5 Tempat Makan di Tembalang Yang Murah dan Lezat

JATENGLIVE.COM, Semarang - Bila ingin mencari referensi tempat makan yang unik dan murah, coba datang ke daerah Tembalang Semarang.

Kecamatan yang berlokasi di Semarang Selatan ini dikenal sebagai daerah yang banyak mahasiswanya, karena ada sekitar 4 universitas yang berlokasi disini.

Dari yang unik hingga kekinian bisa kamu jumpai disini. Untuk masalah harga, pastinya sudah disesuaikan dengan kantong mahasiswa, tak perlu khawatir.

Berikut rekomendasi 5 Tempat makan di sekitar Tembalang 

1. Rice and Shine 

Telur dan daging adalah dua lauk yang ditaruh di atas hot plate.

Telur dan daging adalah dua lauk yang ditaruh di atas hot plate. (Tribun Jateng/Shela Kusumaningtyas)

Tempat yang satu ini menyajikan varian makanan berbahan dasar nasi yang disajikan diatas hotplate dengan aneka pilihan lauk berupa beef grill dan chicken crispy, serta saus bumbu yang menggugah selera.

Konsep penyajian makanan menggunakan hot plate yang telah populer di Jepang sejak tahun 70-an ini sengaja di bawa Ison, sang pemilik agar pengunjung bisa berkreasi menentukan sesuai selera tingkat kematangan menu yang akan disantap dan tentunya membuat makanan akan tetap hangat.

Untuk pilihan sausnya, terdapat empat saus yang bisa pengunjung pilih untuk disiramkan di menu pesanannya yaitu black pepper, brown sauce, Japannese curry, dan spicy cream.

Rice and Shine mulai beroperasi dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB. Harga menu nya sangat terjangkau, berkisar antara Rp 12.000 – Rp 15.000.

Untuk menu unggulannnya, kamu bisa coba beef original, yaitu nasi diberi garlic butter dan black peper yang disajikan diatas hotplate dengan daging sapi yang telah dimarinasi beserta telur setengah matang. 

Tempat yang mengusung tagline It's time to rice and shine and It's really worth the hype beralamat di Jl. Ngesrep Timur V, Sumurboto, Tembalang.

Instagramnya : @riceandshine_id

2. Sop Iwak - Sowak

Sowak dipenuhi pengunjung saat jam makan malam.

Sowak dipenuhi pengunjung saat jam makan malam. (Tribun Jateng/maulana ramadhan)

Sesuai namanya, sop ini menggunakan daging ikan sebagai bahan baku utama. Iwak sendiri memiliki arti ikan dalam bahasa Jawa. Sop ikan merupakan menu andalan dari Warung Sowak ini.

Sop iwak disini dikemas berbeda dengan sop ikan kebanyakan yaitu tanpa santan, tetapi rasanya dijamin tetap gurih karena perpaduan rempah yang digunakan. Rempah-rempah ini pula yang membuat sop iwak tidak amis.

 Jenis ikan yang digunakan adalah ikan nila, yang di fillet dan diambil bagian dagunya sebagai bahan baku Sop Iwak.

“Banyak yang ngiranya pakai ikan kakap, tapi pasti saya jelaskan kalau itu bukan,” ujar Angga sang pemilik warung.

Variasi pilihan menu lainnya ada sop tomyum, sop masak, dan rica-rica balung yang tidak kalah nikmat. Warung ini juga menyediakan tingkat kepedasan berlevel. Bisa memilih dari level 1-5. Namun bila merasa kurang pedas, Anda bisa memesan dengan tingkat kepedasan favorit.

 Selain variasi menunya, tak perlu khawatir soal porsi. Di sini, diberlakukan sistem makan nasi sepuasnya. Cukup memesan sekali, tambahan nasi tidak dikenakan biaya lagi. Seporsi sowak dibanderol cukup murah yakni Rp 7.500 dan nasi putih Rp 3.000 sepuasnya.

Buka sejak pukul 08.00 – 21.00, warung ini ramai dikunjungi saat jam makan siang dan makan malam. Bila ingin menikmati kelezatan sowak sebaiknya datang sebelum pukul 20.00 karena tak jarang sowak sudah habis sebelum warung ini tutup.

Warung Sowak berlokasi di Jalan Banjarsari Selatan No.18 Tembalang, Semarang. Sowak pun memiliki cabang baru di Jogja, alamatya Jalan Super Raya N0.89 (Karangasem) Condong Catur.

Instagram sowak : @sowak_sopiwak

3. Sate Taichan Naga Tembalang

Menu sate taichan naga. Mulai dari sate taichan campur, sate taichan ayam dan sayap. sambal dan lontong disajikan terpisah

Menu sate taichan naga. Mulai dari sate taichan campur, sate taichan ayam dan sayap. sambal dan lontong disajikan terpisah (Tribun Jateng/maulana ramadhan)

Di daerah Tembalang, Kedai Sate Taichan Naga menawarkan aneka varian sate taichan yang berbeda dengan sensasi rasa pedas yang nagih di lidah.

Kedai ini menyajikan variasi menu yang tidak akan ditemui di tempat lain seperti: sate taichan usus, sate taichan kulit, sate taichan telur puyuh, sate taichan kikil, dan ada pula menu taichan sayap.

Cita rasanya dibuat lebih gurih dan penuh rempah, terutama untuk menu kulit dan sayap karena telah diungkep terlebih dahulu.

Dicky, sang pemilik makin memperkaya jenis sate dengan tambahan sate taichan seafood yang terdiri dari sate tempura serta sate bakso ikan dan cumi.

Jika ingin mencoba seluruh varian sate bisa memesan menu sate mix. Sepuluh tusuk sate dalam seporsi bisa dikombinasikan dengan menu sate-sate yang ada.

Tidak hanya hadir dengan inovasi variasi sate, olahan sambalnya pun berbeda dengan penambahan bumbu rempah yang memperkaya rasa dan aroma, serta menambah rasa pedas menjadi lebih ‘nampol’. Walaupun sambalnya berwarna kecoklatan mirip dengan sambal kacang, tetapi tidak unsur kacang sama sekali di dalamnya. Warna coklat timbul karena rempah-rempah yang digunakan.

Kamu bisa memilih tiga tingkat kepedasan sambal disini. Bila memesan level satu sambal akan disajikan terpisah dengan sate. Namun bila memesan level dua dan tiga, sambal disuguhukan langsung dengan sate.

Yang juga unik dari Kedai Taichan Naga adalah dekorasinya yang berbeda dari warung sate kebanyakan yakni dengan warna-warna pop cerah. Tatanan sofa dan dekorasi dinding membuat kedai ini tampil seperti kafe. Kedai Taichan Naga sendiri memiliki dua bagian ruangan yakni dalam dan luar, untuk ruangan dalam memiliki fasilitas AC dan Televisi.

Kedai yang berlokasi di Jalan Sirojudin No 35 Tembalang, Semarang ini buka mulai pukul 12.00 – 22.00. Harga sate dibanderol Rp 16.000 untuk sate ayam hingga Rp 19.000 untuk menu sate campur.

Kamu bisa mengikuti instagramnya di : @taichanaga_tembalang

4. Mbok Rawit

Salah satu menu unggulan di Mbok Rawit Semarang, Nasi Ayam Pecok yang puedes poll

Salah satu menu unggulan di Mbok Rawit Semarang, Nasi Ayam Pecok yang puedes poll 

Bila ingin mencicipi kuliner pedas asli Semarang, sempatkan mampir ke kedai yang satu ini. Warung Mbok Rawit Semarang menghadirkan varian menu yang pedas, enak, dan murah.

Salah satu menu special disini adalah Mi telur asin. Cita rasanya khas Semarangan, dimana manis, asin, pedas, gurih berpadu jadi satu. Saus telur asin sebagai pelengkap disiram pada mi goreng yang sudah siap tersaji.

Karena terkenal dengan menu pedasnya, mi telur asin juga bisa disajikan dalam bentuk pedas. Di Warung Mbok Rawit tersedia beberapa level kepedasan yang bisa dipilih. Mulai dari level suwung, galau, dewa hingga tertinggi di level mahabarata.

Level suwung sendiri terdiri dari tiga cabai setan dan yang tertinggi mahabarata dengan 15 buah cabai setan. Nama mahabarata dipilih oleh sang pemilik karena melambangkan peperangan yang besar dalam legenda.

“Jadi makan pedes rasanya kaya sedang perang gitu,” ujar Adit sang pemilik.

Untuk menu-menu lain seperti nasi goreng, nasi pecok ayam, mie tomyum, seafood, dll juga bisa diaplikasikan level kepedasan ini.

Meski mengusung nama rawit nyatanya menu-menu non pedas juga tersedia disini. Jadi tak perlu khawatir bagi anda yang tidak gemar pedas. Harga makanan disini cukup murah, dimulai dari harga Rp 8.000.

Kedai Mbok Rawit tersebar di beberapa wilayah Semarang, untuk daerah Tembalang beralamat di Ruko SOS Jl.Durian Raya kav.8, Banyumanik, dan di Food Junction Alamanda, Mangunharjo, Tembalang. Outlet lainnya berlokasi di Hotel Grand Edge dan Big Box Pleburan

Instagram Mbok Rawit : @mbokrawitsmg

5.   Nasi Goreng Galau

nasi goreng jomblo telur

nasi goreng jomblo telur (Tribun Jateng/Arif Nurochman)

Nasi Goreng Galau menghadirkan nasi goreng berbentuk hati dengan berbagai macam varian isi dan level pedas yang bisa di kustomisasi sesuai keinginan pengunjung.

Ketika memasuki tempatnya, pengunjung bisa galau seketika. Bagaimana tidak, lagu-lagu galau non stop diputar disini. Terlebih sesaat setelah nasi goreng pesananmu datang, rasa galau pun semakin menjadi-jadi karena tampilan nasi goreng disini berbentuk hati.

Cita rasa rempah begitu menonjol ketika menyantap nasi goreng disini. Menu yang ditawarkan ada nasi goreng jomblo (hanya memiliki satu isian), dan nasi goreng special cinta (paket dengan kombinasi isian). Isiannya beragam, mulai dari : udang, cumi, babat, kerang, petai, ati ampela, bakso, ayam, jamur, telur, vegetarian (nasi goreng sayur), dan juga ikan asin tersedia disini. Untuk kedepannya juga akan ada penambahan seperti : usus, kulit, dan kambing. Dan tambahan toping, yang dapat dipilih tersedia:  keju, abon, atau serundeng.

Warung nasi goreng ini sudah buka pada pukul 1 siang dan tutup pada pukul 10 malam setiap harinya. Terdapat promo bagi pengunjung yang datang antara pukul 1 siang sampai pukul 4 sore, akan mendapatkan gratis es teh untuk setiap pembelian satu piring nasi goreng.

Selain sensasi galau, sensasi pedas juga salah satu yang menjadi unggulan disini. Terdapat level kepedasan dari Level 1-8, yang menggunakan 3 cabai setan yang super pedas setiap levelnya.

Harga untuk seporsi nasi goreng jomblo dibanderol dengan harga berkisar antara Rp 8.500 sampai Rp 12.000.

Warung yang beralamat di Jl. Durian Raya No.27 Banyumanik Semarang juga menyediakan fasilitas wifi bagi pengunjung. 

Untuk instagram Nasi Goreng Galau ada di @nasgor_galau. (Arif/magang tribunjateng)


Sumber: tribunjateng.com
Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Rekomendasi 5 Tempat Makan Di Sekitar Tembalang Semarang, Yummy dan Harga Mahasiswa  

Google+