Ngeri! 8 Tanda Produk Kosmetik Ancam Rusak Kulit Wajah

JATENG LIVE.COM - Mengombinasikan produk satu dengan produk lainnya untuk wajah adalah hal normal. Tapi, jika kulitmu menunjukkan reaksi tertentu, maka bisa jadi produk yang digunakan tidak cocok, dan bahkan justru merusak. Berikut tanda-tandanya.

1. Rasa terbakar atau menyengat pada pemakaian pertama

Baik produk seperti pembersih, lotion, atau masker bisa menimbulkan rasa terbakar pada kulit. Dermatolog dan pendiri Miami Skin Institute, S. Manjula Jegasothy, MD mengatakan, reaksi tersebut bisa jadi muncul sebagai tanda bahwa kulit kita alergi. Reaksi tersebut juga merupakan mekanisme perlindungan kulit dari bahan-bahan yang dianggap menyerang. Baca juga: Apakah itu berupa fragrance, pengawet, maupun zat aditif lainnya. "Beberapa enzim dan masker berbahan dasar asam bisa menimbulkan rasa tersengat di kulit untuk beberapa menit." "Jika kulitmu terasa terbakar, segeralah membasuhnya dengan air," kata Dermatolog dan pendiri DermWarehouse, Alan J. Parks. Hal itu, kata dia, bisa menjadi tanda alergi terhadap sesuatu yang ada pada produk atau kulit kita terlalu sensitif dengan kandungan pada kosmetik itu.

2. Rasa sedikit terbakar saat menggunakan produk yang pernah digunakan

Skenario ini berbeda dengan jika kita menggunakan produk baru untuk pertama kalinya. Kulit kita sebelumnya sudah terbukti bisa menggunakan sebuah produk secara berulang dan bisa menerima kandungan di dalamnya. Dermatolog tersertifikasi dan kontributor RealSelf, Terrence Keaney, MD, menjelaskan, rasa semacam ini mungkin muncul sebagai efek samping terhadap pasien yang memiliki kondisi kulit sensitif, seperti eksim atau rosacea. Terlebih jika produk tersebut mengandung alkohol atau bahan dasar yang mengeringkan. "Pasien dengan kulit sensitif perlu berhati-hati dalam memilih produk agar sesuai dengan tipe kulit mereka," kata Dr. Keaney. Kemungkinan lainnya adalah kita mengaplikasikan produk tersebut terlalu banyak atau terlalu sering. Jegasothy menjelaskan, pemakaian produk biasanya hanya sebesar biji jagung untuk melapisi seluruh permukaan wajah. "Jangan gunakan terlalu berlebihan atau lebih sering dari yang direkomendasikan. Penggunan berlebih tak akan membuat kulit jadi lebih baik, namun sebaliknya," kata dia.

3. Kulit kering dan mengelupas

Jika hal ini terjadi, biasanya di sekitar hidung dan sudut-sudut mulut, artinya kamu menggunakan produk anti- jerawat terlalu banyak. Seperti retinoid atau benzoil peroksida. Dermatolog tersertifikasi di Beverly Hills dan klinik University of Southern California, Tsippora Shainhouse, MD menjelaskan hal ini. Menurut dia retinoid topical digunakan untuk eksfoliasi kulit dan mengganti sel kulit dewasa dan akan menimbulkan iritasi ringan pada kulit. "Produk tersebut memiliki kemampuan untuk menghapus garis halus secara perlahan, pigmentasi kulit dan menebalkan kulit untuk tampilan yang lebih muda," ujar Dr. Shainhouse. "Meski begitu, jika menimbulkan iritasi terlalu parah di bagian yang sering diaplikasikan serta kulit memerah dan sensitif, maka perawatan tersebut dapat dikatakan tidak cocok untuk kulitmu." Inflamasi kronis bisa menyebabkan kulit menjadi stres dan mempercepat proses penuaan. Jadi, cobalah tinjau kembali resep retinoid tersebut untuk penggunaan sekali atau dua kali dalam seminggu. Di samping itu, akan lebih baik jika melapisi wajah dengan moisturizer terlebih dahulu. Jika masih menimbulkan efek iritasi yang parah, cobalah obat lainnya. Misalnya retinol turunan bahan dasar tanaman yang cenderung lebih ringan. Jika masih juga terasa membuat kulit iritasi, pertimbangkan untuk tak lagi menggunakan produk tersebut.

4. Muncul ruam pada bagian yang terkena produk

Mungkin produk-produk yang kita lihat di majalah atau media lainnya terlihat menarik, misalnya memiliki bungkus produk dengan desain unik. Namun, ingatlah bahwa setiap produk mungkin saja tidak diperuntukkan semua jenis kulit. Bahan-bahan aktif yang terkandung dalam sebuah produk bisa saja menimbulkan iritasi kulit atau bahan yang menimbulkan alergi. "Jika muncul ruam pada kulit dalam beberapa kali pemakaian, bisa jadi hal itu karena adanya pengawet, fragrance atau bahan kimia akrilat," kata Dr. Shainhouse. Pertimbangkan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu di klinik dermatologi terdekat, sehingga kita mengetahui dampak ke depan dari penggunaan sebuah kandungan terhadap kulit. 

5. Kulit menjadi kecoklatan seperti terbakar

Jika kamu menyadari kemunculan bintik di kulit, titik-titik hitam atau noda terbakar di kulit, maka bisa berarti kamu belum menggunakan tabir surya dengan cukup. Namun, jika kamu menyadari perubahan pigmentasi -terutama pada area tulang pipi, setelah mengaplikasikan produk baru selama beberapa hari/minggu, maka bisa jadi itu adalah reaksi alergi. Para dermatolog menyebutnya paradoxical hyperpigmentation. Ini biasanya terjadi terkait dengan kandungan tanaman yang mampu mencerahkan kulit, seperti asam kojik, arbutin, dan hidroquinon. Dr. Jegasothy menganjurkan penghentian pemakaian jika ada reaksi kulit semacam itu. Kemudian, tunggu kulitmu seimbang terlebih dahulu. "Menggunakan produk pemutih lainnya akan membuat kondisi kulit semakin parah," ujar dia. Selain itu, apapun produk yang digunakan, selalu pastikan untuk mengaplikasikan produk dengan minimal 30 SPF, segera setelah membersihkan wajah. Baca juga: Kulit Wajah Jadi Tipis Karena Eksfoliasi Hanya Mitos, Ini Alasannya Hal yang sama pun dilakukan sebelum menggunakan moisturizer atau mengaplikasikan makeup. Langkah ini penting demi memastikan kulit mendapat perlindungan penuh.

6. Kulit memerah dan iritasi setelah memakai produk anti-jerawat

Kebalikan dari apa yang banyak orang pikirkan, jerawat pada orang dewasa biasanya diakibatkan oleh bakteri atau minyak berlebih. Kemudian, banyak yang menggunakan produk perawatan topical, seperti asam salisilat dan benzoil peroksida yang biasa diproduksi untuk jerawat pada usia remaja. Hal itu bisa menyebabkan iritasi dan kulit lapisan teratas kering. Alih-alih menghilangkan jerawat, produk tersebut justru membuat kulit semakin merah dan sensitif serta memperparah jetawat. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan produk yang digunakan non-komedogenik dan tidak mengandung mineral oil, cocoa butter, atau bahan yang menyumbat pori-pori. "Kamu mungkin membutuhkan resep medis yang kuat, namun tidak kasar dan bisa ditoleransi oleh kulit," ujar Dr. Shainhouse. Tanyakan kepada dermatolog terdekat untuk mengetahui rencana perawatan mana yang sesuai dengan kulit dan tipe jerawatmu.

7. Kulit lebih berminyak

Jika kulitmu terasa lebih licin daripada biasanya, bisa jadi itu merupakan tanda terkikisnya minyak alami wajah. Kulit kita secara alami akan bereaksi sebagai tameng untuk menghalau kotoran dan radikal bebas yang datang dari lingkungab sekitar. Proses tersebut dilakukan dengan menyeimbangkan kandungan minyak agar wajah tetap lembap. Jika kamu mencuci wajah terlalu sering sehingga mengikis minyak alami di wajah, maka hal itu kurang baik untuk perlindungan wajahmu. Dermatolog sekaligus pendiri Schweiger Dermatology Group, Eric Schweiger menjelaskan tentang hal ini. Menurut dia, jika kita menggunakan produk yang tidak tepat atau wajah tak mendapat cukup pelembab, maka kulit akan memproduksi semakin banyak minyak. "Carilah moisturizer atau serum yang mengandung asam hialuronat ketimbang minyak, untuk menghidrasi kulit. Selain itu, gunakan pembersih wajah yang lembut," ujar Dr. Schweiger.

8. Rasa gatal

Jika hal ini terjadi, maka kemungkinan kamu mengalami alergi terhadap produk perawatan kulit yang digunakan. Selain bisa pula apa yang kamu hirup dan makan. Dr. Jegasothy menyarankan untuk menghentikan pemakaian produk dan memakainya kembali setelah beberapa minggu. Langkah ini dilakukan untuk melihat apakah rasa gatal tersebut muncul kembali atau tidak. Diperlukan waktu sekitar dua atau tiga minggu untuk menghapuskan alergi tersebut. Jadi, tunggulah selama waktu tersebut sebelum mengenalkan produk itu kembali. "Beberapa antihistamin yang mudah ditemukan di toko obat juga cukup efektif untuk mengurangi efek alergi di kulit dan meminimalisasi gejala gatal lebih cepat," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cermati, 8 Tanda Produk Kosmetik Ancam Rusak Kulit Wajah", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/21/100000420/cermati-8-tanda-produk-kosmetik-ancam-rusak-kulit-wajah.

PenulisNabilla Tashandra EditorGlori K. Wadrianto SumberReader's Digest

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cermati, 8 Tanda Produk Kosmetik Ancam Rusak Kulit Wajah", https://lifestyle.kompas.com/read/2018/05/21/100000420/cermati-8-tanda-produk-kosmetik-ancam-rusak-kulit-wajah.
Penulis : Nabilla Tashandra
Editor : Glori K. Wadrianto

Penulis : Nabilla Tashandra

Editor : Glori K. Wadrianto

Sumber: Reader's Digest

Keyword:
kesehatan kesehatan masyarakat kesehatan reproduksi kesehatan lingkungan kesehatan kerja kesehatan dan keselamatan kerja kesehatan masyarakat adalah kesehatan reproduksi remaja kesehatan wanita kesehatan adalah kesehatan anak kesehatan aries kesehatan adalah pdf kesehatan anak balita kesehatan aquarius hari ini kesehatan aries hari ini kesehatan alami kesehatan awal pt kai kesehatan alat reproduksi kesehatan ahok do a kesehatan akreditasi a kesehatan masyarakat vitamin a kesehatan mata a dinas kesehatan golongan darah a kesehatan a. sanitasi dan kesehatan lingkungan – askk bpjs kesehatan a asuransi kesehatan a gelang kesehatan a kha kesehatan bayi kesehatan bank kesehatan bahasa inggris kesehatan badan kesehatan buat ibu hamil kesehatan baterai iphone kesehatan bayi baru lahir kesehatan bahasa inggrisnya kesehatan b arab kesehatan b inggrisnya bpjs kesehatan b arabnya kesehatan b&d refleksi kesehatan kota medan sumatera utara golongan darah b kesehatan artikel kesehatan b.inggris refleksi kesehatan b & d medan area alat kesehatan b braun jurnal kesehatan b.inggris kesehatan cancer hari ini kesehatan capricorn kesehatan capricorn hari ini kesehatan capres kesehatan cawapres kesehatan capricorn minggu ini kesehatan cpns kesehatan cancer bulan ini kesehatan cawapres jokowi kesehatan ciuman makalah vitamin c kesehatan suntik vitamin c kesehatan alat kesehatan c arm alat kesehatan cpap kesehatan di indonesia kesehatan dan rahasia bank kesehatan dalam islam kesehatan dan keselamatan kerja pdf kesehatan dan gizi anak usia dini kesehatan dan upaya pencegahan gangguan pada organ reproduksi kesehatan darah kesehatan dalam alquran kesehatan dilihat dari kuku d iv kesehatan lingkungan d iv analis kesehatan d iv analis kesehatan yogyakarta d iv analis kesehatan bandung d iii analis kesehatan masalah kesehatan di indonesia d3 analis kesehatan alat kesehatan di bandung kampus kesehatan di jogja kesehatan emosional kesehatan egi maulana vikri kesehatan egy maulana vikri kesehatan empedu kesehatan edinson cavani kesehatan ekonomi adalah kesehatan emosi kesehatan egy kesehatan english edabu kesehatan login e journal kesehatan e bpjs kesehatan e katalog kesehatan e jurnal kesehatan e-dabu kesehatan e-jurnal kesehatan masyarakat e monev kesehatan e commerce kesehatan e-renggar kesehatan kesehatan fisik kesehatan fisik dan psikis kesehatan farmasi kesehatan fisik dan mental kesehatan fisik seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari ditentukan oleh kesehatan finansial dan kinerja sosial bank umum syariah di indonesia kesehatan fisik pdf kesehatan fisik dan mental sehubungan dengan pekerjaan adalah sebagai berikut kecuali kesehatan fisik dan psikis remaja kesehatan fisik menurut who kesehatan global kesehatan gigi dan mulut pdf kesehatan ginjal kesehatan global pdf kesehatan gigi dan mulut pada anak kesehatan gizi kesehatan golongan darah o kesehatan golongan darah b kesehatan gusi kesehatan g dragon kalung kesehatan g life kesehatan haji kesehatan hewan kesehatan haji 2018 kesehatan hati kesehatan holistik kesehatan hewan adalah kesehatan haji pdf kesehatan hewan ugm kesehatan herbal kesehatan hardisk bpjs kesehatan h.f.i.s kesehatan indonesia kesehatan itu mahal kesehatan ibu dan anak pdf kesehatan ibu dan bayi baru lahir kesehatan itu penting kesehatan ibu dan anak adalah kesehatan in english i care kesehatan i water botol kesehatan icare monitor kesehatan asuransi kesehatan i'm care tes kesehatan i tes kesehatan i polri i www.bpjs-kesehatan.go.id icare monitor kesehatan pro i love analis kesehatan i ed bpjs kesehatan kesehatan jantung kesehatan jasmani kesehatan jiwa pdf kesehatan jasmani dan rohani kesehatan jamaah haji kesehatan jiwa masyarakat kesehatan janin kesehatan jasmani adalah kesehatan jiwa menurut who jl kesehatan jl kesehatan raya jakarta pusat jl kesehatan raya bintaro jl kesehatan bukittinggi jl kesehatan raya jl kesehatan no 10 jl kesehatan bintaro jl kesehatan tanah abang jl kesehatan pontianak jl. kesehatan no.3 bogor kesehatan kulit kesehatan keselamatan kerja kesehatan keluarga kesehatan kerja pdf kesehatan kerja dan olahraga kesehatan korea selatan kesehatan kuku kesehatan keselamatan dan keamanan kerja pkm k kesehatan gelang kesehatan k link konsep kesehatan k-link k link produk kesehatan kalung kesehatan k link kacamata kesehatan k-link artikel kesehatan k-link sabuk kesehatan k link konsep kesehatan k-link mp3 konsultasi kesehatan k-link kesehatan lansia kesehatan lingkungan kerja kesehatan lingkungan pdf kesehatan lingkungan masyarakat kesehatan lingkungan ui kesehatan lingkungan poltekkes makassar kesehatan lingkungan sekolah kesehatan lingkungan menurut who l-bio memelihara kesehatan pencernaan kesehatan masyarakat uin alauddin makassar kesehatan masyarakat veteriner kesehatan masyarakat umi kesehatan mental pdf kesehatan mental adalah kesehatan m salah pkm m kesehatan m bpjs kesehatan 5m kesehatan m.detik.com kesehatan kesehatan nasa kesehatan nusantara kesehatan nasional kesehatan negara jepang kesehatan narkoba kesehatan neymar kesehatan nusantara kemenkes kesehatan negara malaysia kesehatan news kesehatan negara asean kesehatan n kecantikan smk n kesehatan keselamatan dan kesehatan kerja fungsi primolut n kesehatan fungsi benoson n kesehatan kesehatan olahraga kesehatan olahraga adalah kesehatan olahraga pdf kesehatan organ reproduksi kesehatan otak kesehatan organ intim kesehatan organ reproduksi wanita kesehatan otot kesehatan orang tua kesehatan olahraga puskesmas golongan darah o kesehatan produk kesehatan oshop bpjs kesehatan o alat kesehatan oshop matras kesehatan oshop kalung kesehatan oshop kesehatan payudara kesehatan pelabuhan kesehatan pria kesehatan pelabuhan makassar kesehatan paru paru kesehatan pdf kesehatan pencernaan kesehatan perempuan kesehatan prabowo pcare kesehatan pkm p kesehatan p bpjs kesehatan p-proses komunikasi kesehatan pdf p-proses komunikasi kesehatan contoh pkm p kesehatan s o p kesehatan jiwa dinas kesehatan pirt s o p kesehatan mata s o p kesehatan kesehatan quotes kesehatan quote sakit 20 kata kata motivasi untuk kesehatan quotes sakit 20 kata kata motivasi untuk kesehatan quaker kesehatan quote tumblr quotes kesehatan bahasa inggris quotes kesehatan masyarakat quiz kesehatan quotes kesehatan mental qanun kesehatan aceh q&a bpjs kesehatan qi-9 bpjs kesehatan alat kesehatan qnet q.s tentang kesehatan kesehatan remaja kesehatan reproduksi wanita kesehatan remaja pmr kesehatan reproduksi dan kb kesehatan reproduksi remaja ppt kesehatan reproduksi manusia kesehatan reproduksi menurut who kesehatan reproduksi wanita pdf kesehatan r 5r kesehatan materi pik r kesehatan reproduksi kementerian kesehatan r.i materi pik r kesehatan reproduksi remaja kementerian kesehatan r kesehatan sekolah kesehatan scorpio kesehatan spiritual kesehatan sagitarius hari ini kesehatan sperma kesehatan seksual adalah kesehatan sosial kesehatan secara umum kesehatan sebagian dari iman kesehatan saat hamil s1 analis kesehatan kesehatan ternak kesehatan tulang kesehatan tubuh manusia kesehatan telinga kesehatan tni kesehatan tradisional kesehatan ternak unggas kesehatan tubuh adalah kesehatan taurus hari ini j&t kesehatan j&t kesehatan bintaro 10 t kesehatan t force alat kesehatan kesehatan umum kesehatan usus kesehatan usia lanjut kesehatan untuk wanita kesehatan untuk ibu hamil kesehatan untuk mata kesehatan usia lanjut dengan pendekatan asuhan keperawatan kesehatan untuk anak kesehatan untuk jantung kesehatan ui uu kesehatan uu kesehatan jiwa uu kesehatan kerja uu kesehatan 36/2009 pasal 32 ayat 2 uu kesehatan no 36 tahun 2014 pdf uu kesehatan tentang aborsi uu kesehatan pasal 32 ayat 2 uu kesehatan lingkungan uu kesehatan no 23 tahun 1992 uu kesehatan no 44 tahun 2009 kesehatan virgo kesehatan virgo minggu ini kesehatan virgo 2018 kesehatan vital kesehatan vitalitas pria kesehatan vietnam kesehatan vector kesehatan vital wanita kesehatan virgo bulan ini kesehatan virgo juli 2018 kesehatan v v claim bpjs kesehatan v claim. bpjs-kesehatan. go. id/tot v care bpjs kesehatan menjaga kesehatan v jalan kesehatan v bintaro kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan kesehatan wajah kesehatan wanita sepanjang siklus kehidupan ppt kesehatan wikipedia kesehatan wanita remaja kesehatan wanita hamil kesehatan who x banner kesehatan x power kesehatan diagnosa icd-x kesehatan haji indonesia alat kesehatan x-ray tes kesehatan x ray gelang kesehatan x power kesehatan yang berhubungan dengan rohani dinamakan kesehatan yang baik dan kesejahteraan kesehatan yang paling utama kesehatan yang beretika dan berbudaya kesehatan yang baik kesehatan yang ditanggung bpjs kesehatan yg ditanggung bpjs kesehatan yang prima adalah kesehatan yang sering diabaikan kesehatan yang di cover bpjs kesehatan zodiak kesehatan zodiak taurus kesehatan zodiak cancer kesehatan zodiak aries kesehatan zodiak libra hari ini kesehatan zodiak scorpio hari ini kesehatan zodiak aries hari ini kesehatan zodiak pisces hari ini kesehatan zodiak hari ini kesehatan zodiak gemini hari ini kalung kesehatan z energi pendant kalung kesehatan z energi kesehatan hardisk 0 bpjs kesehatan 0817 kesehatan hdd 0 kesehatan bayi 0 bulan tagihan bpjs kesehatan 0 peraturan menteri kesehatan 001 tahun 2012 memperbaiki hardisk kesehatan 0 peraturan menteri kesehatan 006 tahun 2012 saldo bpjs kesehatan 0 hardisk kesehatan 0 kesehatan 1 tni kesehatan 1 polri kesehatan 1 polsuska kesehatan 1 akmil tes kesehatan 1 tni bpjs kesehatan 18 blogspot smk kesehatan 1 sukra 1 kesehatan perhatikan tabel dibawah ini kesehatan 1 kesehatan 1 polisi kesehatan 1 meliputi kesehatan 1 bintara polri bab 1 kesehatan bab 1 kesehatan lingkungan kesehatan 2018 kesehatan 2 tni kesehatan 2 tni al kesehatan 2 polri cpns kesehatan 2017 menteri kesehatan 2017 spm kesehatan 2017 cpns kesehatan 2018 loker kesehatan 2017 profil kesehatan 2016 kesehatan 2 kesehatan 2 polisi kesehatan 2 bintara polri bab 2 kesehatan reproduksi remaja bab 2 kesehatan undang 2 kesehatan bab 2 kesehatan gigi dan mulut bab 2 kesehatan lingkungan 3k kesehatan keselamatan kerja uu kesehatan 36 tahun 2009 uu kesehatan 36 tahun 2014 puisi kesehatan 3 bait lpse kesehatan 3.6 politeknik kesehatan 3 kesehatan janin 3 bulan terapi kesehatan 3h 3 pilar kesehatan 3 masalah kesehatan di indonesia 3 pilar kesehatan indonesia 3 manfaat kesehatan secara langsung 3 lembaga kesehatan 3 komponen kesehatan mental 3 komponen kesehatan kerja 3 pilar kesehatan masyarakat 3 usaha kesehatan preventif 3 konsep kesehatan olahraga kesehatan 4 sehat 5 sempurna bpjs kesehatan 4 kesehatan usia 40 tahun puisi kesehatan 4 bait syair kesehatan 4 bait pantun kesehatan 4 bait kesehatan meliputi 4 aspek kesehatan umur 40 tahun dialog kesehatan 4 orang drama kesehatan 4 orang 4 kesehatan masyarakat 4 pilar kesehatan 4 upaya kesehatan 4 aspek kesehatan 4 determinan kesehatan 4 pilar kesehatan kerja 4 pilar kesehatan menurut who 4 pilar kesehatan reproduksi 4 simpul kesehatan lingkungan 5 kesehatan keluarga 5s kesehatan 5 elemen kesehatan kesehatan janin 5 bulan kesehatan usia 50 tahun drama kesehatan 5 orang jurnal kesehatan 5 tahun terakhir bpjs kesehatan 5 artikel kesehatan 5 paragraf artikel kesehatan 500 kata 5 pilar kesehatan 5 tugas kesehatan keluarga menurut friedman 5 pilar kesehatan lingkungan 5 makanan kesehatan terbaik di dunia 5 indikator kesehatan 5 alat kesehatan 5 asuransi kesehatan terbaik di indonesia 5 tujuan kesehatan kerja 5 istilah kesehatan 6 kesehatan wajib puskesmas kesehatan bayi 6 bulan masalah kesehatan 6d liputan6 kesehatan teh kesehatan 63 asuransi kesehatan 60 tahun keatas kesehatan janin 6 bulan kesehatan bayi 6-12 bulan kesehatan kehamilan 6 bulan 6 upaya kesehatan wajib puskesmas 6 sasaran kesehatan pasien 6 model kesehatan mental 6 komponen kesehatan lingkungan 6 masalah kesehatan terbesar di indonesia 6 subsistem kesehatan nasional 6 determinan kesehatan kesehatan janin 7 bulan kesehatan kehamilan 7 bulan kesehatan bayi 7 bulan kesehatan bumil 7 bulan hari kesehatan 7 april kesehatan hamil 7 bulan artikel kesehatan 700 kata permen kesehatan 75 tahun 2014 peraturan menteri kesehatan 75 tahun 2014 pojk 71 kesehatan keuangan 7 pilar kesehatan masyarakat 7 pilar kesehatan masyarakat pdf 7 subsistem kesehatan nasional 7 pilar kesehatan 7 peminatan kesehatan masyarakat 7 masalah kesehatan lingkungan 7 departemen kesehatan masyarakat 7 upaya kesehatan menurut who 7 parameter kesehatan lingkungan 7 manfaat kesehatan menghisap payudara bpjs kesehatan 8080 admin kesehatan janin 8 bulan kesehatan bumil 8 bulan bpjs kesehatan 8 juta kesehatan bayi 8 bulan kesehatan hardisk 80 bpjs kesehatan 80 ribu kesehatan hamil 8 bulan 8 kompetensi kesehatan masyarakat 8 pilar kesehatan masyarakat 8 kompetensi kesehatan masyarakat pdf 8 peminatan kesehatan masyarakat 8 panduan kesehatan pola makan ibu hamil 8 konsep kesehatan olahraga 8 pilar kesehatan masyarakat pdf 8 indikator kesehatan 8 program kesehatan sekolah menurut who 8 pilar kesehatan masyarakat dan penjelasannya drama kesehatan 9 orang kesehatan hamil 9 bulan kesehatan bayi 9 bulan kesehatan janin 9 bulan badan kesehatan 99 dvlp bpjs kesehatan 9080 peraturan menteri kesehatan 9 tahun 2014 smkn 9 kesehatan tangerang peraturan menteri kesehatan 99 tahun 2015 9 pilar kesehatan masyarakat 9 indikator pembangunan kesehatan 9 prinsip bpjs kesehatan plkj kelas 9 kesehatan dan keselamatan 9 jenis tenaga kesehatan 9 tips menjaga kesehatan organ intim wanita 9 pengertian hukum kesehatan
Google+