Prosesi Pernikahan Adat Jawa Beserta Filosofi yang Terkandung Didalamnya

JATENGLIVE.COM - Hari ini merupakan hari bersejarah bagi Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution yang akan mengucaapkan janji suci sehidup semati sebagai suami istri. Pernikahan putri semata wayang Presiden Joko Widodo ini mngusung tema nusantara dengan mnggunakan adat Jawa. Dari serangkaian acara yang diakukan dikediamannya, adapun makna yang terkandung dari setiap prosesi yang dilaksanakan.   

Wilujengan Kenduri

Wilujengan kenduri ini berupa pengajian dengan sanak saudara terdekat dan para tetangga. Kenduri memiliki arti selamatan yang bertujuan untuk memberikan doa keselamatan agar acara berjalan dengan lancer.

Pemasangan Bleketepe, Siraman, Sadeyan Dawet dari Pihak Putri

bleketepe adalah daun kelapa yang masih hijau dan dipasang mengelilingi area pernikahan. Itu merupakan simbol dari penyucian lokasi. elain menyucikan lokasi, bleketepe juga bermakna tolak bala. Diharapkan, dengan adanya bleketepe itu, sepanjang upacara perkawinan berjalan lancar dan terhindar dari hal jahat. Itu juga penanda bahwa di rumah itu akan ada hajatan besar. Lazimnya, ada beberapa tandan pisang dan buah kelapa.

Setelah pemasangan bleketepe dilanjutkan dengan siraman pengantin yang menandai untuk terakhir kalinya dia dimandikan oleh orang tuanya sebelum menikah. Air untuk siraman ini diambil dari 7 sumber mata air berbeda dan salah satunya adalah dari sumber mata air kediaman yang punya hajat. Dilanjutkan dengan sadeyan dawet yaitu jualan dawet oleh orang tua mempelai putri yang melambangkan kemakmuran nantinya setelah berumah tangga.  

Siraman Pihak Putra

Setelah pihak putri melakukan saraman, air siraman dari pihak putrid diantarkan kepada mempelai laki-laki utnuk selanjutnya dilakukan siraman oleh pihak laki-laki.

Serah Terima Paningset dan Midodareni

Kemudian malamnya adalah serah terima panngset dan midodareni. Serah terima paningset ini adalah seserahan yang diberikan pihak laki-laki kepada pihak perempuan. Dan malam midodareni ini calon pengantin putri tidak boleh dipertemukan dengan calon pengantin perempuan. Calon pengantin putri disimpan didalam kamar dan ditemani oleh teman-teman perempuannya untuk diberikan nasihat-nasihat oleh sesepuh. Nah dikediaman calon pengantin putri ini calon pengantin putra hanya diperbolehkan meminum air putih. Tidak boleh memakan makanan yang disajikan dikedaman calon pengantin putri.  

Ijab Qobul

Ijab Qobul adalah puncak dari prosesi pernikahan yang ditunggu-tunggu. Pengucapan janji suci  sehidup semati sebagai sepasang suami istri ini menjadi acara sacral dari sebuah pernkahan.

Nah begitulah serangkaian prosesi pernikahan dari adat Jawa ya guys. Memang terlihat rumit, namun memiliki makna yang mendalam ya ternyata.   

Google+