Kuliner Ikan Asap Khas Semarang

JATENGLIVE.COM – Lagi, membahas tentang kuliner tentu tidak akan ada habisnya. Yups seperti di Kota Lumpia ini, di mana lagi kalau bukan di Kota Semarang. Ikan asapa menjadi salah satu olahan ikan yang enak dinikmati dengan rasa pedas atau sesuai selera.

1. Ikan Asap Bagong

Ikan asap bagong merupakan ikan asap yang ikannya berbentuk pipih dengan duri yang besar-besar sehingga mudah untuk dipisahkan dengan dagungnya. Ikan asap bagong ini hanya dapat ditemukan di pasar trdisional tertentu guys. Seperti di pasar Banyumeneng, Mranggen salah satunya.

2. Ikan Asap Panggang

Orang Semarangan biasa menyebut ‘panggang’ ikan ini memiliki tekstur dengan banyak duri-duri kecil dalam tubuhnya. Sehingga kamu harus hati-hati dalam menginsumsi ikan ini. Kalau tidak durinya akan nyangkut di tenggorkan guys. Namun ada menu lain untuk menghasurkan durinya yaitu disajikan dengan sambal kelapa. Jadi ikannhya diulek dalam cobek kemudian dicampur dengan bumbu sambal kelapa.

3. Ndas Manyung

Ndas manyung sendiri jenis ikan asap yang hanya disajikan kepala ikannya saja. Ndas manyung biasanya salah satu jenis ikan yang berbentuk besar sehingga hanya diambil bagian kepalanya untuk dimasak asap.  

4. Mangut

Nah kalau mangut ini adalah dagingnya saja yang diasap. Jadi hanya daging saja yang disajikan. Sudah dipisahkan dari duri-duri ikan dan dapat dinikmati dengan nyaman setelah dimasak bumbu.

5. Teleh

Nah tentu tidak enak rasanya makan ikan tanpa menikmati sensari durinya. Bagian teleh ini menikmati sensai tersendiri jika dimakan. Masih terdapa sedikit daging dan bagian yang enak pada ikan.

Nah itulah beberapa jenis daging asap yang akrab dilidah orang Semarang guys.

Google+