Wisata Budaya di Desa Candirejo







JATENGLIVE.COM - Kira-kira 3 kilometer di sebelah timur Candi Borobudur, ada destinasi lain yang layak Anda sambangi. Desa wisata Candirejo. Dengan mengedepankan turisme berbasis lingkungan dan mengoptimalkan potensi masyarakat, desa ini bergerak menjadi desa mandiri. Menjadi lokomotif ekonomi dan percontohan bagi desa-desa di sekitarnya.

Desa Candirejo yang asri menawarkan wisata yang mengembalikan kita ke alam dan mendekatkan pada akar budaya masyarakat lokal. Tatak Sariawan, pengelola Koperasi Desa Wisata Candirejo Desember lalu menjelaskan, “Secara garis besar, Desa Wisata Candirejo menawarkan wisata alam, wisata seni dan budaya, serta wisata agro atau pertanian. Konsepnya semua berbasis masyarakat, contohnya aktivitas industri rumah tangga, pertanian dengan sistem tumpangsari. Untuk wisata alam, kami punya pemandangan Gunung Menoreh dan pertemuan tiga sungai.”

Untuk berkeliling desa, kita bisa menggunakan andong atau dokar yang disediakan. Kita bisa bertamasya di sekitar desa, memandang Bukit Menoreh, belajar tentang sistem pertanian desa, dan melihat langsung kehidupan masyarakat setempat, termasuk kesenian tradisionalnya. Pada waktu-waktu tertentu, jenis-jenis atraksi tradisi lokal digelar, seperti jathilan, kubrosiswo, atau sedekah bumi.

Nyadran merupakan upacara adat yang biasanya dilakukan pada bulan Ruwah (kalender Jawa) dalam rangka menyambut Ramadhan. Upacara yang merupakan bentuk ucapan syukur atas panen ini biasanya dilakukan di Gunung Mijil. Dalam upacara ini, mereka juga memohon agar hasil pertanian musim panen berikutnya melimpah. Kesenian tradisional jathilan merupakan tarian yang menggambarkan latihan perang pasukan berkuda Pangeran Diponegoro. Tarian ini diiringi musik karawitan.

Desa wisata Candirejo memiliki sekitar 50 industri rumah tangga, dari produk kerajinan tangan sampai makanan. Di salah satu rumah penduduk misalnya, kita bisa melihat pembuatan slondik, makanan kering berbahan dasar singkong. Pengelola desa wisata menjelaskan, pengolahan ini dapat menggandakan nilai ekonomi singkong sampai beberapa kali lipat.

Berwisata di desa Candirejo memberikan paket lengkap wisata alam, budaya, seni, sekaligus menyuguhkan interaksi dengan penduduk lokal. Menghadirkan pengalaman wisata yang berbeda bagi para pencinta perjalanan. [NOV]

Artikel ini telah tayang di https://klasika.kompas.id/mereguk-pengalaman-budaya-di-desa-candirejo/.

Keyword:
Google+