Menikmati Rondo Kemul di Warung Makan Khas Temanggung

Jatenglive.com – (Temanggung) Temanggung merupakan Kabupaten di Jawa Tengah yang kaya akan wisata alamnya. Kabupaten yang berjarak 83 kilometer dari semarang ini, selalu menawarkan keindahan alam yang seolah tak pernah habis.

Letak geografisnya yang berada di kawasan pegunungan memang menjadi faktor utamanya. Meski terkenal dengan keindahan alamnya, di Temanggung, kita juga bisa berburu wisata kuliner yang khas.

Kuliner yang cukup populer dan mudah ditemui adalah bakso lombok uleg. Selain bakso uleg, Temanggung juga punya kuliner khas lain dengan nama yang unik yaitu Rondo Kemul atau dalam Bahasa Indonesia berarti selimut janda.

Rondo Kemul terbuat dari jadah atau ketan yang tengahnya diisi oleh jenang lalu dibakar. Manis jenang gula jawa begitu terasa dilidah apabila anda mencobanya. Rasa manis dan kenyal itu berkombinasi dengan rasa sedikit asin dari jadah yang dibakar. Untuk cuaca dingin di Temanggung, Rondo Kemul yang disajikan hangat sangat cocok sebagai cemilan.

Salah satu tempat yang konsisten menyajikan kuliner khas Temanggung tersebut adalah Rumah Makan Temanggung Bersenyum. Rumah makan yang terletak tidak jauh dari Alun-Alun Kota Temanggung ini memang berusaha menampilkan yang serba Temanggung. Dari luar, Rumah Makan (RM) Temanggung Bersenyum, yang akrab disebut Tebers, tersaji dengan konsep bangunan lama.

Tembok-tembok didalamnya masih mempertahankan bentuk batu bata. Tiang-tiang kayu menambah kesan kuno. Yang cukup unik adalah jejeran foto-foto pemimpin Temanggung dari zaman penjajahan kolonial sampai saat ini.

Jika penasaran ingin mencoba hidangan tradisional Temanggung, silahkan saja datang ke Rumah Makan yang terletak di Jalan MT. Haryono yang letaknya tidak jauh dari Alun-Alun Temanggung ini.

Google+