Empuknya Tengkleng Mba Diah Ini Wajib Kamu Coba

JATENGLIVE.COM SEMARANG - Salah satu kuliner berbahan dasar kambing yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke kota Solo adalah Tengkleng. Kuliner tengkleng adalah olahan daging kambing  dengan tambahan jeroan kambing dan tulang-tulang serta iga kambing.

Nah tengkleng sangat mudah di temui di kota solo dan banyak penjual yang sudah terkenal, salah satunya adalah Tengkleng Mba Diah yang sangat terkenal di kota kelahiran presiden Joko Widodo ini.

Tengkleng Mba Diah barangkali bisa menjadi salah satu kuliner yang wajib Anda jajal ketika berkunjung ke Kota Solo.  kuliner ikonik ini sudah bertahan 25 tahun lamanya. Tidak hanya tengkleng saja , Warung ini menyajikan berbagai menu olahan daging kambing, seperti tengkleng, sate, krengsengan, hingga nasi goreng kambing.

Seporsi Tengkleng berisi tulang-tulang dan daging yang sudah dimasak hingga berwarna kekuningan. Perpaduan Bumbu yang lengkap dicampur santan, menambah kekentalan kuahnya. Soal daging, ukuran potongan dagingnya pun tak tanggung tanggung. Jika umumnya tengkleng didominasi tulang dan sedikit daging, maka di Warung Mbak Diah ini berbeda. Lumayan banyak daging dan beberapa jeroan. Dagingnya memiliki tekstur lembut, tidak menyusahkan ketika dikunyah.

Wajar saja karena saat proses pengolahan, daging kambing harus rebus cukup lama, minimal empat sampai lima jam. Wajar apabila tengkleng Mbak Diah digemari berbagai kalangan umur karena tekstur empuknya. Rasa kuahnya pun cukup 'nendang', ada rasa gurih dari santan dan taburan bawang goreng di atas kuah. Sebaliknya, bumbu yang kaya semakin menguatkan cita rasa sajian tengkleng yang sudah ada sejak tahun 1993 ini.

Cara terbaik makan tengkleng ini adalah menyiramkan kuahnya ke nasi, kemudian disantap bersama daging yang menempel di tulang-tulang kambing. Soal rasa dagingnya cukup khas, jauh beda dari gule meski secara tampilan bisa dikatakan sama.

Nah untuk kamu yang ingin mencicipi, Untuk harga seporsi tengkleng daging di Warung Mbak Diah adalah Rp 35 ribu plus nasi Rp 4.000. Sedangkan aneka minuman dibanderol mulai Rp 4.000 hingga Rp 15 ribu dan Warung Tengkleng Mba Diah terletak di Jalan Ahmad Yani, Blok 380, Kerten, Laweyan, Solo, atau tepatnya di utara The Sunan Hotel Solo,  buka mulai pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB

Keyword:
Google+