Pasangan Ganjar-Taj dan Sudirman-Ida Siap Head to Head di Pilkada Jateng

JATENGLIVE.COM- Pendaftaran kandidat pemilihan gubernur Jawa Tengah 2018 resmi ditutup, Rabu (10/01/2018).  Pasangan terakhir yang mendaftar adalah Sudirman Said-Ida Fauziah,  menyusul pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) sudah mendaftar satu hari sebelumnya.

Dengan demikian, hanya dua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftar ke KPUD Provinsi.

Saat mendaftar, pasangan Ganjar-Taj didukung koalisi empat partai dengan 48 kursi di DPRD Jateng, yaitu PDI-P, Nasdem, PPP, dan Demokrat. Belakangan, Golkar dengan 10 kursi ikut mendukung hingga total kursi mencapai 58 kursi.

Sementara itu pasangan Sudirman-Ida didukung koalisi empat partai dengan 42 kursi di DPRD Jateng. Jumlah kursinya berasal dari Gerindra, PAN, PKS, dan PKB. Sedangkan PBB dan PPP kubu Djan Faridz ikut mendukung, tetapi tidak memiliki kursi. Total kursi di DPRD Jateng saat ini 100 kursi.

Baik Ganjar maupun Sudirman seusai konferensi pers juga mengajak untuk berkompetisi secara sehat. Ganjar ingin kampanye politik berbasis program, sedangkan Sudirman ingin kampanye secara santun dan tidak ada politik uang.

Para pasangan bakal calon pun setelah mendaftar akan dilakukan tes pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit dr Kariadi Semarang pada hari ini (12/01/2018). Sebelumnya, paslon diminta untuk berpuasa.

Google+