Mau Ambil Keputusan? Yuk Baca Dulu Sebelum Menyesal

Banyak orang yang mengambil keputusan dari beberapa pilihan tanpa pernah melihat dampaknya untuk masa kedepan. Ketika sudah berani untuk mengambil keputusan yang menurut mereka baik namun sayangnya setelah beberapa hari dijalani pada akhirnya mereka juga yang akan merasakan menyesal. Tidak hanya si pengambil keputusan saja namun kadang kala orang yang berada disekitar kitapun juga akan menerima dampaknya secara tidak langsung. Wow aneh bukan?

Dampak itu akan mereka rasakan ketika kamu sebagai si pengambil keputusan menyesali apa yang telah kamu ambil. Ketika kamu menyesalinya dan tetap melanjutkannya pasti situasi dan kondisi psikis dalam dirimu akan berubah drastis yaitu moodmu akan selalu dalam kondisi tidak baik, sehingga itu akan berdampak pada cara bersosialmu kepada sekitar. Tidak hanya itu namun juga terkadang ketika kamu sedang setres dan menangis, orang yang ada disekitarmu pastinya juga akan merasa hal yang sama denganmu lantaran melihat orang yang terkasihi merasa sedih. Sehebat apapun si pengambil keputusan untuk menutupi semua yang sedang ia rasakan namun pada akhirnya orang yang ada disekelilingnya juga akan tetap merasakannya.

Banyak sekali pakar – pakar psikologi yang tengah melakukan penelitian tentang kasus pengambilan keputusan ini. Tidak sedikit dari mereka yang menyarankan kapada masyarakat bahwa jangan mengambil keputusan pada saat kita sedang merasa marah dan bahagia.

Ketika kamu mengambil keputusan pada saat sedang marah ataupun sedang merasa sedih kemungkinan terbesarnya adalah pasti kamu akan menyesali pilihanmu karena pada saat marah dan sedih seseorang cenderung akan mengambil keputusan berdasarkan emosi semata.

Namun sayangnya para psikologi juga tidak menyarankan kita untuk mengambil keputusan pada saat bahagia atau senang. Hal itu akan cenderung membuat kita untuk selalu menerima semua pilihan yang ada tanpa perlu berfikir panjang dan dampaknya untuk kedepannya.

Para ahli psikologi lebih menyarankan kepada masyarakat untuk mengambil keputusan pada saat kita sedang merasa tenang atau bahkan pada situasi yang sedang santai agar dapat memikirnkannya secara luas dan memikirkan dampak apa yang akan kita dapatkan ketika memilih suatu pilihan.

 

Keyword:
Google+