Kopi Tahlil, Kopi Dengan Rempah Wisata Kuliner Unik di Pekalongan

JATENGLIVE.COM, PEKALONGAN - Pekalongan mempunyai banyak kekayaan kuliner yang wajib anda coba, entah itu dalam bentuk makanan maupun minuman. Ada satu minuman yang sangat khas dan hanya ada di Pekalongan saja. Nama minuman tersebut adalah Kopi Tahlil. Anda bisa menemukan penjual minuman ini di sekitar Alun-alun Kota Batik.

Setiap malam, tenda-tenda penjaja kopi bermunculan di beberapa sudut jalan kota Pekalongan dan semua memberi label yang sama untuk dagangan mereka: "Kopi Tahlil". Kopi Tahlil bukan hanya menyajikan cita rasa kopi yang berbeda dengan biasanya, tapi juga memberikan cerita sejarah asal mula tradisi ini muncul. Konon, kopi merupakan hidangan wajib bagi setiap acara Tahlilan yang diadakan oleh warga yang baru kehilangan sanak familinya.

Yang membedakan Kopi Tahlil dengan Kopi lainnya adalah Kopi ini dikombinasikan dengan beberapa rempah nusantara seperti jahe, kapulaga, cengkeh, kayu manis, pandan, batang serai, dan pala. Kita juga bisa menambahkan susu kental manis di dalamnya. Jadi saat menyeruput Kopi ini, rasa hangat langsung menjalar di seluruh tubuh. Badan yang tadinya pegal-pegal, langsung segar kembali seperti mendapat energi tambahan setelah minum Kopi ini.

Harga segelas Kopi Tahlil umumnya cukup murah. Salah satu teman untuk menikmati Kopi Tahlil ini adalah Ketan Kinca. Ketan dengan parutan kelapa yang gurih diguyur dengan kinca alias gula merah cair menghasilkan paduan asin-manis yang serasi. Kopi ini paling cocok diminum di malam yang dingin atau saat musim penghujan.

 

Sumber: https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-pekalongan/kopi-tahlil-tempat-wisata-kuliner-unik-di-pekalongan.html

Google+