Nasi Goreng Tembakau, Kuliner Khas dan Unik di Temanggung

JATENGLIVE.COM, Temanggung - Nasi Goreng merupakan makanan favorit banyak orang. Biasanya Nasi Goreng diberi campuran, seperti daging, sosis, bakso dan lainnya untuk menambah kenikmatannya. Namun, Di Temanggung anda bisa menemukan Nasi Goreng Tembakau dengan bumbu khas biji tembakau. Makanan ini bisa anda temukan di Rumah Makan Temanggung Bersenyum yang berlokasi tidak jauh dari Alun-alun Kota Temanggung, tepatnya di Jalan MT. Haryono, rumah makan tersebut akrab disebut Tebers.

Bagi masyarakat Temanggung, tembakau adalah segalanya. Bukan hanya sebagai identitas, tapi juga pemutar roda ekonomi serta kehidupan mereka. Karena itulah muncul beragam hal hasil olahan tembakau. Seperti namanya, ada unsur tembakau dalam menu ini. Tapi, bukan daun yang digunakan, melainkan bijinya. Caranya, biji tembakau digoreng sangan atau digoreng tanpa minyak selama sekitar 15 menit, selanjutnya biji-biji tembakau terlebih dahulu dihaluskan baru kemudian dicampurkan dengan bumbu nasi goreng. Jenis tembakau yang digunakan, salah satunya adalah tembakau srintil.

Di sini menu Nasi Goreng Tembakau dibagi menjadi dua jenis, yakni nasi goreng mbako dan nasi goreng mbako srintil. Perbedaannya terletak pada isian dan bumbu racikan, pada nasi goreng mbako srintil ditambahi bumbu racikan khusus dan isian jamur. Penampilannya tidak terlalu berbeda dengan nasi goreng biasa, berwarna kecoklatan, dihiasi irisan mentimun dan tomat, irisan telur dadar. Yang berbeda adalah taburan daun triwis atau daun kubis tua yang ditaburkan diatas nasi goreng. Begitu disantap, rasa pahit sedikit bertemu di lidah. Gurih bumbu nasi goreng menjadikan nasi goreng ini tetap nikmat.

Satu porsi Nasi Goreng Tembakau biasa dihargai Rp 14.000. Untuk nasi goreng mbako srintil, sedikit lebih mahal yakni  Rp 19.000. Tidak hanya menyajikan menu unik, bangunan dan penampilannya pun dibuat berbeda. Didalamnya terdapat foto-foto para pemimpin Temanggung dari zaman kolonial hingga saat ini. Kursi dan meja pun dibuat dengan konsep klasik. Selain nasi goreng, Rumah Makan Temanggung Bersenyum menyediakan menu di antaranya ayam goreng, nasi jagung goreng, dan berbagai kudapan. pada malam hari, Anda bisa memesan minuman penghangat tubuh semisal wedang uwuh, wedang jahe, juga wedang kunir asem.

Rumah Makan Temanggung Bersenyum bisa dicapai sekitar lima menit dari alun-alun Temanggung, atau 15 menit dari arah Parakan (Wonosobo). Tempat makan ini buka setiap hari, pukul 11.00 hingga 21.00. Selain mengobati perut yang sedang lapar, zat yang terkandung dalam tembakau juga merupakan obat anti kanker. Kandungan zat dalam tembakau mereaksi protein dalam tubuh. Sehingga zat tersebut memisahkan tubuh dengan bakteri. Selain itu, zat tersebut dapat menstimulus sel untuk memulihkan jaringan tubuh yang rusak. Karena kandungan protein Cytokine yang juga dapat merangsang aktifnya sel kekebalan tubuh.

 

Sumber: https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-temanggung/nasi-goreng-tembakau-citarasa-khas-dan-unik-khas-temanggung.html

Google+