Dibalik Baunya yang Menyengat Ternyata Cuka Apel Punya Banyak Manfaat Loh!

JATENGLIVE.COM, - Akhir – akhir ini cuka apel memang sedang “naik daun” nih. Khasiat dari cuka apel yang mampu membersihkan jerawat dan membuat kulit wajah bersinar menjadi primadona bagi perempuan yang memiliki permasalahan dengan wajahnya. Tapi tahukah kalian kalau cuka apel ini punya manfaat lain yang baik untuk kesehatan loh.

Menekan Kolesterol

Cuka apel meningkatkan profil lipid darah dengan mengurangi kadar trigliserida dan low-density lipoprotein (LDL-C) atau kolesterol jahat. Sebaliknya ia juga dapat meningkatkan kadar high density lipoprotein HDL-C ) atau kolesterol baik. Pertimbangkan dan konsultasikan dengan dokter terkait jika mengalami masalah dengan kolesterol dan ingin memanfaatkan cuka apel ini.

Menstabilkan Kadar Gula Darah

Cuka sari apel dapat membantu bagi penderita diabetes mengontrol kadar glukosa darah. Sebuah studi yang dilakukan di Arizona State University menemukan bahwa cuka sari apel memperlambat laju kadar gula darah yang umumnya akan meningkat setelah makan. Beberapa peserta tes diberikan 20 gram cuka sari apel yang dicampur dengan secangkir air dan dipermanis dengan sakarin, sementara yang lain diberikan plasebo. Seluruh kelompok peserta uji kemudian diberikan sarapan yang kaya karbohidrat,  yang terdiri dari jus jeruk, bagel putih, dan mentega. Orang-orang yang  meminum cuka sari apel ternyata mengalami lonjakan glukosa darah yang lebih kecil. Cuka sari apel kelihatannya memiliki efek yang sama seperti obat pengendali insulin seperti acarbose dan metformin.

Membantu menurunkan berat badan

Cuka apel telah dipercaya berbagai masyarakat di belahan dunia karena efeknya yang dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka apel dalam minuman lalu meminumnya, efektif untuk menurunkan berat badan bagi anda yang mengalami masalah berat badan. Setidaknya terdapat beberapa kandungan zat yang terdapat didalamnya yang dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Kesehatan Pencernaan

Jika kamu khawatir mengenai berbagai makanan yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan, maka ada baiknya jika anda menambahkan 1 sendok cuka apel dengan madu untuk mengatasi dan membantu tetap menjaga kesehatan pencernaan.

Google+