Kue Cucur, Jajanan Pasar yang Dirindukan

JATENGLIVE.COM, - Apa yang menjadi alasanmu untuk pergi ke pasar? Menemani ibu berbelanja atau justru tergiur dengan aneka jajanan pasar yang dijual? Yaa, pasar memang merupakan surga kecil untuk aneka jajanan yang murah tetapi memiliki cita rasa yang menggiurkan. Sayangnya, seiring berjalannya waktu aneka jajanan ini pun mulai sulit untuk ditemukan. Berikut ini adalah daftar jajanan pasar yang mungkin kamu rindukan.

Kue cucur

Kue yang berasal dari tanah Sulawesi ini merupakan kue yang memiliki cita rasa manis dan cukup gurih. Bentuknya yang unik membuat tampilan dari kue cucur ini semakin menarik. Kue yang berbahan dasar dari tepung beras dengan campuran gula merah di dalamnya memiliki tekstur yang berserat sehingga sangat memanjakan lidah.

Kue rangi

Jajanan pasar ini merupakan jajanan khas dari Betawi. Biasanya dalam festival kuliner Betawi, kue rangi tidak pernah absen. Tetapi cukup sulit untuk menemukannya selain di festival – festival kuliner. Kue rangi terbuat dari tepung sagu dimana adonan tersebut di panggang dalam cetakan khusus di atas tungku kecil. Kue rangi disajikan dengan cairan gula merah yang dikentalkan semakin menggoda lidah kamu.

Kerak telor

Seperti kue rangi, kerak telor ini merupakan jajanan asli tanah Betawi. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di daerah Kota Tua ataupun saat Pekan Raya Jakarta. Jajanan ini terbuat dari nasi yang dicampur dengan bumbu-bumbu dan telor (bisa telur ayam atau telur bebek). Adonan dikocok lalu dimasak  di atas kuali kecil di atas bara hingga menjadi kerak. Setelah matang, kerak telor ditaburi dengan serundeng dan bawang goreng.

Putu

Kue putu merupakan kue yang berisi gula jawa dan parutan kelapa disertai tepung beras butiran kasar. Kue ini dikukus dengan meletakkannya di tabung bambu yang sedikit dipadatkan. Dalam proses pengukusan terdengar suara khas dari kue putu ini. Biasanya dijual pada saat matahari terbenam.  Warna dari kue putu ini adalah putih dan hijau. Rasanya yang manis dan gurihnya parutan kelapa di atasnya menjadi kenikmatan sendiri bagi siapa pun yang memakannya.

Lupis

Lupis atau lopis merupakan jajanan favorit bagi masyarakat di tanah Jawa. Kue manis ini terbuat dari beras ketan. Kamu dapat menambah kemanisannya dengan adanya kelapa parut dan gula aren. Biasanya dimakan pada saat sarapan atau teman minum teh pada sore hari. Sayangnya, jajanan ini pun mulai langka di pasar maupun pedagang keliling di sekitar rumah.

Google+