5 Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi, Salah Satunya Lawang Sewu

JATENGLIVE.COM - Semarang adalah ibu kota dari Provinsi Jawa Tengah. Ibu kota ini memiliki tempat wisata yang nggak kalah keren dengan ibu kota lainnya, lho. Bicara tentang wisata, sudah pasti hal yang pertama kali terlintas dipikiran adalah ikon khasnya Semarang, yaitu Lawang Sewu. Nah, selain Lawang Sewu kira-kira apa lagi ya? Yuk simak tempat wisata berikut ini yang bisa di referensi liburanmu!

1. Lawang Sewu

Siapa sih yang nggak tau tempat wisata ini? Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah yang dahulunya adalah kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dinamankan Lawang Sewu oleh masyakarat sekitar karena bangunan tersebut memiliki jumlah pintu yang sangat banyak walaupun pada kenyataannya tidak mencapai sewu (seribu). Bangunan ini pernah digunakan mula dari kantor Kereta Api hingga Kantor Wilayah Kementrian Perhubungan Jawa Tengah hingga pada akhirnya dijadikan museum. Wisata ini berlokasi di Komplek Tugu Muda Jalan Pemuda, Semarang dan buka pada pukul 07.00, tutup pukul 21.00 WIB  dengan harga tiket Rp. 10.000 untuk dewasa dan Rp. 5.000 untuk anak-anak.

2. Sam Poo Kong

Sam Poo Kong awal mulanya adalah tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama Islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Ditemukan pula tulisan yang berbunyi "marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al-Qur'an" karena dulunya Sam Poo Kong adalah sebuah bangunan Masjid yang dibangun atas perintah Laksamana Zheng He. Namun, karena sepeninggalannya, masyakarat setempat yang keturunan Cina mengubah tempat tersebut menjadi tempat ibadah (klenteng) agama Kong Hu Cu. Lokasi Klenteng ini berada di Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Semarang. Klenteng ini buka pada pukul 06.00 dan tutup pukul 23.00 WIB dengan harga tiket Rp. 5.000 per orangnya.

3. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang dulunya adalah pusat perdagangan pada abad 19-20, lho. Makanya tidak heran banyak bangunan-bangunan lama yang masih berdiri. Kebayang ya betapa ramenya dulu tempat ini! Tak hanya bangunan bersejarah, Kota Lama Semarang kini juga memiliki wisata edukasi, kuliner dan belanja juga di sekitarna. Diantaranya terdapat 3D Art Museum, Kafe dengan bangunan lama bergaya klasik seperti Spigel dan Retro Cafe dan juga masih banyak lainnya. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin hunting foto.

4. Goa Kreo

Goa Kreo dulunya pernah digunakan Sunan Kalijaga untuk bertapa. Di tempat ini terdapat banyak monyet berekor panjang dan menurut legenda juga terdapat tiga monyet gaib anak buah dari Sunan Kalijaga untuk menjaga hutan tersebut. Goa ini terletak di Dukuh Talun Kacang, kelurahan Kandri, kecamatan Gunung Pati, Semarang ini dikelilingi oleh Bendungan Jatibarang. Dimana bendungan ini sebagai tampungan air untuk menanggulangi masalah banjir di Semarang, PLTA, PDAM, dan obyek wisata Semarang.Jika ingin mengunjungi tempat ini kamu perlu membayar Rp4.000 untuk satu orang, tetapi jika ingin mengelilingi Bendungan Jatibarang dengan speedboat kamu perlu membayar Rp 100.000 dan satu speedboat bisa diisi maksimal 4 orang.

5. Pantai Marina

Kamu penikmat wisata air atau hanya sekadar senang mendengarkan suara air? Pantai Marina adalah salah satu yang terbaik. Tempat ini terbuka untuk umum dan 24 jam. Tempat ini memiliki jalan setapak dengan tembok beton, gundukan karang, dan jalanan berumput di sisi pantainya. Jikakamu berminat ke tempat ini hanya mengeluarkan biaya Rp. 4.000 untuk tiket masuk masuknya. 

 

Nah itu dia 5 rekomendasi tempat wisata versi JatengLive.com untuk mengisi waktu luang kamu. Selamat mencoba!  

Keyword:
Google+