7 Sumber Makanan Yang Mengandung Vitamin A, Bagus Untuk Kesehatan Mata dan Tubuh

JATENGLIVE.COM - Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam pembentukan sistem indra penglihatan mata. Vitamin ini mengandung senyawa retinol yang mampu membantu retina mata untuk mengubah sinyal cahaya yang diterima menjadi sebuah bentuk gambar pada otak kita. Oleh sebab itu, jika kita kekurangan vitamin A maka dapat mengganggu organ penglihatan seperti mata minus, rabun jauh dan katarak.

Manfaat vitamin A lainnya adalah dapat memperkuat sistem imun dalam tubuh manusia. Sistem kerjanya adalah dengan cara meningkatkan aktifitas kerja sel darah putih dan antibodi dalam tubuh. Vitamin A menjadi tameng atau pertahanan yang kuat untuk melawan serangan toksin, virus, bakteri dan mikroorganisme parasit lainnya.  Berikut beberapa sumber makanan terbaik yang mengandung vitamin A.

1. Daging Sapi

Daging sapi

http://www.madasilia.com

Selain rasanya yang enak dan lezat saat dikonsumsi, kandungan gizi dalam daging sapi sangatlah banyak untuk kesehatan tubuh. Seperti zat besi, protein, selenium, zat seng, vitamin B komplek dan omega 3. Selain itu, dalam 100 gr daging sapi juga terdapat vitamin A sebanyak 31.718 IU. Manfaat vitamin A dalam daging sapi ini adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan juga untuk menyehatkan organ reproduksi.

2. Susu

SUSU

www.hellosehat.com

Sebenarnya susu ini bukan hanya baik untuk anak kecil saja, tapi orang dewasa juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu secara rutin. Susu merupakan sumber vitamin A yang mencapai 498 IU dalam 100 gramnya. Kandungan dalam susu sangat ampuh untuk mengusir katarak dan juga mampu menstabilkan kadar cairan pada mata.

3. Telur

telur 

http://www.sheknows.com

Dalam 100 gr telur terkandung vitamin A sebanyak 520 IU. Ini artinya bahwa kandungan gizi dalam telur sangatlah dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain vitamin A, telur juga mengandung vitamin B6, asam folat, ribovlafin, vitamin B12, zat besi, kalium, kalsium, fostor dan protein yang tinggi. Vitamin A terbanyak dapat ditemukan pada kuning telur yaitu sebanyak 310 IU.

Beberapa manfaat mengkonsumsi telur adalah untuk menjaga kesehatan mata, menyehatkan janin pada ibu hamil, membantuk perkembangan sel otak dan memperlancar sistem fungsi saraf.

4. Wortel

wortel

 http://www.iflscience.com

Salah satu makanan atau sayuran yang paling populer dengan kandungan vitamin A yang tinggi adalah wortel (16.706 IU). Makanan ini juga bisa diolah menjadi berbagai aneka makanan seperti jus, salad, sup, kuah dan yang lainnya. Selama ini kita sering mendengar bahwa wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Sebenarnya bukan itu saja, wortel juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh lainnya.

Beberapa manfaat wortel selain untuk mata sehat adalah untuk kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan kulit, mencegah penyakit kanker, memelihara jantung dan mengontrol kadar kolesterol. Oleh karena itu sebaiknya mulai sekarang seringlah mengkonsumsi wortel karena segudang manfaatnya yang bisa diperoleh untuk kesehatan tubuh kita.

5. Labu

labu

www.khasiat.co.id

Labu merupakan salah satu sayuran yang rendah kalori dan mengandung lemak tak jenuh. Dalam 100 gram labu juga di temukan vitamin A sebanyak 19,060 IU. Manfaat labu bagi kesehatan yaitu untuk menstabilkan gula darah, menangkal radikal bebas dan dapat mencegah anemia pada wanita. Selain itu, manfaat vitamin A pada labu juga dapat menyehatkan mata dan menjaga kesehatan pencernaan usus.

6. Bayam

bayam

www.merdeka.com

Kandungan nutrisi dan vitamin pada bayam sangatlah lengkap. Dalam 100 gram sayur bayam ditemunkan vitamin A sebesar 11.450 IU. Jumlah vitamin A pada sayur bayam ini sudah melebihi kebutuhan harian tubuh. Khasiat sayuran hijau ini sangat banyak bagi kesehatan tubuh, seperti membuat penglihatan jadi semakin baik, sebagai nutrisi untuk tulang, mencerdaskan otak, mencegah penyakit kanker, menyehatkan jantung dan juga pencernaan.

7. Kale

kale

http://www.renee.id.au

Sayuran kale ini memang jarang kita dengar karena sedikit sekali masyarakat Indonesia yang mengkonsumsinya. Tapi perlu Anda ketahui, kandungan vitamin A pada kale digadang-gadang melebihi jumlah vitamin A pada wortel. Dan sebuah penelitian juga menyebutkan, dalam sayur kale terdapat vitamin C yang 2x lipat lebih banyak dari buah jeruk.

Bukan hanya itu, sayuran hijau yang termasuk keluarga kubis ini juga kaya akan asam alfa-linoleat (ALA) dan asam lemak omega 3 yang sangat diperlukan untuk kesehatan otak, memperbaiki kesehatan jantung dan mencegah penyakit diabetes tipe 2. Begitu juga dengan kalsium pada kale yang kadarnya lebih tinggi dibandingkan susu.

Google+