Go-Food Festival Semarang, Wujud Apresiasi Go-Jek Untuk Meningkatkan UMKM

JatengLive.com , Semarang – Manajemen Go-Jek menawarkan puluhan stan makanan dalam Go-Food Festival yang berlangsung selama satu tahun penuh di Pasaraya Sri Ratu, Semarang, Jawa Tengah. Go-Food Festival sudah berlangsung sejak 21 Mei 2018 dan akan berakhir pada 21 Mei 2019.

30 stan yang menawarkan berbagai produk kuliner tersebut merupakan produk makanan yang sudah terdaftar dalam aplikasi Go-Food.

“Kami mencari merchant-merchant yang sudah terdaftar dalam aplikasi Go-Food dan mempunyai pelayanan terbaik. Nah, merchant tersebut yang akan kami undang untuk bergabung dalam Go-Food Festival selama setahun ke depan.” Ungkap Aulia yang merupakan Leader Team dalam Go-Food Festival pada Selasa, 10 Juli 2018.

Go-Food Festival merupakan wujud untuk meningkatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebelumnya, aplikasi Go-Food merupakan wujud apresiasi pengusaha UMKM. Namun, Go-Jek sendiri ingin lebih meningkatkan UMKM dengan cara mencari dan memilih merchant dengan kualitas pelayanan yang terbaik untuk diundang dalam Go-Food Festival.

“Tujuan diadakan Go-Food Festival adalah untuk meningkatkan UMKM. Kalau sebelumnya sudah ada aplikasi Go-Food, sekarang kita ingin meningkatkan secara lebih dengan mengadakan Go-Food Festival ini. Kami mencari dan memilih merchant dengan sales yang bagus”. Katanya.

Event ini merupakan event pertama kali yang diadakan di kota Semarang. Event ini juga merupakan event tahunan yang diadakan Go-Jek dengan sasaran kota yang berbeda-beda tiap tahunnya. Untuk para  merchant sendiri tidak perlu mengeluarkan biaya sewa tempat sepeserpun untuk dapat bergabung dalam Go-Food Festival ini. Namun ada sistem sharing profit antara pihak merchant dengan pihak Go-Jek, yaitu 70:30.

“Untuk para merchant tidak dipungut biaya sewa atau biaya pendaftaran. Semua stan, peralatan seperti kulkas, kompor, dan lain-lain sudah kami sediakan. Hanya saja nanti diakhir ada sharing profit yaitu 70% untuk merchant dan 30% untuk Go-Jek.” Imbuhnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Andrian Candra Irawan yang merupakan merchant  Ayam Geprek Sambel Brewok. Stan tersebut juga merupakan salah satu stan yang ramai pembeli. Pada awalnya, Ayam Geprek Sambel Brewok ingin membuka cabang di Semarang Bawah. Kemudian Ia mendapat tawaran menarik dari Go-Jek untuk bergabung dalam Go-Food Festival. Karena kesempatan emas tidak datang dua kali, Ia langsung menyetujui tawaran tersebut. Ia merasa kesempatan ini sangat menguntungkan. Selain membuka pasar baru, Ia juga dapat mempromosikan karya kulinernya melalui Go-Food Festival.

“Sebenarnya kami sudah lama ingin membuka cabang di Semarang bawah. Karena tempat kami yang asli itu di Banyumanik. Banyak pelanggan dari Semarang bawah yang ingin kami membuka cabang di daerah mereka. Kebetulan kami mendapat tawaran dari Go-Food Festival ini. Nah langsung kami ambil tawarannya. Selain membuka pasar baru dan mempromosikan produk kami, kami juga dapat mendekatkan diri dengan konsumen yang ada di Semarang bawah”. Katanya.

Untuk dapat membeli makanan di Go-Food Festival, bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu bisa secara cash dan menggunakan Go Pay. Jika Anda menggunakan Go Pay, maka akan mendapatan cash back sebesar 50%.

Penulis : Alfarino Agnes Christyasmara

Google+