Yuk Simak Apa Itu Teh Surya Asal Batang!

JATENGLIVE.COM - Masyarakat sudah tak asing dengan teh, minuman yang biasanya disajikan secara hangat tersebut digadang-gadang memiliki sejuta kasiat karena anti oksidan yang terkandung di dalamnya.

Namun dari beberapa olahan teh, pastinya masyarakat masih asing mendengar Teh Surya.

Pasalnya Teh Surya hanya mengandalkan cahaya matahari dalam proses penjemuran dan tanpa menggunkan bahan campuran apapun dalam pengelohannya.

Selain itu, tak seperti teh kebanyakan yang mengambil pucuk daun teh untuk diolah kembali. Teh Surya justru memanfaatkan lima daun yang berada di bawah pucuk daun tanaman teh.

Sri Handayani (45) satu-satunya pembuat Teh Surya di Desa Tambak Boyo Kabupaten Batang menerangkan, lima daun teh tersebut memiliki anti oksidan yang melebihi pucuk daun teh.

"Ditambah lagi pengolahannya tanpa campuran sama sekali, hanya memanfaatkan sibar matahari," paparnya di tempat pengolahan teh milik Sri.

Ia menambahkan usai dipetik, daun teh kemudian dijemur hibgga benar-benar kering untuk kemudian siap disajikan.

"Prosesnya memang sangat sederhana, namun dalam proses tersebut justru tidak menghilangkan kasiat daun teh sendiri," jelasnya.

Sri memasarkan produknya hingga Jawa Timur dan tak jarang beberapa orang datang langsung untuk membeli teh olahan tangannya tersebut.

"Surabaya dan sekitarnya sangat laku, rasnya juga berbeda kalau teh buatan pabrik tampak gelap saat disedu, Teh Surya justru lebih pekat dan bisa disimpan selama 10 bulan dengan catatan tak terkena air dan tetap kering," bebernya.

Ia menjual dengan harga Rp 10 ribu perbungkusnya, dengan ukuran sekitar 250 gram.

"Alam sudah menyediakan semuanya, dan jangan mau ditipu dengan olahan yang sering dicampur bahan kimia, karena alami pastinya lebih sehat," timpalnya



Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul Pernah Coba Teh Surya? Ternyata Memiliki Antioksidan Tinggi.

Google+