Sayangi Jantungmu Dengan Makan Sayuran Ini!

JATENGLIVE.COM – Jantung merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh kita. Tahukah kalian sayuran apa saja yang baik untuk kesehatan jantung kita? Berikut ini beberapa jenis sayuran yang baik untuk kesehatan jantung kita :

Asparagus

https://fthmb.tqn.com/Zmo0mDD9fFrxSjDDopTNpwKtCQM=/2000x1250/filters:fill(auto,1)/Asparagus-584dcee63df78c491e8cd670.jpg

Asparagus mungkin bukan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Asparagus banyak dijual di supermarket sebagai sayuran impor. Tapi tahukah kalian jika sayuran yang satu ini memiliki kandungan gizi yang sangat penting bagi jantung, yaitu serat, vitamin B, dan asam folat. Vitamin B dalam asparagus berfungsi untuk mengatur sistem homosistein yang dapat mencegah serangan jantung. Selain itu kandungan zat anti-inflamasi dalam asparagus juga bisa mencegah serangan jantung. Sayuran ini juga dikenal sebagai makanan penurun berat badan yang super cepat.

Paprika Merah

http://wartakesehatan.com/uploads/content/.thumb/user-Dirkchristian/untitledfolder/large-paprikamerah.jpg

Paprika merah adalah salah satu jenis sumber makanan yang banyak mengandung nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Di dalam satu buah paprika merah ditemukan lebih dari 30 jenis karotenoid. Beberapa zat karotenoid yang paling tinggi adalah seperti alpha-karoten, beta-karoten, lutein, cryptoxantin dan zeaxantin. Selain itu paprika merah juga mengandung zat flavonoid antara lain seperti quercetin, hesperidin dan luteolin. Bahkan paprika merah juga memiliki kandungan zat anti oksidan yang sangat tinggi. Beberapa kandungan lain yang sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan jantung adalah vitamin E, asam folat, vitamin B6, vitamin A dan serat.

Wortel

http://cdn2.tstatic.net/style/foto/bank/images/wortel_20171028_175824.jpg

Wortel adalah jenis sayuran yang mudah didapatkan. Selain itu wortel juga bisa dikonsumsi menjadi berbagai macam olahan. Sayuran ini adalah makanan kaya serat yang sangat baik untuk nutrisi dalam tubuh. Selain itu dalam wortel terdapat kandungan yang sangat baik untuk jantung, yaitu beta – karoten. Selain itu di dalam wortel juga terdapat kandungan seperti asam folat, vitamin B6, potassium, magnesium dan tiamin. Semua kandungan wortel tersebut bisa membangun otot jantung, mencegah stroke dan juga membentuk sistem syaraf dalam tubuh.

Brokoli

https://storage.googleapis.com/manfaat/2014/08/manfaat-brokoli.jpg

Mayoritas dari masyarakat mungkin kurang menyukai brokoli. Tapi tahukan kalian jika di dalam brokoli terdapat beberapa kandungan zat gizi yang sangat penting untuk tubuh antara lain: serat, vitamin C, vitamin B6, vitamin A, dan kalium. Bahkan brokoli juga memiliki kandungan anti oksidan, glukobrasin, karotenoid seperti zeaxantin, beta-karoten, dan flavonoid. Brokoli bisa menjaga kesehatan jantung dengan cara mengurangi kadar kolesterol dalam darah, menjaga pembentukan pembuluh darah, dan sebagai anti – inflamasi. Brokoli mengandung protein tinggi yang bisa mencegah serangan jantung koroner.

Mulai sekarang, yuk kita biasakan untuk makan sayur!

Google+