Kenali 5 Jenis Bawang dan Fungsinya

Ada beberapa macam bawang yang sejak dahulu diusahakan untuk kepentingan sendiri maupun memenuhi permintaan pasar.Beberapa macam bawang termasuk dalam kelompok yang diusahakan/dibudidayakan untuk kepentingan komersial. Berikut jenis-jenis bawang yang sering diusahakan oleh masyarakat luas :

1. Bawang Merah

Related image

Jenis bawang yang banyak didapatkan di setiap dapur rumah tangga di Indonesia. Bawang ini bisa digunakan untuk memasak atau dimakan mentah. 

2. Bawang Putih

Image result for bawang putih

Jenis bawang yang satu ini memiliki warna putih dan bentuk yang cenderung lonjong. Rasanya pun cenderung kuat dan manis. Bawang putih ini biasanya digunakan dalam kreasi masakan China

3. Bawang Bombay

Image result for bawang bombay

Bawang jenis ini bentuknya besar, dengan warna putih atau merah. Bawang bombay memberikan aroma wangi yang ringan, biasanya ditumis terlebih dahulu agar masakan lebih harum. Bawang bombay merah juga sering digunakan sebagai campuran salad atau kaldu

4. Bawang Bakung

Related image

Jenis ini dikenal juga dengan nama Welsh onion, ciboule (sibol), bawang jepang (Japanese bunching onion), atau bawang sop. Daunnya bulat, panjang, dan berongga seperti pipa. Ukuran dan susunannya mirip daun bawang merah.

5. Bawang Kucai 

Related image

Dikenal dengan nama daun kucai, kucai sunda, garlic chives atau prei china. Daunnya berbentuk seperti jarum dan pipih seperti rumput. Ukurannya sangat kecil sperti rumput teki.Bentuknya berupa daun memanjang, tidak berongga, dan berwarna hijau segar. Aromanya mirip dengan bawang putih. Biasanya digunakan untuk campuran Tempe Mendoan, taburan bumbu ayam, atau bumbu masakan tumisan. Di pasaran dijual dalam kondisi segar. 

Google+