Berlibur ke Solo? Ini 5 Wisata Kuliner Wajib Yang Harus Kamu Coba

Jatenglive.com  Semarang – Kota yang kecil ini memiliki kuliner khas yang luar biasa banyak. Ketika kamu di Solo jangan bingung mau kemana, karena Jatenglive akan memberi 5 rekomendasi yang wajib kamu coba.

1. Selat Solo Mba Lies

Warung Selat Solo ini letaknya cukup nyempil. Beralamat di Gang II no 42, Kelurahan Serengan, Kecamatan Serengan, Kota Solo. Menu andalan di ditempat ini sudah pasti adalah Selat Solo yang berisi Galantin, kentang, berbagai macam sayuran dan kuah manis gurih yang mebuat kita ketagihan. Selain itu di warung ini juga tersedia Sop Matahari, Timlo, Bistik, Gado-gado, Tahu acar dan masih banyak lagi.

2. Tengkleng Klewer “Bu Edi”

Tengkleng termasuk kuliner khas solo yang terkenal. Warung makan yang memiliki tenda berwarna biru ini selalu di penuhi belasan orang yang mengantri hanya untuk makan Tengkleng dari Bu Edi.  Bahan utama dari masakan ini adalah Tetelan daging kambing yang masih menmpel di tulang,   wujud dari masakan ini adalah  gulai encer yang kebanyakan dimasak tanpa santan, meskipun ada yang membubuhkan sedikit santan. Tengkleng mirip soto atau sup, tetapi kuahnya lebih kaya bumbu.

3. Surabi Notosuman

Serabi Notosuman merupakan kuliner khas Kota Solo yang berupa kudapan. Didirikan oleh Hoo Gek Hok pada tahun 1923, terletak di daerah Notosuman atau di Jl. Mr Muhammad Yamin No 28, Serengan, Kota Solo. Serabi Notosuman menggunakan tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi. Serabi ini bisa langsung dimakan atau dibawa oleh-oleh. Pembeli bisa juga melihat proses pembuatan menggunakan alat yang sederhana. Adonan serabi dimasukkan ke dalam wajan kecil, kemudian ditutup menggunakan penutup yang terbuat dari tanah liat.

4. Sate Kambing-Buntel Pak H. Kasdi

Hidangan Sate Buntel antara lain adalah milik Pak H. Kasdi yang beralamat di Jl. Monginsidi No.107, Kestalan, Banjarsari, Kota Surakarta. Berbeda dengan sate pada umumnya, sate ini terbuat dari daging kambing yang dicincang kemudian dibuntel tipis menggunakan lemak kambing dan ditusuk. Setelah itu dibakar dan dibubuhi kecap manis. Sate ini sangat empuk dan mudah untuk menyantapnya.

5.  Soto Gading

Bernama Soto Gading karena terletak di daerah Gading, tepatnya di Jl. Brigjen Sudiarto No. 75, Solo. Soto Gading memiliki ciri khas kuah yang bening dan suwiran ayam. Untuk menambah kenikmatan disediakan aneka lauk seperti aneka sate, perkedel, tempe goreng, tahu goreng, gorengan, krupuk, hingga sosis. Meskipun sering dikunjungi para pejabat, harga seporsi soto gading sangat terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.

Nah tadi adalah 5 rekomendasi kuliner wajib yang harus kamu coba ketika berkunjung ke Kota Solo.

Keyword:
Google+