Citarasa Berbeda Dari Kepiting Saus Kalingga di Cilacap Ini

JATENGLIVE.COM, Cilacap - Makanan khas Cilacap yang satu ini wajib Anda coba, namanya Kepiting Saos Kalingga. Berbeda dengan olahan kepiting saos di tempat lainnya, Kepiting Saos Kalingga menggunakan saos yang diracik sendiri dengan berbagai macam bumbu yang khas. Menu spesial yang satu ini hanya terdapat di warung makan seafood Kalingga di Jalan PemintalanDepan Pertigaan Jalan Semangka, Cilacap.

Bila dilihat dari wujudnya, Kepiting Saos Kalingga tak jauh beda dengan masakan-masakan kepiting lain, hanya saja cara memasaknya merupakan perpaduan saos tomat, saos tiram, telor dan kacang tanah sehingga terasa kental. Selain itu masakan juga ditambah dengan cabai rawit, bawang daun dan bawang bombay yang memberikan cita rasa masakan. Sang pengelola warung seafood Kalingga, Bayu, mengatakan bahwa kepiting yang dia masak bukan sembarangan kepiting. Restorannya selalu menjaga kualitas dari kepiting-kepiting yang akan diolah. Salah satunya adalah kepiting harus fresh. Untuk bahan baku kepiting, Bayu memilih kepiting lokal yang didapatkan dari nelayan sekitar perairan Segara Anakan.

Memasak Kepiting Saos Kalingga ini ada beberapa tahapan. Tahap pertama, kepiting-kepiting segar yang hendak dimasak dibelah menjadi dua, demikian juga capitnya sedikit diremukan, agar bumbu masakan bisa meresap. Kepiting-kepiting itu lalu dibersihkan, dan disikat agar bersih dari kotoran. Bersamaan dengan itu, disiapkan pula bumbu untuk ditumis atau lebih dikenal gongso. Proses gongso kepiting tidak terlampau lama, membutuhkan waktu maksimal 10 menit. Cepatnya proses masak kepiting menurut Bayu, agar calon pembeli yang hendak makan di warungnya selera makannya tidak hilang.

Selesai dimasak, kepiting pun siap disantap. Kepiting panas dengan nasi panas pula ditambah dengan teh manis panas menambah selera makan, terlebih disantap saat malam hari. Meski demikian siang hari juga sangat cocok untuk hidangan bersama keluarga maupun kolega. Disini pembeli dipersilakan memilih kepiting yang diinginkan sesuai dengan porsi masing-masing, mau yang bertelor atau non telor. Agar terjangkau oleh semua kalangan, pembelian minimum tidak dalam kiloan namun dalam ons. Soal harga mengikuti sesuai pasaran, saat ini harga kepiting non telor mencapai Rp 80.000 per kilogram, sedang kepiting bertelor sedikit lebih mahal Rp 90.000 per kilogram.

Nama Kalingga berasal dari lingga, yakni eling keluarga. Selain menyajikan menu andalan Kepiting Saos Kalingga, disini juga tersedia aneka masakan khas laut lainnya seperti ikan bawal, kakap, udang, cumi-cumi dan kerang. Untuk melayani pelanggannya, Seafood Kalingga buka mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

 

Sumber: https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-cilacap/kepiting-saos-kalingga-citarasa-berbeda-dari-cilacap.html

Google+