TEROBOSAN BARU: AMBULANS MOTOR LAYANI KECELAKAN HINGGA PERSALINAN

Indah Khairani - 04 Oktober 2018

ambulan motor terobosan terbaru / jateng.tribunnews.com

JATENGLIVE.COM – SEMARANG Nurul Afifah (28), adalah satu di antara dokter yang tergabung dalam Tim Ambulans Hebat gagasan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Tim Ambulans Hebat sendiri fungsinya adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang menjangkau seluruh daerah di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Perlu diketahui, selain mobil yang biasanya, Ambulans Hebat juga memiliki unit sepeda motor ambulans guna menjangkau gang-gang sempit yang tidak bisa dijangkau oleh mobil.

Nurul sendiri termasuk dokter yang bisa melayani masyarakat dengan mengendarai atau menaiki sepeda motor ambulans.

“Ambulans dengan sepeda motor ini digunakan untuk menjangkau rumah-rumah warga yang sulit dijangkau mobil."

"Harapannya bisa lebih cepat melayani warga yang membutuhkan,” ujarnya di markasnya, lantai 2 komplek ruko GOR Tri Lomba Juang, Semarang pada Jumat (28/9/2018) lalu.

Saat beroperasi, sepeda motor itu akan dinaiki oleh pasangan dokter dan perawat sambil membawa peralatan pengobatan di boks yang sudah tersedia di kendaraan itu.

Dengan mengendarai sepeda motor ambulans, Nurul mengaku ada bermacam-macam tantangan yang dirinya pernah hadapi.

Selain menembus kepadatan lalu lintas di Kota Semarang, ia juga harus melewati medan terjal, gang-gang sempit dan jalanan yang cukup berbahaya.

"Kami pernah menangani laka di jalan, kehamilan, sesak napas, jantung dan lain-lain. Kami awalnya pakai mobil, tapi dilihat dulu apakah aksesnya melewati gang-gang sempit atau macet tidak jalannya. Kalau iya, kami baru pakai sepeda motor," ujar perempuan yang merupakan Alumnus fakultas kedokteran umum Universitas Sultan Agung itu.

Dalam sehari, rata-rata dirinya mendapat sekitar empat hingga lima jumlah panggilan.

Lokasi yang dituju pun bermacam-macam, ia mengungkap, lokasi paling jauh yakni Ngaliyan, daerah pinggir Kota Semarang yang berbatasan dengan Kabupaten Kendal.

"Yang telepon pas jam satu atau dua dini hari itu juga ada, tapi kami juga harus tetap melayani," ujarnya.

Ketakutan pun sering menghampiri Nurul, terutama saat bertugas pada malam hari.

“Sempat juga ada perasaan takut saat malam hari, misal ada begal atau semacamnya. Tapi kan kami ada sirene, biasanya ada sukarelawan (pengendara lain) yang ikut mengawal. Jadi merasa lebih aman,” ungkapnya.

Ia juga mengungkap sebuah pengalamannya yang unik.

“Pernah ada panggilan dari salah satu universitas swasta saat acara penerimaan mahasiswa baru, pasien sebelumnya jatuh dan diperiksa. Ternyata kesurupan. Ya kita cuma bisa bantu-bantu doa," imbuhnya sambil tertawa.

Lebih dari itu, ia mengaku mendapat pengalaman yang sangat berharga, di mana ia menjadi lebih peduli dengan keluarganya.

“Kami pernah melayani pasien tuna wisma. Orangnya sudah berusia lanjut. Saya merasa iba dan tidak mau jika orang tua saya kelak seperti itu. Maka sejak saat itu, saya menjadi lebih peduli dan tidak mau mengabaikan orang tua,” pungkas Nurul.

Penting diketahui, bagi Anda warga lokal maupun luar kota, jika membutuhkan pelayanan kesehatan darurat di Kota Semarang dapat menghubungi nomor 1500132 atau 112.

Pelayanan tersebut berlaku 24 jam, dan regu Tim Ambulance Hebat siap meluncur.

Ada berbagai jenis unit ambulans yang disediakan, yaitu Ambulance Hebat Si Cepat (layanan gawat darurat), Ambulans Hebat Siaga (layanan perawatan di rumah) dan Ambulans Hebat Sepeda Motor (akses gang sempit).

 

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Para Dokter Cantik di Semarang Ini Naik Ambulans Sepeda Motor Layani Pasien Kecelakaan hingga Hamil, http://jateng.tribunnews.com/2018/10/03/para-dokter-cantik-di-semarang-ini-naik-ambulans-sepeda-motor-layani-pasien-kecelakaan-hingga-hamil.

Penulis: Reza Gustav Pradana   

Editor: suharno


Share
Google+

Artikel Lainnya