Hati - Hati Jika Menerima Sandi Aneh DI WhatsApp, Jika Tidak WhatsApp Akan Crash

Pengguna WhatsApp harus berhati-hati karena ada pesan berisi karakter aneh, yang salah satunya huruf India yang jika diterima bisa membuat aplikasi mereka jadi crash dan tidak bisa dibuka. Selain itu mereka juga harus waspada jika menerima kontak atau vcards dalam jumlah yang banyak.Setiap kontak memiliki nama sangat panjang yang juga berisi kode pengrusakan. Beberapa kasus malah membuat vcard berisi Payload.

Nama yang dipakai biasanya menggunakan beberapa istilah, seperti Travar, Binario, Contact bomb, TravaZap atau Crasher. "Pesan mengerikan ini sangat berbahaya bagi pengguna WhatsApp. Anda akan menerima pesan yang berisi karakter aneh dari sebuah kontak. Jika dibaca, maka pesan ini tidak akan masuk akal," ungkap WhatsApp.

 

tribunnews
Pesan berisi bug ini bisa bikin WhatsApp crash  / Deccan Chronicle 

 

Beberapa tahun yang lalu ada pesan berisi titik berwarna hitam yang berisi karakter yang tidak bisa dibaca oleh WhatsApp atau Android dan membuat aplikasi crash.

Pesan berisi karakter aneh yang terjadi baru-baru ini menjadi sorotan WABetaInfo.  WABetaInfo yang merupakan blog yang sering membagikan informasi update terbaru WhatsApp mengatakan jika pesan aneh itu sebagai "scary messages".

Kombinasi dari karakter-karakter aneh ini akan mengakibatkan situasi di mana WhatsApp tidak bisa memproses pesan tersebut dan berujung pada infinite crash. Artinya ketika pengguna mencoba membuka WhatsApp, aplikasi akan membeku kemudian crash dan akan terus berulang. WhatsApp sendiri belum menemukan solusi untuk mengatasi masalah ini, namun WABetaInfo juga sudah beberapa kali mengungkap masalah seperti ini di Twitter, dan ia menemukan pengguna dari Brazil yang paling sering menerima pesan aneh seperti ini.

Banyak grup WhatsApp yang digunakan untuk saling berbagi dan menyebarkan pesan mengerikan ini. Pesan ini diciptakan untuk menyerang platform tertentu, jadi ada grup WhatsApp yang membagikan kode untuk membekuk WhatsApp di Android, dan ada grup lainnya yang membagikan pesan mengerikan untuk WhatsApp di iOS.

Meski belum ada solusi dari WhatsApp ada beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk menyelamatkan akun WhatsApp dari serangan pesan mengerikan ini. Jika kalian menerima pesan mengerikan, langsung blokir kontak tersebut lewat WhatsApp Web.Ubah pengaturan privasi grup menjadi 'My Contacts' atau 'My Contacts except...'. Segera hapus pesan yang berisi kode crash tersebut lewat WhatsApp Web jika masih bisa.

Namun jika aplikasi sudah terlanjur crash, maka tidak ada cara lain selain reinstal WhatsApp yang akan membuat chat histori hilang. Maka disarankan untuk selalu mem back up histori chat WhatsApp.

 

 

Keyword:
Google+