Rondo Royal Camilan Khas Jepara Yang Melegenda

JATENGLIVE.COM, Jepara – Jika Jepara terkenal sebagai kota ukiran dan aneka olahan ikannya, siapa sangka kalau Jepara juga menyimpan kuliner ringan yang menggoda? Yaa, namanya adalah Rondo Royal. Namanya saja bikin kamu penasaran bukan? Keunikan nama dari makanan ini belum jelas berawal dari mana. Tetapi jika diartikan dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia, Rondo Royal ini berarti Janda Mewah. Rondo dalam bahasa Jawa bisa di artikan janda, dan royal bisa di artikan mewah. Mungkin dulunya makanan ini di temukan oleh seorang janda mewah sehingga di sebut Rondo Royal. Namun dalam bahasa Jawa,kata rondo bisa diambil dari kata “rodo’/rada’”  atau “mondo”yang berarti “hampir/sedikit menyerupai”. Sehingga Rondo Royal bisa di artikan “sedikit mewah”. Mungkin dulunya, makanan satu ini merupakan makanan yang terbilang mewah sehingga di sebut Rondo Royal.

Meskipun asal usul dari pemberian nama ini masih belum jelas, namun nama inilah yang menjadi keunikan dan daya tarik bagi para penikmat kuliner untuk mencicipi camilan yang satu ini. Rondo Royal sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tape dan tepung beras. Dalam proses pembuatannya, tape yang di gunakan adalah tape singkong bukan tape ketan. Tape tersebut kemudian dihancurkan dan dibentuk bulat. Lalu tape tersebut dicelup ke adonan tepung hingga rata dan di goreng. Rondo Royal ini sangat pas bila di sajikan selagi hangat.

Tidak hanya unik dari namanya, makanan satu ini juga memiliki rasa yang unik juga. Perpaduan rasa manis dan asam dari tape dan rasa asin dari tepung beras sangat terasa pada Rondo Royal ini. selain itu rasa kriuk pada bagian luar dan rasa lembut pada bagian dalam menberikan sensasi yang khas saat menikmatinya.

Google+