Cara Berbusana untuk Wawancara Kerja

JatengLive.com - Wawancara kerja memang menjadi momok sebagian orang, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali memasuki dunia kerja. Selain kesiapan mental, penampilan menjadi hal penting diperhatikan. Sebagai referensi, berikut ini beberapa aturan dasar berpakaian saat wawancara kerja.

Hindarilah berpakaian terlalu kasual. Walaupun perusahaan yang dilamar tak mewajibkan pakaian resmi, ada baiknya Anda tetap mengenakan busana formal. Beberapa pilihan busana yang bisa dikenakan yaitu kemeja, blazer, dan rok atau celana. Melalui busana formal, Anda bisa menunjukkan kepada pewawancara sebagai pribadi yang dewasa dan profesional.

Sesuaikanlah busana dengan bidang pekerjaan. Jika melamar pekerjaan ke perusahaan yang bergerak di bidang “serius”, seperti bank atau firma hukum, Anda kenakan busana resmi, seperti setelan jas atau blazer. Namun, jika perusahaan yang Anda tuju tergolong bidang kreatif, seperti media atau agensi iklan, silakan tambahkan aksesori kasual, antara lain kalung atau ikat pinggang.

Pilihlah warna yang pas. Padu padan warna busana secara keseluruhan akan membuat penampilan Anda terlihat menarik. Misalnya, jika akan menggunakan blazer berwarna hitam atau abu-abu, Anda padankan dengan kemeja atau baju dalam warna biru. Perpaduan warna ini akan memberikan kesan Anda merupakan seorang yang jujur dan bisa dipercaya. Sekadar saran, sebaiknya Anda menghindari warna merah menyala. Pasalnya, warna ini cenderung memberikan kesan warna yang menantang.

Hindarilah kesan seksi. Hal ini patut diperhatikan kaum perempuan. Berpakaian terlalu seksi, seperti menggunakan rok mini atau busana terlalu ketat akan membuat Anda terkesan kurang profesional. Selain itu, Anda akan terkesan hanya mengutamakan penampilan dibandingkan keahlian.

Jangan menggunakan aksesori yang terlalu berlebihan. Aksesori memang akan menambah aksen manis bagi penampilan. Namun, jika menggunakan secara berlebihan, Anda akan mengganggu konsentrasi pewawancara.

Perhatikan kerapian secara keseluruhan. Bagi kaum pria, ada beberapa rekomendasi busana yang bisa dipilih. Salah satunya yaitu menggunakan warna agak gelap, seperti biru atau hitam. Selain itu, Anda gunakan sepatu jenis pantofel yang sudah disemir dengan baik. Sebagai pelengkap, gunakanlah kaus kaki hitam yang cukup panjang. [INO]

Artikel ini telah tayang di klasika.kompas.id

Keyword:
Google+