Botok Setan Mbah Isah di Pemalang Ini Bakal Bikin Kepedesan

JATENGLIVE.COM, PEMALANG - Kuliner Khas Pemalang itu unik dan juga beragam. Mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Salah satu makanan yang menjadi buah bibir pecinta kuliner adalah Botok Setan Mbah Isah. Disebut dengan tambahan “Setan” karena memang Botok racikan Mbah Isah ini memang super pedas. Kuliner ini terletak di daerah Comal, Pemalang.

Warung Botok Setan milik Mak Isah ini tampak sederhana, gubuk yang tampak sederhana di samping sungai kecil justru menjadi daya tarik tersendiri. Pengunjung pun berdatangan beramai-ramai dan berebutan mendapatkan menu Botok Setan . Uniknya, saking banyaknya pembeli kadang pembelipun ikut menjadi layaknya penjual dengan membantu Mak Isah. Maklum, Mak Isah yang sudah lanjut usia dengan umur sekitar 80 tahun kadang kerepotan.

Botok Setan merupakan makanan yang berkuah. Botok Setan Mbah Isah sama dengan botok pada umumnya, dengan menyajikan aneka bumbu seperti lombok hijau, bawang merah, bawang putih, gula, garam dan kelapa yang sudah dihaluskan serta bumbu yang lain, kemudian ditambah tahu dan bongkrek/gembus. Namun Botok Setan ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu pedas dan manis dengan lombok yang banyak sehingga terasa pedas dan kemanisan dari botok masih tetap terasa. Selain bahan-bahan yang disebutkan tadi, biasanya ditambahkan dengan udang baik ukuran kecil maupun ukuran sedang.

Botok Setan ini sangat digemari oleh para remaja dan dewasa, pengunjung Botok Setan tersebut dari berbagai daerah mulai dari pemalang, petarukan, pekalongan dan desa-desa terdekat. Padahal di Comal yang berjualan Botok Setantidak cuman Mbah Isah, tetapi yang terkenal botok setannya adalah Mbah Isah yang berciri khas pedas dan manis. Jika membeli botok dimakan diwarung mbah Isah wadah botoknya sangat unik yaitu memakai daun pisang/takir, dengan wadah daun pisang ini lebih ciri khas dengan rasa dan kenikmatannya lebih nikmat lagi makannya ditemani dengan usek (krupuk yang digoreng dengan pasir) menjadikan pelengkap kenikmatan botok tersebut.

Jam buka warung Mbah Isah ini mulai pagi menjelang siang. Botok Setan Mbah Isah ini sangat laris manis, kadang jam 11 pun sudah habis, karena saking banyaknya pengunjung. Makanan ini juga membuat Anda ketagihan dan penasaran dengan ciri khas rasanya yang pedas dan manis. Harga per porsi Botok Setan Mbah Isah ini sangat terjangkau hanya Rp5.000/porsi. Lokasi warung mbah Isah ini terletak di Dusun Balutan, Kelurahan Purwoharjo Kecamatan Comal. Jika melintasi jalur pantura kearah timur, setelah Jembatan Comal sebelah kiri ada Kelenteng Tin Han Bo dari sana belok kanan menyeberangi Jalan Pantura. Masuk ke arah selatan kurang lebih 300m nanti dapat gang ke arah Timur. Tidak jauh dari sana akan menemukan warung Mbah Isah tersebut.

 

Sumber: https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-pemalang/botok-setan-mbah-isah-pemalang-yang-bikin-kesetanan.html

Google+