Lima Tips Bibir Tetap Sehat dan Segar saat Puasa

JATENGLIVE.COM - Bibir pecah-pecah dan kering saat puasa, itu hal yang biasa terjadi. Wajar, selama sekitar 14 jam, tidak ada asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Hal tersebut secara tidak langsung  dapat menurunkan rasa percaya diri, khususnya bagi perempuan. Lalu bagaimana tips mencegah agar bibir tidak pecah-pecah dan kering saat puasa?

Ini dia 5 tips bibir tetap sehat saat bulan puasa :

1. Menghindai Minuman Mengandung Kafein Mengandung Kafein saat Berbuka dan Sahur

Kebiasaan kebanyakan orang saat puasa justru makan dan minum apa saja lebih banyak dan lebih tidak teratur dari biasanya. Selama masa puasa, hindarilah atau paling tidak batasi asupan kafein karena kafein tinggi pada minuman bisa membuat kelembaban kulit berkurang.

2. Mengandung Madu

Untuk mencegah supaya bibir tidak kering maupun pecah-pecah, cobalah untuk memanfaatkan madu murni. Karena sedang puasa, maka madu ini tidak dapat digunakan sewaktu tengah hari sebab cara penggunaannya adalah dengan mengoleskannya di bagian bibir.

3. Menghindari Makanan Asin dan Pedas

Bagi yang mempunyai bibir kering atau yang biasanya mudah menjadi kering, berbuka dengan makanan pedas dan asin selama puasa mungkin memang nikmat, tapi tak akan menguntungkan bagi kondisi bibir demikian. Karena makanan pedas dan asin selain membuat bibir kering juga tenggorokan pun jadi ikut mudah kering sehingga lebih cepat terasa hausnya.

4. Perbanyak Minum Air Putih Saat Buka dan Sahur

Sebenarnya sudah sangat jelas bahwa ketika bibir seseorang kering, itu artinya tubuhnya mengalami kekeringan atau kekurangan cairan, maka yang bisa mencegah agar bibir tidak kering terutama saat berpuasa adalah dengan minum banyak air putih. Untuk meminumnya tentu bukan saat siang hari, tapi hanya di saat buka dan sahur saja.

5. Mengonsumsi Sayur dan Buah baik Sewaktu Sahur dan Buka

Tak hanya konsumsi air putih yang diutamakan di sini karena untuk menurunkan risiko bibir kering, perawatan dari dalam dengan memperbanyak makan sayur serta buah segar juga penting. Ketika berbuka maupun sahur, jangan hanya berfokus pada makanan-makanan berlemak tinggi, tapi cobalah untuk mengimbangi dengan sayur dan buah yang kaya mineral dan vitamin. Ingat bahwa vitamin A, vitamin E dan C begitu juga antioksidan terkandung penuh di dalam buah, beserta asam lemak esensial bagi tubuh yang berperan membuat kulit lembab dan mencegah kekeringan pada kulit secara ampuh dan efektif.

Jika langkah sederhana tersebut diikuti, puasa bukan halangan untuk tetap tampil cantik sepanjang hari.

Google+