Inilah Kuliner Wajib Kota Salatiga Yang Wajib Kamu Coba!

Dikenal sebagai kota transitkarena berada di antara jalur Pantura, Salatiga sering di lewati masyarkat. Padahal Kota Salatiga memiliki kekayaan kuliner yang lezat.

Sayang banget kalau kita cuma transit tanpa cobain kuliner enak di Salatiga. Berikut ini ada 4 kuliner terbaik Salatiga yang wajib kamu cicipi saat singgah atau sekedar transit di sana.

1. Sate Sapi Suruh Salatiga

Jika makan sate ayam sudah biasa, kamu wajib cobain sate sapi suruh khas Salatiga. Kuliner legendaris ini sudah ada sejak 1987.  Sampai saat ini pun masih menjadi buruan para wisatawan yang berkunjung ke kota kecil ini. Potongan dagingnya yang cukup besar akan bikin kamu kenyang hanya dengan memasan seporsi saja.

Daging gurih manis yang empuk dan paduan siraman bumbu kacang yang lezat akan membuatmu ketagihan deh. Gak percaya? Langsung aja coba ke jalan Jenderal Sudirman Nomor 16F, Salatiga.

2. Gethuk Kethek

Demikian nama jenis makanan yang berbahan baku dari singkong khas salatiga ini memilki rasa berbeda dari gethuk kota lain. Bertekstur lembut dan memiliki rasa sedikit manis ini cocok menjadi teman untuk minum teh dan kopi saat bersantai. Nama Gethuk Kethek ini muncul justru diberikan oleh pelanggan getuk kethek “Satu Rasa” agar dapat menemukan alamat yang tepat , bahwa di depan rumah penjual getuk tersebut terdapat peliharaan “Kethek” atau Monyet.

beralamat di jalan Argo Tunggal No. 9 Argo Mulyo Salatiga, tepatnya + 100 M masuk gang kearah timur dari pertigaan ABC Salatiga (Arah Solo – Semarang).

3. Bakso ABC

Sebenarnya nama warung bakso ini adalah Sari Roso, tapi orang lebih mengenalnya dengan nama Bakso ABC karena lokasinya ada di pertigaan ABC, salah satu landmark terkenal di kota Salatiga. Popularitas bakso ABC sudah lama merambah ke luar kota, bahkan tidak sedikit orang yang mengidentikkan kuliner Salatiga dengan bakso ABC.

Sewajarnya semangkuk bakso berisi mie/bihun dan beberapa butir bakso sapi. Isinya cukup simpel, namun kualitas rasa baksonya tak bisa diremehkan. Kekenyalan baksonya pas dan gurihnya berasa. Kuahnya pun terasa ringan dan segar, tidak berlemak. Yang spesial dari warung ini adalah Tahu Bakso yang ukuranya sangat jumbo dan menjadi ciri khas warung ini.

Jika kamu ingin mencicipinya, warung in beralamat di jalan Jend. Sudirman 274 ( pertigaan ABC ), Salatiga. Berdekatan dengan Hotel Laras Asri

4. Soto Esto

Kelaparan pagi-pagi di Salatiga, paling cocok kalau isi perut dengan soto ayam terkenal di sini, yaitu Soto Esto. Kuah santan yang gurih, ditambah taburan kecambah, mie, dan irisan ayam, akan membuat rasa laparmu hilang seketika. Jangan lupa harus ada kerupuk karak yang terbuat dari nasi yang dikeringkan ya. Sate kerang, sate telur puyuh, dan teh hangat juga menjadi pelengkap wajib. Nah warung soto ini beralamat di  Jalan Langensuko No.4, Salatiga, Sidorejo, Salatiga.

 

bagaimana? tertarik mencoba 4 rekomendasi Wisata kuliner di Salatiga, menarik bukan?

Keyword:
Google+