Es Krim Biji Durian, Enak dan Rendah Lemak

JATENGLIVE.COM - Siapa pun tak akan menyangkal dengan kelezatan buah durian. Buah yang mengandung banyak vitamin ini, merupakan buah yang sangat disukai oleh masyarakat. Tidak akan ada yang tahan dengan baunya yang khas, daging buah yang lembut siap untuk menggoyang lidah Anda. Namun, banyak orang yang langsung membuang biji durian ini karena menganggapnya sebagai sebuah sampah yang tidak dapat digunakan lagi. Tapi tahukah kamu jika biji durian ini dapat diolah menjadi sumber makanan yang bermanfaat? Ya, biji durian ini dapat dimanfaatkan untuk pembuatan es krim.

http://bibitbunga.com/wp-content/uploads/2016/03/Biji-durian.jpg

Inovasi pembuatan es krim dari biji durian ini muncul dari Danang Desfri Abdilah, seorang siswa SMA Negeri 1 Kota Bekasi yang pada saat itu tengah duduk di kelas X.  Danang memilih biji durian sebagai bahan dasar dalam pembuatan es krim-nya karena diketahui bahwa di dalam biji durian tekandung sumber karbohidrat (28,3 g/100 g), sumber mineral (67 g/100 g), energi (520 KJ/100 g atau 124.8 kal), lemak (2.5 g), protein (2.5 g) serat (1.4 g). Dan juga vitamin B1, B2, Vitamin C, Kalsium, Kalium dan Fosfor. Tak hanya dikarenakan manfaatnya yang begitu banyak, dengan penggunaan biji durian ini juga mengurangi limbah lingkungan.

https://www.superfoods-for-superhealth.com/images/durian-fruit-pods-on-plate.jpg

Pada mulanya, Danang membuat es krim biji durian ini untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Tingkat SMA/SMK oleh Dinas Pendidikan Bekasi. Dan tak disangka inovasi yang dimunculkan ini mendapatkan Juara I. Tidak hanya dalam tingkat kota, melainkan juga dalam tingkat nasional mendapat Juara 2 LKTI IPB Agronomi Nasional. Dengan prestasi yang membanggaan ini membuat Danang semakin semangat untuk memproduksi hasil inovasinya.

Pembuatan es krim biji durian ini pun tidak membutuhkan perlengkapan yang rumit dan  dapat dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini tahapan dalam pembuatan es krim biji durian :

  • Merendam biji durian dalam air selama 12 jam
  • Mencuci biji durian
  • Mengupas biji durian
  • Merebus biji durian yang telah dikupas,  Memberi garam ke biji durian
  • Memotong biji durian menjadi lebih kecil agar mudah diaduk dalam blender
  • Menyaring biji durian yang telah diblender untuk mendapatkan sarinya
  • Mencampurkan sari biji durian dengan perisa untuk mendapatkan rasa yang sesuai selera

Jika semua tahapan sudah dilakukan, es krim biji durian disimpan di dalam lemari pendingin hingga membeku. Setelah itu es krim biji durian siap untuk disantap. Sayangnya, karena keterbatasan waktu dan biaya, Danang tidak bisa memproduksi es krim biji durian ini dalam skala yang besar. Karena terbuat dari biji durian yang kaya akan karbohidrat, mineral, protein, kalsium, fosfor, kalium dan vitamin, es krim ini sangat cocok untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.

Selain itu es krim biji durian juga rendah lemak sehingga sangat cocok untuk orang dewasa atau anak-anak yang obesitas dan juga orang dewasa yang sedang melakukan diet. Hal ini karena kandungan lemak yang terdapat pada es krim biji durian jauh lebih kecil yaitu hanya sebesar 2,5 g/100 g sedangkan es krim yang terbuat dari susu sapi mengandung lemak sebesar 12,5 g/ 100 g. Jadi, bagi kalian yang ingin tetap mengkonsumsi es krim namun takut gendut, es krim biji durian ini bisa menjadi alternatifnya. Selamat mencoba! 

Google+