Jangan Sepelekan Rempah Yang Satu Ini, Karang Gigi Bakal Rontok!

JatengLive.com – Gigi yang putih merupakan dambaan semua orang, tidak hanya perempuan saja akan tetapi laki-laki juga menginginkannya. Terkadang keindahan  gigi akan tetutupi dengan munculnya karang gigi. Karang gigi sendiri merupakan kondisi dimana terdapat kotoran yang mengeras atau membatu di lapisan gigi sehingga sulit untuk dibersihkan. Penyebabnya munculnya karang gigi biasanya berasal dari sisa-sisa makanan yang menempel pada email gigi dan tidak segera dibersihkan. Sisa makanan yang tidak segera dibersihkan  bercampur dengan bakteri, dan membentuk plak putih. Lalu, plak putih bercampur dengan air liur yang mengandung mineral, sehingga terjadi proses mineralisasi dan terbentuklah karang gigi. banyak hal dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi, salah satunya dengan cara alami.

Salah satu bahan alami untuk menghilangkan karang gigi yang cukup efektif adalah cengkeh. Cengkeh biasanya kita gunakan untuk salah satu bahan masakan, tetapi dengan kandungan minyaknya cengkeh dapat berubah menjadi obat yang manjur untuk merontokkan karang gigi. lalu bagaimana cara pengaplikasiannya? Hanya dengan mencampur 1 sdt bubuk cengkeh ke dalam sedikit minyak zaitun. Campuran tersebut kemudian diaplikasikan ke gigi. Sebelum dibersihkan dengan kumur-kumur air hangat, biarkan aplikasi tersebut beberapa menit terlebih dahulu. Aplikasi ini bisa dilakukan 2 kali sehari hingga gigi terlihat bersih, direkomendasikan juga untuk mengunyah 1-2 cengkeh untuk menjaga kesehatan mulut.

Anda bisa mengikuti beberapa tips untuk mencegah munculnya karang gigi digigi anda seperti :  

  • Biasakan menggunakan obat kumur
  • Sikat gigi secara rutin dan teratur, 3x sehari
  • Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi atau sikat interdental
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin dan berkala ( 6 bulan sekali )
  • Perbanyak konsumsi air putih
  • Kurangi mengkonsumsi gula, cream, atau makanan manis lainnya

Jadi jagalah kesehatan dan keindahan gigi anda dari serangan karang gigi sehingga anda lebih percaya diri saat bertemu dengan teman, sahabat, atau kekasih anda.

Google+