Jangan Lakukan Ini Jika Hendak Interview!

JATENGLIVE.COM - Mendapatkan pekerjaan dengan posisi yang bagus adalah sebagian cita – cita dan keinginan dari orang – orang. Mendapatkan pekerjaan yang sesuai skill dengan gaji yang lumayan banyak mungkin adalah hal tersulit dan tidak mulus perjalanannya. Kamu harus mencarinya dan melalui beberapa tahapan yang cukup sulit dan banyak. Tak terkecuali tahapan tersebut adalah wawancara atau yang kerap disebut interview. Interview adalah saat dimana kamu akan diberi beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan kinerja dan skill yang kamu miliki.

Dan orang yang biasanya memberimu pertanyaan dan menilaimu adalah HRD. HRD atau human resources department adalah orang yang akan menilaimu dan mengetahui seberapa besar niat dan kemampuan yang kamu miliki untuk bekerja di perusahaan tersebut. Nah biasanya beberapa perusahaan memiliki kriteria – kriteria sendiri yang menentukan apakah kamu cocok untuk bekerja disana atau tidak.

Tidak hanya itu tidak jarang HRD yang akan melakukan interview juga dapat memberi penilaian kepada calon pegawainya hanya melalui beberapa tindakan yang dilakukan mereka pada saat hendak melakukan interview. Biasanya HRD akan malas dan langsung menilai kamu tidak kompeten jika kamu melakukan tindakan – tindakan tersebut. Apa sajakah itu? Yuk simak artikel ini hingga selesai agar kamu tahu apa saja yang bisa membuat HRD langsung menolakmu ketika dalam sesi interview.

1. Terlihat Menganggap Enteng Interiew.

Hal pertama yang HRD tidak suka kepada calon pegawai yang sedang melakukan interview adalah jika peserta memperlihatkan sikap yang mengentengkan kegiatan interview. Hal itu terjadi jika kamu menjawab semua pertanyaannya dengan santai dan dengan pakaian yang kurang rapi.

2. Datang Terlambat.

Yang selanjutnya adalah orang – orang yang melakukan interview namun hadir tidak tepat waktu. Yaa karena seorang HRD tentunya memiliki pekerjaan lain selain melakukan interview hanya pada satu orang. Jujur saja jika kita bertemu dengan orang namun orang tersebut tidak datang tepat waktu tentu saja kita akan merasa kesal bukan? Nah sama saja dengan HRD.

3. Menanyakan Tentang Gaji

Uang adalah hal yang sangat tabu untuk diperbicarakan tidak terkecuali dengan gaji. Biasanya tanpa diminta seorang HRD akan mengajukan pertanyaan kepada calon pegawainya ingin mendapatkan gaji berapa dengan skill yang mereka miliki pada saat itu. Nah dalam sesi ini biasanya kamu yang akan menilai seberapa pantas dirimu mendapatkan bayaran dari perusahaan. Nah jika tidak – tidak saja kamu sudah menanyakan gaji hal itu bisa memberi nilai minum pada interview yang dilakukan.

4. Tidak Bisa Menjelaskan

Seorang HRD akan sangat malas dan muak jika kamu tidak bisa menjelaskan skill dan kemampuanmu dengan sangat detail dan jelas. Apa lagi skill yang HRD tanyakan adalah skill yang kamu tulis sendiri didalam CV. Bukankah nantinya kamu akan dianggap pembohong oleh HRD jika kamu tidak bisa menjelaskannya?

.

.

.

Nah itu tadi adalah beberapa hal yang HRD tidak suka dan akan membuat nilaimu berkurang dalam sesi wawancara atau interview. Maka dari itu usahakanlah untuk tidak melakukan kesalahan tersebut.

Keyword:
Google+