Cara Ampuh Menjaga Stamina Saat Puasa

JATENGLIVE.COM - Saat bulan suci Ramadan tiba, seluruh umat Islam di dunia menunaikan ibadah puasa. Memiliki stamina tubuh yang oke dan tetap bugar saat puasa walaupun melakukan segunung pekerjaan adalah dambaan setiap orang yang menjalankan ibadah puasaPuasa biasanya identik dengan masalah kesehatan seperti dehidrasi dan kurang energi. Berikut adalah tips agar tubuh tetap bugar saat sedang berpuasa

1.Jangan lewatkan sahur

Sama hanya dengan sarapan yang menjadi waktu makan terpenting dalam sehari, sahur sangat diperlukan dan jangan sampai dilewatkan selama Ramadhan. Melewatkan waktu sahur ibarat memperpanjang waktu puasa sehingga tubuh akan mengambil cadangan energi lebih banyak. Akibatnya, tubuh mudah terasa lelah dan cepat haus. Orang-orang yang melewatkan sahur juga cenderung makan berlebihan saat berbuka. Sertakan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein sebagai sumber energi Anda. Karbohidrat kompleks ini akan dicerna secara lambat oleh tubuh sehingga Anda bisa merasa kenyang lebih lama. Jangan lupa juga untuk mengakhirkan sahur seperti anjuran Nabi Muhammad SAW.

2. Tidak makan berlebihan saat berbuka puasa

Puasa menuntut kita untuk bisa mengendalikan dan menahan diri, bukan hanya dari sahur hingga berbuka, tapi juga setelahnya. Percuma saja menahan lapar dan haus seharian jika kita tidak bisa mengendalikan diri saat berbuka. Kalap makan dan minum saat berbuka justru bisa meningkatkan berat badan secara cepat, apalagi jika kita memilih menu tak sehat seperti gorengan dan fast food. Meski demikian, jangan berlebihan menahan diri untuk tidak segera berbuka meski adzan maghrib sudah berkumandang. Rasulullah justru menyarankan kita untuk menyegerakan berbuka.

3. Hindari minuman tidak sehat

Saat malam, tahan godaan untuk minum teh, kopi, atau soda. Perbanyak minum air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

4. Olahraga 

Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki selama 15-20 menit, sebaiknya dilakukan di malam hari.

5.. Hindari makanan pedas atau digoreng

Hindari makan makanan yang digoreng dan pedas karena dapat menyebabkan mulas atau gangguan pencernaan.

6. Hindari camilan berkalori tinggi seperti cake, cokelat, dll karena dapat membuat berat badan semakin naik. Pilihlah camilan sehat yang rendah kalori seperti kurma, almond.
 

Google+