Halusinasi ? Mungkin 3 Bahan Ini Penyebabnya

JATENGLIVE.COM - Meski dianggap biasa dan umum kita jumpai sehari-hari, beberapa bahan makanan ada yang ternyata cukup berbahaya untuk dikonsumsi

Beberapa bahan makanan ini bisa menimbulkan efek halusinasi jika disimpan terlalu lama atau dikonsumsi dalam jumlah berlebihan.

Cabai

Mengonsumsi cabai bisa menimbulkan berbagai perilaku ganjil, seperti berjingkrak-jingkrak, berkomentar tak jelas, kemudian berhalusinasi. Walaupun belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan cabai memiliki kandungan zat psikoaktif dan zat halusinogen, konsumsi cabai berlebih memang akan memicu tubuh untuk menghasilkan endorphin.

Zat ini yang mempengaruhi seseorang bertindak aneh atau berlebihan saat panik atau kesakitan akibat mengonsumsi cabai berlebih.

Cabai dapat menimbulkan halusinasi karena alasan ini (dok. phys.org)

Biji Pala

Salah satu jenis rempah yang banyak ditemui di Indonesia ini umum digunakan sebagai bumbu masakan. Sebelum diolah menjadi bahan bumbu masak, biji pala akan dikeringkan dulu selama 6-8 minggu.

Proses ini akan membuat biji pala terlepas dari cangkangnya yang berwarna merah. Kalau dimakan langsung tanpa proses pengeringan atau pemasakan, biji pala dapat mengacaukan kesadaran.

Penyebabnya adalah kandungan zat halusinogen dari senyawa myristicin dalam pala. Efeknya konon mirip dengan jenis obat terlarang LSD atau lysergic acid diethylamide.

teryata biji pala juga dapat menimbulkan halusinasi (dok. fourseasonsagro)

Gandum Hitam

Gandum jenis ini umumnya bisa ditumbuhi jamur ergot. Jamur tersebut yang mengandung senyawa halusinogen. Jika mengonsumsi roti yang terbuat dari gandum hitam dan ditumbuhi jamur ergot, orang tersebut akan mengalami ketegangan otot, halusinasi, sakit kepala, muntah, atau diare.

 

(Artikel ini telah tayang di Teen.co.id dengan judul "Ternyata 3 Bahan Makanan Ini Bisa Bikin Halusinasi")

Google+