Tara Basro Aktris Favorit Sutradara Film Joko Anwar

Sutradara Joko Anwar memiliki kriteria tersendiri dalam memilih aktor yang akan membintangi film-film arahannya. Saat ditemui dalam acara peluncuran Samsung Galaxy S20 di Ballroom Ritz Calton, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (4/3/2020), Joko mengungkapkan dua kriteria untuk para calon pemain film-film karyanya. "Tentu pertama harus cerdas. Kenapa? Karena kalau cerdas dia bisa menerima arahan. Kedua dia harus orangnya humble," kata Joko Anwar.

Menurut Joko, orang yang humble atau rendah hati biasanya akan lebih mudah masuk ke dalam karakter tokoh yang diperankan. 'Karena orang humble biasanya sensitif terhadap perasaan orang lain. Kalau dia sombong, dia enggak sensitif sama perasaan orang lain, ketika seorang aktor merasa dirinya yang paling penting, dia tidak bisa memahami karakter yang ia perankan," ujarnya. Dua kriteria itu rupanya Joko temukan pada aktris Tara Basro.

Tara Basro di tengah peluncuran web serie Halustik di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (12/9/2017).

Tara Basro/kompas.com

Tak heran jika sutradara film Pengabdi Setan ini kerap menggaet Tara Basro dalam film-film garapannya. Tak hanya memuji kemampuan akting Tara, Joko juga menyebut wanita kelahiran 11 Juni 1990 itu sebagai sosok yang sangat rendah hati. "Tara Basro sebagai aktris ya dia enggak bisa diragukan lagi kemampuan akting, dia skill-nya luar biasa, talentanya juga," tutur Joko. "Yang paling utama dia orangnya humble banget, enggak pernah merasa dirinya bintang besar. Enggak pernah merasa dirinya cantik atau meminta perlakuan yang lebih," ujar Joko Anwar.

Meski demikian, Joko Anwar tetap memberlakukan proses casting untuk Tara Basro pada setiap filmnya. "Orang bilang kenapa Tara Basro main film aku terus? Dia kasting loh setiap film dan dalam setiap film dia paling tidak mengalahkan 20 kandidat," ujar Joko Anwar.

 

 



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin Bermain Film Garapan Joko Anwar? Kamu Harus Punya 2 Karakter Ini", https://www.kompas.com/hype/read/2020/03/04/200632866/ingin-bermain-film-garapan-joko-anwar-kamu-harus-punya-2-karakter-ini.
 

Keyword:
Google+