Review Buku Aroma Karsa karya Dee Lestari

Pendalaman karakter yang kuat dan dalam, riset yang gila-gilaan, imajinasi liar yang menggabungkan legenda, action dan cerita romansa menjadi satu fiksi yang luar biasa mungkin begitulah penggambaran buku Aroma Karsa. 

Dikisahkan ada seorang laki-laki yang hidup di TPA Bantar Gebang sejak kecil yang memiliki kemampuan penciuman yang luar biasa. Nama laki-laki tersebut adalah Jati Wesi. Karena kemampuannya yang tak biasa, orang-orang di TPA Bantar Gebang memberinya julukan si Hidung Tikus.  Inti cerita dari buku ini adalah perjalanan Jati Wesi sebagai tokoh utama dalam mencari jati diri dan Puspa Karsa. Puspa Karsa sendiri merupakan misteri yang membuka tabir Jati ke unsur terdasarnya --siapa, dari mana, kenapa. Dalam perjalanannya, Jati dikelilingi tokoh kuat macam Tanaya Suma, Raras Prayagung, hingga Anung.

Tema unik yang diambil Dee, yaitu aroma, berhasil diceritakan dengan sangat apik. KIta akan disuguhkan dengan berbagai istilah perparfuman dan aneka molekul kimiawi yang mampu membuat hidung ikut berimajinasi. Tak heran memang, karena riset yang dilakukan sebelumnya memang sangat kuat dan mendalam.  Menurut Dee,  jarang sekali aroma/penciuman dijadikan topik utama sebuah cerita karena sulitnya menuturkan/menggambarkan aroma dalam kata-kata. Namun Dee berhasil mendobrak itu semua. 

Overall, novel ini sangat rommended! Kamu akan diajak berpetualang ke dunia aroma sekaligus teredukasi. Salut untuk Dee!

 

 

Google+