Rumah Teh Ndoro Donker Karanganyar, Minum Teh dengan Pemandangan Kebun Teh

JATENGLIVE.COM - Minum teh sudah menjadi kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Beberapa orang beranggapan bahwa meminum teh dapat membuat tubuh menjadi segar dan lebih tenang. Selain itu teh ternyata mengandung Teh diketahui memiliki kandungan antioksidan dan katekin yang dapat meningkatkan imunitas serta metabolisme tubuh.

Dengan kebiasaan ini mulai muncul banyak kedai atau warung yang menyediakan berbagai macam teh. Salah satunya adalah Rumah Teh Ndoro Dongker Di Karanganyar. Rumah Teh Ndoro Dongker berdiri pada tahun 2011.

 

Mengapa dinamakan Ndoro Dongker ?  Pada zaman dahulu, Ndoro Donker merupakan seorang ahli tanaman kewarganegaraan Belanda yang pernah hidup di desa Kemuning untuk membangun perkebunan. Beliau mengabdikan hidpnya untuk membantu masyarakat di daerah Kemuning hingga beliau  menolak untuk kembali ke Belanda. Sampai saat ini, masyarakat desa Kemuning mengenangnya dengan menyebut kawasan yang pernah ditinggali Ndoro Donker sebagai “nDonkeran”.


teapot lemon

Tea Pot Lemon Tea

Ndoro merupakan sebuah panggilan dalam bahasa Jawa yang berarti Tuan. Rumah peninggalan Belanda ini merupakan salah satu Rumah Teh yang menyajikan beragam rasa teh dari Indonesia maupun teh terkenal dari negara lain. Ragam pilihan teh di Ndoro Donker sebagai berikut, Teh Hijau Kemuning, Teh Hitam Donker, Teh Aroma Inggris ( Earl Grey, Cemomile, Lady Grey, Mint, Passion Fruit ), Teh Raja, Teh Putih, dan Teh Herbal yang disajikan dalam cangkir dan teko.


steak

Steak

Harga untuk satu cangkir teh di ndoro dongker mulai dari 10.000 sampai dengan 55.000, penyajian teh juga beraneka ragam dari teh cup (per satu orang) maupun teh teapot (sajian teh untuk 4 orang). Tak hanya minuman khas aneka olahan teh, tapi Rumah Teh Ndoro Donker juga menyediakan aneka olahan makan antara lain nasi goreng, kare ayam, mie goreng, aneka steak, dan lain-lain. Selain makanan berat ada juga aneka snack antara lain ketela madu wijen, timus isi keju, pisang panggang, tahu goreng, tempe goreng, dll.

 

Nasi Goreng

Nasi Goreng

Rumah Teh Ndoro Donker terletak di kiri jalan arah kebun teh Kemuning tepatnya di Jl. Afdeling Kemuning No 18 Kemuning ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Udara dingin lereng gunung membuat suasana menjadi nikmat saat menyeruput teh. Lokasi Rumah Teh ini juga berdekatan dengan “bukit teletubbies” Kemuning yang dimiliki oleh pabrik teh PT Rumpun Sari yang luas lahannya ratusan hektar. Pabrik teh yang terkenal di lereng Gunung Lawu tersebut masih aktif sebagai salah satu pemasok daun teh untuk diolah di dalam negeri dan sebagian diekspor ke luar negeri.


Kari Ayam

Saat masuk banyak tersedia kursi-kursi dengan kapasitas besar dan kecil, jadi bagi rombongan dan personal. Bagi anda yang ingin mengunjungi Rumah Teh Ndoro Donker sebaiknya pada waktu setelah jam 10.00 karena bila terlalu pagi atau sore kabut yang sudah turun sangat mengganggu pemandangan dan sulit mengabadikan foto bersama keluarga dan orang terdekat. Selain aneka ragam teh yang sangat menggiurkan untuk dinikmati, suasana sekitar kebun teh juga membuat semua orang ingin berfoto dan menikmati udara yang segar di bukit gunung lawu. Untuk teman-temanyang akan berkunjung untuk mengetahui Rumah Teh Ndoro donker buka pukul 10.00 sampai 18.00.

 

Artikel ini pernah ditayangkan di kulinerwista.com dengan judul Rumah Teh Ndoro Donker Karanganyar

Google+