Nasi Jagung Botok Yuyu Kuliner Khas Purwodadi Dengan Citarasa Yang Khas

JATENGLIVE.COM, PURWODADI - Bertandang ke sebuah kota, sudah tentu akan terasa lengkap jika anda mencoba kuliner yang dijajakan di sana. Salah satu kota yang mempunyai kuliner khas dengan citarasa yang menjanjikan adalah purwodadi. Di purwodadi sendiri terdapat bermacam - macam tempat wisata yang tentunya bisa anda datangi seperti makam ki ageng selo atau kedung ombo sekaligus mencoba menu kuliner yang ada.  

nasi jagung botok yuyu.

Di antara banyaknya kuliner khas yang dijajakan di Purwodadi, salah satu jenis kuliner menarik yang wajib anda coba adalah nasi jagung botok yuyu. Seperti namanya, jenis kuliner ini memakai jagung sebagai bahan utamanya. Dengan cita rasa yang unik, pembuatan nasi jagung ini sendiri tergolong rumit.  Setelah bersiap dengan  bahan dasar jagung, bahan utama tersebut harus ditumbuk hingga halus untuk kemudian dilanjutkan dengan perendaman yang biasanya dilakukan selama 4 hari. Untuk menghindari rasa kecut atau asam yang  bisa menjadikan jagung tersebut  tidak enak dimakan, maka selama proses perendaman, air yang digunakan untuk merendam itu harus diganti dengan air baru pada tiap harinya. Sedangkan menu botok yuyu terbuat dari yuyu/ kepiting sawah yang diolah dengan cara ditumbuk hingga halus lalu dicampur dengan bumbu untuk kemudian direbus. Nasi jagung botok yuyu ini biasa disajikan dengan gudangan dan rica- rica kelinci yang tentunya akan menambah kenikmatan tersendiri saat anda mulai menyantapnya. 

Menu kedua yang tidak kalah menariknya adalah Sayur lompong dengan lemi. Seperti namanya lompong, maka Sayur ini dibuat dari batang lompong yang dipotong- potong sepanjang 5 cm dengan diberi bumbu bobor. Sayur lompong ini biasanya disajikan dengan lemi yaitu telur yuyu/ kepiting yang dimasak dengan cara dioseng. Percampuran antara sayur lompong dan juga lemi sudah tentu akan menciptakan rasa khas tersendiri yang tentunya akan membuat acara santap anda terasa begitu nikmat. Untuk penyajiannya agar menu ini terasa lebih enak, biasanya dilengkapi dengan mendoan atau bisa juga keripik udang yang tentunya mampu menambah citarasa tersendiri saat disantap.


Kedua menu diatas bisa anda temukan pada jalan- jalan di purwodadi yang biasanya tersedia di warung- warung makan sederhana. Menikmati kedua menu tersebut dengan ditemani semilir angin sepoi- sepoi khas pedesaan tentunya akan membuat acara santap anda akan terasa lebih berkesan dan menyenangkan. Selain itu, dengan harga yang relatif terjangkau yaitu berkisar antara 5.000 hingga 10.000 anda sudah bisa menikmati menu tersebut.


Kedua menu diatas merupakan makanan favorit orang purwodadi yang tentunya akan menjadi menu favorit baru bagi anda yang sudah merasakannya karena terbukti banyak di antara wisatawan atau orang yang sekedar lewat di purwodadi, akan kembali mencari kuliner tersebut ketika kembali lagi ke kota tersebut.

 

Sumber: http://tempatwisatanegeri.blogspot.co.id/2014/10/nasi-jagung-botok-yuyu-kuliner-khas.html

Google+