Mammma Mia! Ini 7 Makanan Lezat Khas Italia yang Mendunia

Italia adalah sebuah negara yang dianggap paling eksotis di Eropa.  Tak hanya diisi dengan berbagai nilai budaya tinggi seperti seni rupa, teater dan mode; negara ini juga memiliki makanan khas yang kelezatannya tak perlu lagi diragukan.  Masakan-masakan Italia bahkan bisa ditemui di seluruh penjuru dunia karena rasanya yang sangat universal.  Kini banyak rumah makan atau tempat makan di Indonesia yang menyajikan berbagai macam makanan khas italia. Nah, kira-kira makanan khas italia apa saja yang sangat populer dan banyak di konsumsi oleh pencinta kuliner dunia? 

1. Pasta

Related image

Pasta merupakan salah satu makanan Italia yang bisa menghasilkan beragam variasi dish lezat. Pasta terbuat dari adonan tepung gandum tanpa ragi dan air yang bentuknya bisa macam-macam, seperti spaghetti, macaroni, fusilli, dan lasagna. Nah, pasta ini layaknya bahan utama suatu dish yang selanjutnya bisa dikombinasikan dengan bahan lain, contohnya berbagai potongan daging, keju, herbs, dan sauces. Kombinasi ini kemudian menghasilkan dish pasta lezat yang sudah terkenal di seluruh dunia.

2. Pizza

Related image

Pizza, yakni sebuah makanan yang tentu sudah sangat familiar dengan masyarakat indonesia. Saat ini banyak tempat makan di indonesia yang menyajikan makanan khas italia yang satu ini dan rasanya sudah banyak orang indonesia yang telah mencicipi makanan bernama Pizza dan tentu banyak orang yang ketagihan dengan Pizza ini. Pizza merupakan sebuah makanan yang di buat dari roti yang di dalamnya terdapat keju, saus tomat, dan berbagai isian yang di sesuaikan dengan selera anda.

3. Lasagna

Related image

Lasagna biasanya dibuat dengan ricotta atau keju mozzarella, saus tomat, berbagai daging (misalnya, daging sapi, babi atau ayam), sayuran (misalnya, bayam, zucchini, jamur) dan biasanya dibumbui dengan anggur, bawang putih, bawang merah, dan oregano. Setelah itu, Lasagna dimasak dengan cara dipanggang di dalam oven.

4. Bruschetta

Related image

Bruschetta adalah salah satu makanan pembuka yang jadi favorit di Italia. Makanan khas Italia ini terdiri dari roti panggang yang diolah dengan bawang putih, minyak zaitun, garam, dan merica. Bruschetta semakin lezat dengan adanya topping seperti tomat mini, sayuran, kacang-kacangan, atau keju. Karena ukurannya kecil, kamu bisa menyantapnya sekali lahap saja!

5. Tiramisu

Image result for tiramisu italy

Tiramisu merupakan hidangan penutup yang dikenal dengan cita rasa kopinya. Tiramisu terbuat dari kue berbentuk jari yang dicelupkan dalam kopi. Selain dibuat berlapis, dicampurkan pula kuning telur, putih telur, gula, keju mascarpone, dan dibumbui dengan bubuk coklat.  Resep inii telah diadaptasi menjadi banyak jenis puding, kue dan makanan penutup lainnya. 

6. Panna Cota

Related image

Panna cotta adalah hidangan penutup Italia yang dibuat dari krim, susu dan gula, pencampuran dengan gelatin yang didihkan dan kemudian disajikan dalam keadaan dingin. Panna Cotta disajikan dengan buah-buahan seperti ceri, karamel, saus cokelat, dan buah coulis. 

7. Gelato

Related image

Makanan berupa es krim ini sedikit berbeda dari es krim pada umumnya. Teksturnya lebih padat dan diolah dengan proses khusus sehingga perkara rasa tak perlu diragukan lagi. Gelato biasanya disajikan dengan bahan campuran seperti biskuit, buah-buahan, dan berbagai jenis kacang.

Google+