Google Rilis YouTube Music di Indonesia

Google akhirnya resmi merilis layanan YouTube Music di Indonesia. Setelah rilis di beberapa negara, Google memutuskan membawa YouTube Music ke Indonesia. Google menyebutkan, industry musik di Indonesia cukup potensial sehingga Indonesia menjadi salah satu negara dari beberapa negara di Asia Tenggara yang kebagian aplikasi YouTube Music. "YouTube Music meluncur (serentak) di tujuh negara lain, lima di antaranya ada di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia," ujar Head of Music Content Partnerships, YouTube & Google Play (ANZ & SEA), Ruuben Van Den Heuvel kepada KompasTekno lewat video conference di kantor Google di Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Konsep aplikasi YouTube Music mirip seperti Spotify yang sudah lebih dulu masuk ke Indonesia sejak lama. Pengguna bisa menikmati streaming musik lewat aplikasi YouTube Music. Sama halnya dengan Spotify, pengguna dengan layanan gratis harus rela mendengarkan iklan, sedangkan pengguna akun premium tidak. 

Yang membedakan YouTube Music dengan Spotify adalah cara pencarian musiknya. YouTube Music menggunakan fitur Google Smart Search seperti pada website Google. Fitur ini memudahkan pengguna untuk mencari judul lagu dengan kata kunci apapun, seperti berdasarkan lirik lagunya. "Kami menggunakan Google Smart Search untuk menelusuri dan memahami apa yang ingin pengguna cari," kata Product Manager YouTube Music, Brandon Bilinski dalam kesempatan yang sama. Selain mendengarkan, pengguna juga bisa mendengarkan video klip lagu yang sedang diputar. Untuk menelusuri lagu yang sedang viral, pengguna bisa menggunakan fitur “Video Hotlist”.

Harga berlangganan YouTube Music Premium dipatok sebesar Rp. 49.000,-. Dengan berlangganan premium, pengguna dapat menikmati mendengar lagu tanpa diselingi iklan dan mengunduh lagu untuk didengarkan secara offline. Aplikasi YouTube Music bakal tersedia di Google Play Store dan iOS App Store di Indonesia pada 7 November 2019. Sebagai masa pengenalan yakni periode 7 November – 26 November 2019, Google menawarkan 3 bulan gratis akses YouTube Music Premium bagi pengguna yang mengunduh aplikasinya.
 

Keyword:
Google+