Sejarah Hari Ini: Aktor Pantomim Charlie Chaplin Lahir

Tepat hari ini, Charles Spancer Chaplin atau populer sebagai Charlie Chaplin

Siapa yang tidak kenal dengan pria yang satu ini, tampil sebagai ikon era film bisu dengan menggunkan setelan tuksedo hitam, kumis hitam yang khas, topi pesulap, dan tongkat yang dibawa kemanpun. Chaplin merupakan salah satu seniman yang bergelut dalam film bisu dan hanya menampilkan gerakannya saja. Selain itu, ia juga dikenal sebagai, komposer, penulis, sutradara, dan produser.

Tidak ada catatan resmi tentang kelahirannya, meskipun Charlie Chaplin yakin dia lahir di East Street, Walworth, London Selatan pada16 April 1889 dengan nama lengkap  Charles Spencer Chaplin . Dikutip dari charliechaplin.com, Charlie lahir dari seorang ayah Charles Chaplin Sr  yang merupakan vokalis dan aktor yang serba bisa. Sedangkan ibunya merupakan seorang aktis dan penyanyi yang kerap tampil dalam panggung opera dengan nama panggung Lily Harley (nama lahir  Hannah Harriet Pedlingham Hill).

Belum genap 10 tahun, Charlie Caplin harus kehilangan sang ayah yang meninggal. Kesehatan ibunya yang memburuk berdampak pada keuangan keluarga Chaplin. Chaplin dan kakak tirinya akhirnya dikirim ke sekolah asrama umum untuk anak yatim piatu dan anak-anak miskin. Chaplin menghabiskan waktu sekitar 18 bulan di sana, periode sekolah berkelanjutan terpanjang yang pernah dia terima.

PERJALANAN KARIR

Karir profesional Chaplin dimulai ketika bergabung Eight Lancashire Lads, sebuah pertunjukkan tari bakiak pada 1897

Charlie memulai karir sebagai komedian di Vaudeville, yang akhirnya membawanya ke Amerika Serikat (AS) pada 1910 sebagai pemain unggulan di Fred Karno Repertoire Company

Ia mengembangkan keterampilan komedinya dengan bantuan perusahaan Fred Karno, di mana saudara tirinya telah menjadi pelawak populer saat itu. Chaplin pun mencetak hit pertamanya di AS, melalui karakterisasinya dalam sketsa berjudul "A Night in an English Music Hall". 

Ketika rombongan Fred Karno kembali ke AS pada musim gugur 1912 untuk tur ulang, Chaplin ditawari kontrak film.

Ketenaran Chaplin dimulai pada 1915 setelah perannya dalam film The Tramp. Di film ini pula Chaplin terkenal dengan setelan tuksedo, kumis, dan tongkatnya. Dalam film ini pula Chaplin mulai menggunakan gerakan pantomim dan gerakan nyentrik untuk menjadi ikon baru dalam film bisu.

Karir Chaplin mulai menanjak perlahan ketika memeranin berbagai karakter di film bisu tersebut, salah satunya karakter ia sebagai gelandangan kocak. Adapun film-film tersebut Seperti :

  • The Floorwalker
  • The Fireman
  • The Vagabond,
  • One A.M
  • The Count
  • The Pawnshop 
  • The Rink
  • The Immigrant

Begitu banyak film yang telah ia bintangi, membuat Chaplin hidup bergelimang harta. Dengan uang yang berlimpah, ia membuat studio film di La Brea Avenur, Hollywood. Studio ini digunakannya sebagai alat berkesenian dan membuat genre film baru yang disebutnya musik visual.

Dari studio ini banyak karya-karya yang dihasilkannya seperti The Circus (1928), yang mengisahkan seorang gelandangan bergabung dalam pertunjukan sirkus. Kemudian City Light (1931), dimana Chaplin yang berperan sebagai gelandangan jatuh cinta dengan gadis tuna netra dan berkawan dengan jutawan pemabuk. Selain itu masih ada film Modern Times (1936), The Great Dictator (1940), dan Monsieur Verdoux (1947).

Pada 1952, Charlie Chaplin tidak bisa masuk ke Amerika Serikat setelah FBI menuduhnya tergabung dalam Partai Komunis Amerika Serikat (CPUSA). Selain itu ia juga dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap wanita di bawah umur. 

PERSONAL LIFE

Charlie Chaplin telah menikah sebanyak tiga kali dengan tiga remaja. 

File:Mildred Harris in the film "Habit" (SAYRE 3887).jpg - Wikimedia Commons

Chaplin menikah untuk pertama kalinya dengan aktris berusia 16 tahun Mildred Harris  yang mangaku mengandung anaknya, dan pada September 1918, Chaplin menikahi Harris diam-diam di Los Angeles untuk menghindari kontroversi.  Namun kehamilan tersebut ternyata palsu. Chaplin tidak senang dengan pernikahan tersebut dan, merasa bahwa pernikahan menghambat kreativitasnya, berjuang untuk produksi filmnya Sunnyside. 

Pada thaun 1919 akhirnya Harris mengandung anak Chaplin dan pada 7 Juli 1919, melahirkan seorang putra. Norman Spencer Chaplin lahir cacat dan meninggal tiga hari kemudian. Pernikahan itu berakhir pada bulan April 1920, dengan Chaplin menjelaskan dalam otobiografinya bahwa mereka "tidak dapat didamaikan". 

Pada tahun 1924 Chaplin menikah untuk kedua kalinya dengan  Lita Grey  seorang aktris remaja, yang secara mengejutkan mengumumkan kehamilannya yang memaksa Chaplin menikah. Dia berusia 16 dan dia 35, yang berarti Chaplin bisa dituntut dengan pemerkosaan menurut undang-undang California. Karena itu, dia mengatur pernikahan rahasia di Meksiko pada 25 November 1924.

Lita Grey e Sydney e Charles, filhos de Chaplin | Beverly Hi… | Flickr

Mereka awalnya bertemu selama semasa kecil dan dia sebelumnya muncul dalam karyanya The Kid and The Idle Class. Putra pertama mereka,  Charles Spencer Chaplin, Jr., lahir pada 5 Mei 1925, diikuti oleh  Sydney Earl Chaplin pada 30 Maret 1926.

Itu adalah pernikahan yang tidak bahagia, dan Chaplin menghabiskan waktu berjam-jam di studio untuk menghindari bertemu dengan istrinya. Pada November 1926, Gray membawa anak-anak dan meninggalkan rumah keluarganya. Sebuah perceraian pahit terjadi, di mana aplikasi Grey - menuduh Chaplin perselingkuhan, pelecehan, dan menyembunyikan "hasrat seksual yang menyimpang" - bocor ke pers.

Ingin mengakhiri kasus ini tanpa skandal lebih lanjut, pengacara Chaplin menyetujui penyelesaian tunai sebesar $ 600.000 - yang terbesar diberikan oleh pengadilan Amerika pada saat itu. Basis penggemarnya cukup kuat untuk bertahan dari insiden tersebut, dan itu segera terlupakan, tetapi Chaplin sangat terpengaruh olehnya.

Paulette Goddard - Turner Classic Movies

Kesepian Chaplin terobati ketika dia bertemu dengan aktris berusia 21 tahun  Paulette Goddard  pada Juli 1932, dan pasangan itu memulai hubungan. Namun, dia belum siap untuk berkomitmen pada sebuah film, dan fokus menulis serial tentang perjalanannya (diterbitkan di Woman's Home Companion).

Beberapa waktu kemudian, Chaplin mengungkapkan bahwa mereka menikah di Kanton. Pada 1938, pasangan itu berpisah, karena keduanya sangat fokus pada pekerjaan mereka, meskipun Goddard kembali menjadi pemeran utama wanita dalam film fitur berikutnya, The Great Dictator. Dia akhirnya menceraikan Chaplin di Meksiko pada tahun 1942, dengan alasan ketidakcocokan dan perpisahan selama lebih dari satu tahun.

Dan pada tahun 1943 Chaplin menikah untuk ketiga kalinya. Dia yang saati itu sudah berumur 54 tahun mengumumkan bahwa dia telah menikahi anak didiknya, Oona O'Neill, yang berusia 18 tahun, yang merupakan putri dari penulis drama Amerika Eugene O'Neill.

Dalam otobiografinya, Chaplin menggambarkan pertemuan O'Neill sebagai "peristiwa paling membahagiakan dalam hidup saya", dan mengklaim telah menemukan "cinta yang sempurna".

8 Things You Didn't Know About Charlie Chaplin | Verve Magazine

Putra Chaplin, Charles Jr., melaporkan bahwa Oona "menyembah" ayahnya. Pasangan itu tetap menikah sampai kematian Chaplin, dan memiliki delapan anak di atas 18 tahun: Geraldine Leigh (lahir Juli 1944), Michael John (lahir Maret 1946), Josephine Hannah (lahir Maret 1949), Victoria (lahir Mei 1951), Eugene Anthony (lahir Agustus 1953), Jane Cecil (lahir Mei 1957), Annette Emily (lahir Desember 1959), and Christopher James (lahir Juli 1962).

MENINGGAL

Pada Oktober 1977, kesehatan Chaplin menurun hingga dia membutuhkan perawatan terus-menerus. Pada pagi hari tanggal 25 Desember 1977, Chaplin meninggal di rumah setelah menderita stroke saat tidur.

Dia berumur 88 tahun. Pemakaman, pada 27 Desember, adalah upacara Anglikan kecil dan pribadi, sesuai keinginannya. Chaplin dimakamkan di pemakaman Corsier-sur-Vevey.

Di antara penghargaan industri film, sutradara René Clair menulis, "Dia adalah monumen bioskop, dari semua negara dan sepanjang masa... hadiah terindah yang diberikan bioskop kepada kita." Aktor Bob Hope menyatakan, "Kami beruntung hidup pada masanya."

Charlie Chaplin & Oona Chaplin - Picture of Charlie Chaplin's Grave,  Corsier-sur-Vevey - Tripadvisor

Pada tanggal 1 Maret 1978, peti mati Chaplin digali dan dicuri dari kuburannya oleh Roman Wardas dan Gantcho Ganev. Mayat itu ditahan untuk tebusan dalam upaya memeras uang dari jandanya, Oona Chaplin. Pasangan itu tertangkap dalam operasi besar polisi pada Mei, dan peti mati Chaplin ditemukan terkubur di sebuah lapangan di dekat desa Noville. Itu dikuburkan kembali di pemakaman Corsier di lemari besi beton bertulang

 

 

Keyword:
buah bibir buah bibir artinya buah bibir tribun jateng buah bibir artinya brainly buah bibir kalimat buah bibir kbbi buah bibir sinonimnya buah bibir sinonim buah bibir majalah buah bibir baku atau tidak buah bibir in english buah bibir adalah majas antonim buah bibir ungkapan buah bibir artinya jadi buah bibir artinya arti buah bibir dan contoh kalimatnya buah bibir bermakna buah bibir bahasa apa ungkapan buah bibir bermakna arti buah bibir brainly buah bibir itu bahasa apa buah bibir.com contoh buah bibir contoh kalimat buah bibir contoh ungkapan buah bibir buah bibir dalam bahasa indonesia denotasi buah bibir definisi buah bibir perbedaan buah bibir dan buah mulut arti buah bibir dalam bahasa indonesia arti buah bibir dalam kbbi kalimat dari buah bibir makna denotasi buah bibir ervina model buah bibir film buah bibir gambar buah bibir bibir alergi getah buah bibir kena getah buah buah untuk bibir hitam buah bibir itu apa majalah buah bibir indonesia bahasa inggris buah bibir makna idiom buah bibir makna istilah buah bibir apa istilah buah bibir jadi buah bibir buah bibir tribun jogja jus buah untuk bibir kering jus buah untuk bibir pecah pecah konotasi buah bibir kata buah bibir kacer buah bibir arti kata buah bibir arti kiasan buah bibir persamaan kata buah bibir buat kalimat buah bibir kata lain buah bibir buah lemon untuk bibir buah bibir memiliki arti buah bibir merupakan majas buah bibir merah buah bibir masyarakat model buah bibir ungkapan buah bibir mempunyai arti kata buah bibir memiliki arti majalah buah bibir pdf buah bibir arti nya buah naga memerahkan bibir buah naga pemerah bibir peribahasa buah bibir persamaan buah bibir puisi buah bibir pepatah buah bibir ungkapan buah bibir pada teks tersebut bermakna ungkapan buah bibir pada teks tersebut bermakna brainly tabloid buah bibir pdf indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan buah bibir sama dengan kata seperti buah bibir buah untuk memerahkan bibir secara alami buah yang membuat bibir sehat bibirmu semanis buah buah bibir termasuk majas buah bibir tabloid apakah buah bibir termasuk kata kerja kalimat tentang buah bibir buah tangan buah bibir artis tabloid buah bibir buah agar bibir tidak kering buah bibir ungkapan kalimat ungkapan buah bibir buah untuk vitamin bibir buah yang memerahkan bibir buah yg bikin bibir merah buah yg memerahkan bibir buah yg membuat bibir merah alami yang dimaksud buah bibir buah yang menyehatkan bibir buah yang merawat bibir buah yang mengatasi bibir kering
Google+