Urgensi Kesehatan Mental Remaja di 13 Reasons Why

Episode pertama   : 31 Maret 2017

Jaringan                 : Netflix

Pembuat                : Brian Yorkey

Genre                    : Drama, Misteri, Teen dra a

Pemain                  : Dylan Minnete, Katherine Langford, Christian Navarro, Alisha Boe

 

13 Reasons Why merupakan serial yang diadaptasi dari novel best seller berjudul sama, karya Jay Asher. Serial yang diproduseri oleh Selena Gomez ini rilis 31 Maret lalu dan ditayangkan streaming di Netflix. Jadi, kamu gak perlu repot-repot beli DVD untuk menyaksikan kisah Hannah Baker dan 13 alasan mengapa ia mengakhiri hidupnya.

Serial ini bisa dibilang cukup ‘nekat’ karena mengangkat isu sensitif yaitu tindak bunuh diri di kalangan remaja. Kita semua tahu konsekuensi dari bunuh diri, tapi gak semua dari kita tahu bagaimana mencegah tindakan tersebut.  Nah, 13 Reasons Why melihat urgensi itu dan berusaha menyampaikan bahwa nyatanya tindakan atau aksi kecil dapat memicu tingkat depresi seseorang.

13 Reasons Why secara eksplisit menunjukkan masalah bullying, slut-shaming, body-shaming, dan tentunya kesehatan mental remaja seperti depresi, kegelisahan, dan tekanan lainnya. Serial ini memiliki rasa kedekatan karena tersaji sangat realistis dan jarang terekspos media. Semua masalah yang sering dijumpai remaja masa kini ini ditunjukkan terang-terangan sampai serial ini sempat menuai kritik karena dikhawatirkan bisa menimbulkan keresahan. Hanya saja sebagai penonton kita bisa dong ngambil positif nya, ya gak?

Satu hal yang unggul dari serial ini adalah editing-nya yang bagus banget!  Serial ini seringkali menampilkan gambar dari sebuah kejadian di masa lalu, lalu tiba-tiba beralih ke masa kini yang diberi tone gambar berbeda. Kadang juga keduanya digabung sehingga menambah kesan dramatis. Perpindahan gambarnya pun cukup halus sehingga membuatmu tetap nyaman mengikuti alur cerita maju-mundur dalam serial ini.

Overall, serial 13 Reasons Why sangat recommend banget karena bikin kamu lebih aware  dengan sekitar dan lebih peka dengan kondisi teman-temanmu. Selain itu, kalo ada orang terdekat atau bahkan kamu sendiri yang mengalami hal yang hampir mirip dengan yang dialami Hanna, jangan segan-segan untuk bercerita ke orang terpercaya yah!

Rating:  8.9/10 di ( IMDb)

Google+