6 Manfaat Bir Bagi Kesehatan Tubuh

JATENGLIVE.COM - Biasanya banyak orang berpikir kalau minum bir hanya untuk bersenang-senang. Bila dikonsumsi secara berlebihan, bir memang bisa memabukkan sehingga terkadang dipandang negatif oleh banyak orang. Tapi, sudah tahu belum kalau ternyata bir punya manfaat buat kesehatan?

Yup, bir beralkohol maupun tidak beralkohol kalau diminum sedikit atau masih dalam kadar yang wajar punya beberapa khasiat, lho. Buat kamu yang hobi traveling sambil mencicipi bir setempat, wajib tahu khasiatnya di bawah ini!

1. MENINGKATKAN KEKEBALAN TUBUH

Bir yang diminum dalam kadar tertentu bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kamu juga bisa jadi lebih kuat dalam melawan infeksi. Gandum yang menjadi bahan dasar bir memiliki antioksidan yang juga bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan. Saat traveling, kamu bisa minum bir sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

2. MEMPERKUAT TULANG

Sebagai sumber silikon bioavailable, minum bir dapat membantu kamu untuk memperkuat tulang. Silikon bioavailable ini menjadi unsur dasar dalam pembangunan tulang dan struktur tulang rangka. Tapi perlu kamu ingat, silikon bioavailable ini hanya terdapat di bir bebas alkohol, ya. Dari satu porsi bir yang kamu minum, 64% silikonnya langsung diserap oleh tubuh untuk memperkuat tulang.

3. MEMBANTU PEMULIHAN SETELAH OLAHRAGA

Kalau kamu suka olahraga saat traveling, cobalah untuk minum bir setelah selesai olahraga. Sebuah studi yang melibatkan beberapa atlet, telah membuktikan kalau minum bir setelah olahraga akan membuat tubuh lebih terhidrasi. Tapi, di sisi lain peneliti tetap menganjurkan untuk minum air putih yang lebih menyehatkan. Jangan jadikan alasan untuk selalu minum-minum setelah berolahraga, ya!

4. MENJADI SUMBER VITAMIN

Kandungan yang ada dalam bir meliputi vitamin B, kalsium, magnesium, dan selenium. Ini berarti bir bisa jadi sumber vitamin untuk tubuh. Zat besi yang terkandung dalam bir juga membantu membawa oksigen dari paru-paru ke otot dan organ tubuh lainnya. Wah, jadi pengetahuan baru kan?

5. MELINDUNGI OTAK

Dengan minum bir, ternyata kamu juga bisa terlindungi dari penyakit Alzheimer dan Parkinson, lho. Berkat senyawa xanthohumol-nya, bir juga punya manfaat sebagai antioksidan dan antikanker. Kamu bisa terhindar dari pikun dan bisa jalan-jalan terus sampai nanti deh!

6. BAIK UNTUK PENCERNAAN

Kandungan bir yang memiliki serat alami bermanfaat buat sistem pencernaan kamu. Serat tersebut bisa jadi obat pencahar buat kamu yang suka susah BAB saat traveling. Selain itu, bir juga memberikan efek kenyang lebih lama. Jadi kamu bisa menahan diri untuk makan secara berlebihan dan nggak takut berat badan naik setelah jalan-jalan.

 

Sumber: https://www.pegipegi.com/travel/6-khasiat-bir-untuk-kesehatan-bukan-buat-mabuk/

Google+