Wisata Kuliner Sate Bebek, di Warung Sate Bebek Pak Encus Banyumas

JATENGLIVE.COM, BANYUMAS - Daerah Tambak di BanyumasJawa Tengah, sudah lama dikenal memiliki sejumlah warung makan dengan menu bebek. Salah satu yang terkenal adalah milik Pak Encus yang berada tidak jauh dari pasar Tambak. Jika Anda penggemar kuliner olahan daging bebek, tampaknya Anda tak boleh melewatkan ragam hidangan yang tersaji di Warung Sate Bebek Pak Encus.

Warung yang berada di pinggir ruas jalur mudik lintas selatan Jawa Tengah, tepatnya di Jalan Raya Tambak Banyumas, dikenal memiliki andil mengenalkan Kecamatan Tambak sebagai kota bebek di Kabupaten Banyumas. Adalah Panji Susilo dan Antini yang memulai usaha makanan ini di tahun 1994. Kala itu, mereka memulai usaha dengan mendirikan warung kecil di pinggir Jalan Raya Tambak. Seiring waktu, rumah makan di dekat Pasar Tambak ini semakin berkembang karena memiliki pelanggan setia yang kerap datang saat libur lebaran atau pun hari-hari biasa.

Saat ini tidak hanya Sate Bebek yang disajikan, tetapi juga gulai, rica-rica, dan tak lupa bebek goreng serta bakar. Soal rasa, Pak Encus memilih untuk setia dengan resep dan racikan bumbu yang menjadi cita rasa khas warungnya sejak kali pertama dibuka. Semua pilihan bumbu hingga daging bebek olahannya tetap memiliki standar yang tidak berubah dari waktu ke waktu. Sebelum mengolah, dalam pemilihan bahan baku harus memperhatikan beberapa hal yang mesti menjadi patokan.

Untuk bahan baku daging bebek, dipilih daging bebek muda agar tetap terjaga keempukan dagingnya saat dicicip pelanggan. Untuk pengolahan daging bebek tidak dilakukan dengan cara presto tetapi dengan cara merebus sekitar 2-3 jam. Selain itu, Pak Encus selalu memperhatikan kebersihan daging bebek yang akan diolah. Karena kunci utama agar dagingnya tidak bau dan bisa tahan lama, ada pada kebersihan daging. Sedangkan untuk, bumbu lainnya pun sama dengan yang lain seperti kunyit, kemiri, jahe dan rempah-rempah.

Jadilah hidangan daging bebek yang terasa empuk saat dilahap dan dikunyah dalam mulut lengkap dengan pilihan sambal kecap dan kacang. Rasa daging bebeknya gurih, empuk, dan halus dan terasa berbeda dengan olahan restoran bebek terkemuka. Anda bisa menikmati seporsi Sate Bebek dengan harga Rp 25 ribu. Selain sate, harga yang sama juga berlaku untuk satu porsi rica-rica, bebek goreng dan bakar. Bagi Anda yang tertarik ingin menikmati keempukan dan kelezatan hidangan varian bebek di Warung Sate Bebek Pak Encus bisa menikmatinya mulai pukul 07.00 sampai 24.00.

 

Sumber: https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-banyumas/sate-bebek-pak-encus-lezatnya-kuliner-khas-kota-bebek-banyumas.html

Google+