeluarkan uang banyak supaya anak-anak mereka bisa mendapatkan bimbingan khusus dari guru les privat. Jadi guru les privat memang harus punya kesabaran yang ekstra, tapi saat kamu bisa berbagi ilmu yang kamu punya pada adik-adik didikmu, kamu pasti akan merasakan kepuasan yang tak ternilai dengan uang dan tak bisa kamu dapat di bangku kuliah.

3. Influencer

Asik tau!

Buat kamu yang lagi nge-hitz di sosial media, boleh nih dicoba. Menjadi influencer atau figur, bisa mendatangkan pundi-pundi rejeki yang tidak terbatas. Kamu bisa mengandalkan akun-akun yang banyak followers-nya itu, untuk digunakan menjadi tempat endorse.

Dan kalau punya blog, lebih bagus lagi. Kamu bisa membuat review tentang sebuah produk, untuk kemudian kamu dibayar per post-nya. Asal, yang paling penting bagi influencer ialah frekuensi post. Harusnya, lebih banyak post yang menginspirasi dibanding endorse.

4. Penerjemah

Jika menjadi guru les privat bahasa asing terlalu menyita banyak waktumu, kamu bisa kerja part time sebagai seorang penerjemah. Pekerjaan ini juga sangat bersahabat bagi para mahasiswa, lho! Kamu nggak harus ngantor, kamu bisa mengerjakannya di rumah. Kalau kamu punya kemampuan Bahasa Inggris yang bagus, tawarkan jasamu pada orang-orang yang membutuhkan jasa untuk menerjemahkan dokumen-dokumen mereka.

Atau jika kamu jago Bahasa Jepang, kamu bisa melamar kerja part time di penerbit terkenal sebagai penerjemah komik Jepang. Atau kamu juga bisa mencoba sebagai translator di perusahaan-perusahaan asing di Indonesia. Kalau kamu beruntung, kamu bisa saja diboyong ke Jepang untuk jadi penerjemah selama ada keperluan di luar negeri, lho!

5. Reporter atau Kontributor

kontributor untuk media nasional

Kalau kamu kuliah di jurusan jurnalistik, atau kamu memang punya minat di dunia jurnalistik, kamu bisa menjajal bekerja sebagai free lancer reporter atau kontributor. Banyak media cetak atau elektronik nasional yang membuka loker part time bagi mahasiswa yang bersedia untuk jadi reporter atau kontributor di daerah kecil.

Tugasmu adalah memberikan laporan pandangan mata atau membuat berita mengenai kondisi di daerah tempat tinggalmu. Jadi jika kamu bertempat tinggal di daerah kecil, kamu masih punya kesempatan untukmenjajal karir di media nasional. Jangan cuma memikirkan jumlah gajinya saja, tapi ini juga beguna untuk pengalaman kerjamu.

 

Selain pekerjaan diatas, sebenarnya masih banyak lagi lho pekerjaan lainnya. Selain kalian dapat uang dari pekerjaan itu, kalian juga dapat pengalaman dan ilmu. Tapi jangan lupa tetap utamakan pendidikan ya!

Keyword:
Google+