Hari Kesehatan Jiwa Sedunia, Yuk Rawat Jiwamu dengan Lima Hal ini!

Hari ini, 10 Oktober 2017 diperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia. Peringatan ini diharapkan agar kita lebih peka dengan kesehatan mental yang biasanya dihubungkan dengan kebahagiaan dan fisik yang sehat. Nah di hari ini yuk ikut rayain dengan meningkatkan kesehatan jiwamu. Ini dia lima hal yang bisa kamu lakuin.

1. Istirahat yang cukup

Kalau udah pusing dan tertekan dengan banyak kegiatan, maka carilah waktu untuk istirahat dan santai. Dengarkan tubuh kita sendiri. Jika tubuh sangat lelah, berikan waktu untuk tidur. Selain itu lakukan kegiatan seperti mendengarkan musik, membaca, menonton film, atau mencoba kegiatan baru yang menyenangkan. Kamu juga juga dapat melakukan pengaturan pernapasan, yoga, atau meditasi. Menggunakan waktu 10 menit untuk istirahat dalam satu hari yang sibuk akan membantu kita mengatasi tekanan dengan lebih baik.
 

2. Berolahraga

Olahraga gak perlu ke gym kok.  Disela-sela kesibukan pekerjaanmu, kamu juga masih bisa berolahraga sedikit. Dengan berjalan kaki di pagi hari misalnya. Berjalan santai sambil menikmati matahari pagi nan sehat itu menyenangkan, lho. Untuk kamu yang punya waktu luang sepulang kantor, cobain deh jogging mengitari gedung atau ke taman terdekat untuk olahraga singkat.

3. Luangkan waktu untuk melakukan hobi

Carilah hobi positif yang bisa membuat Kamu bahagia dan terus bahagia. Sesederhana memilih olahraga yang paling digemari, hobi yang membuat Kamu melupakan segala kepenatan, hingga kebiasaan saat masih kanak-kanak yang tak lagi dilupakan seiring tumbuh dewasa. Jangan malu untuk tertawa lepas, melakukan kesalahan hingga bersikap kekanakan. Tak ada manusia yang sempurna dan semua orang hanya ingin hidup damai dan bahagia.

 

4. Hangout bareng temen

Aturlah waktu untuk berkumpul bersama sahabat-sahabat tersayang. Berkumpul dengan sahabat yang jarang kita temui bisa membuat kita merasa  lebih bahagia dengan berbagi cerita maupun melakukan hal-hal seru bersama sahabat.

 

5. Mengunjungi alam

Tidak perlu jauh-jauh ke gunung ataupun pantai, cukup mengunjungi waduk dekat rumah ataupun duduk atau berjalan di ruang terbuka. Sebaiknya yang dikelilingi pepohonan dan udara segar. Hal ini secara instan akan mengangkat sedikit banyak tingkat stress dalam pikiran dan mengisi kembali energi dalam tubuh. 

 

 

 

Google+