Pekerjaan Idaman Kaum Milenial







Organisasi untuk Kerja Sama dan pembangunan Ekonomi (OECD) baru saja mengeluarkan laporan yang berjudul Pekerjaan Impian: Aspirasi Karir Remaja dan Masa Depan Dunia Kerja. Di dalam laporan tersebut dijelaskan, sebagian besar pelajar SMA di dunia masih menginginkan pekerjaan-pekerjaan tradisional sebagai cita-cita mereka kelak ketika memasuki dunia kerja. Pekerjaan seperti dokter, guru, dan pengacara adalah pekerjaan yang paling diidam-idamkan oleh remaja di dunia.

Bagaimana dengan Indonesia? Di Indonesia sendiri, persentase remaja yang berharap untuk bisa bekerja di salah satu dari daftar 10 pekerjaan yang paling sering disebut, yaitu mencapai 68 persen, cukup tinggi jika dibandingkan dengan negara lain yang juga terlibat dalam survei ini, yaitu di kisaran 30 persen hingga 50 persen. Dalam melakukan riset tersebut, OECD melakukan survei terhadap penduduk usia 15 tahun di 41 negara pada tahun 2018 lalu untuk mengetahui apa yang ingin mereka lakukan dan profesi apa yang diinginkan ketika beranjak dewasa kelak Berdasarkan hasil studi yang dilakukan tahun 2018 tersebut terlihat, 10 jenis pekerjaan yang paling sering disebut oleh pelajar SMA di Indonesia cukup beragam.

Hasil gambar untuk milenial

ilustrasi Merdeka.com

Untuk remaja perempuan misalnya, banyak dari mereka yang menginginkan untuk bisa menjadi manajer bisnis ketika mereka berusia 30 tahun kelak (20,6 persen), hal yang sama juga terjadi untuk remaja laki-laki (25,6 persen). Selain itu, beberapa pekerjaan lain yang populer di kalangan pelajar Indonesia adalah pekerja di galeri, museum atau perpustakaan, detektif dan inspektuf polisi, serta pekerja mekanik dan reparasi kendaraan bermotor. Bahkan pelajar laki-laki banyak pula yang ingin menjadi ustaz atau pemuka agama ketika dewasa kelak. Jika dibandingkan dengan Jerman misalnya, yang dinilai OECD cukup imajinatif dalam mengutarakan karir impiannya, untuk pelajar SMA perempuan sebagian besar ingin menjadi guru, dokter, pengasuh anak, psikolog, perawat, arsitek, polisi, desainer dan pengacara.

Sementara untuk remaja laki-laki di Jerman, sebagian besar dari mereka bermimpi menjadi profesional di bidang IT, pekerja mekanik dan reparasi di bidang industri dan perkebunan, pekerja mekanik dan reparasi kendaraan bermotor, polisi, guru, profesional di bidang science serta engineering, dokter, insinyur, arsitek hingga olahragawan. Berikut daftar jenis pekerjaan yang paling diinginkan pelajar SMA di usia 30 tahun:

Perempuan

Manajer bisnis 20,6 persen Dokter 15,7 persen Guru 15,4 persen Pekerja di galeri seni, museum atau perpustakaan 5,1 persen Detektif atau inspektur polisi 4,6 persen Bidan 3,2 persen Desainer 2,3 persen Pekerja pemerintahan 2 persen Apoteker 1,9 persen Tentara 1,8 persen

Laki-laki

Manajer bisnis 25,6 persen Guru 9,2 persen Tentara 7,1 persen Pekerja di galeri seni, museum atau perpustakaan 6,3 persen Dokter 6,3 persen Polisi 4,4 persen Pekerja mekanik dan reparasi kendaraan bermotor 3,4 persen Detektif atau inspektur polisi 2,2 persen Pemuka agama 2 persen Pekerja penjualan 1,9 persen 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pekerjaan Apa yang Paling Diinginkan Pelajar SMA? Simak Daftarnya", https://money.kompas.com/read/2020/01/27/080700526/pekerjaan-apa-yang-paling-diinginkan-pelajar-sma-simak-daftarnya?page=all#page2.
Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Erlangga Djumena

Keyword:
Google+