3 Resep Mudah Dan Menjadi Menu Andalan Saat Berbuka Puasa

1. Ayam Rica Rica 

Ayam rica-rica merupakan salah satu masakan khas Manado, Sulawesi Utara, yang terkenal dengan cita rasa pedasnya. Dalam bahasa Manado, kata “rica” sendiri berarti “cabai” atau “pedas”. Ayam memang paling populer untuk dibuat rica, tapi hampir semua jenis daging, unggas, ikan air tawar, dan seafood bisa diolah menjadi masakan rica-rica nan lezat.

Untuk mendapatkan cita rasa pedas yang khas, rica-rica biasanya menggunakan banyak cabai merah dan cabai hijau, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, serta sedikit garam dan gula. Bahan-bahan tersebut lalu ditumbuk halus, dimasak bersama santan, dan dicampur dengan daun jeruk, serai, dan perasan jeruk nipis.

Karena kepopulerannya, kini rica-rica tak hanya menjadi masakan yang ekslusif di Manado saja, melainkan sudah merambah ke berbagai wilayah di Indonesia. Cara memasaknya pun beragam, ada yang dagingnya digoreng terlebih dulu, ada juga yang dibakar.

Bahan:

1 ekor ayam kampung, cuci bersih lalu potong menjadi 8 bagian
1 sdt air perasan jeruk nipis
1 ¾ sdt garam, atau sesuai kebutuhan
½ sdt gula pasir, atau sesuai kebutuhan
4 lembar daun jeruk, cuci bersih lalu buang tulang daunnya
2 batang serai, cuci bersih lalu memarkan agar aromanya keluar
300 ml air
Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya untuk menumis

Bumbu Rica-Rica:

6 buah cabai merah, buang tangkainya
1 buah tomat, cuci bersih
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe ukuran sedang, kupas kulit luarnya

Cara Membuat Ayam Rica-Rica:

Pertama, lumuri daging ayam yang telah dipotong dengan campuran 1 sdt garam dan perasan jeruk nipis hingga merata. Lalu, diamkan selama sekitar 15 menit sampai meresap, sisihkan.

Tumbuk kasar semua bahan untuk bumbu rica-rica. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak lalu tumis bumbu yang telah ditumbuk kasar sampai harum. Tambahkan daun jeruk dan serai, lalu aduk kembali.

Masukkan daging ayam yang sudah disiapkan tadi ke dalam tumisan, aduk hingga berubah warna dan bumbunya meresap. Selanjutnya, tuangkan sisa garam dan gula pasir lalu kembali aduk hingga merata. Tuangkan air dan biarkan hingga bumbunya meresap. Aduk sesekali agar peresapannya maksimal lalu angkat.

Ayam Rica-Rica siap disajikan!

 

2. Udang Goreng Saos Asam Manis 

Udang mengandung banyak protein dan kalisum akan tetapi rendah kalori. Jandi anda semua tidak peru taku gemuk ketika memakan udang, dan tentunya protein dan kalsum sangat baik untuk anak-anak tercinta anda yang sedang pada masa pertumbuhan. Jadi bagi ibu-ibu rumah tangga yang suka dan hobi akan memsak bisa menjadikan Udang Asam Manisini sebagai salah satu menu untuk disajikan kepada keluarga anda. Dengan cara pengolahan yang sederhana, dan bahan-bahan untuk membuat Udang Asam Manispun cukup mudah untuk didapatkan. Sehingga anda tidak perlu pusing-pusing untuk menentukan menu yang cocok untuk keluarga tercinta anda untuk berbuka puasa.

Bahan-Bahan Membuat Udang Asam Manis:

  • Udang windu atau sesuai selera, dibersihkan
  • Minyak goreng atau margarin secukupnya, untuk menumis

Bumbu Udang Asam Manis Yang Perlu Dipersiapkan:

  • Garam, secukupnya
  • Gula, secukupnya
  • Penyedap rasa, secukupnya
  • Saus bangkok (opsional bila suka)
  • 5 butir Bawang merah
  • 3 butir Bawang putih
  • 1 buah Bawang bombay, cincang halus
  • 1 buah Tomat, cincang
  • 5 buah Cabe merah, sesuai selera
  • 1 sdt air asam

Cara Membuat Udang Asam Manis Yang Enak:

  • Haluskan bawang merah, bawang putih, tomat dan cabai merah.
  • Panaskan minyak goreng atau mentega, masukkan udang dan oseng hingga berwarna kemerahan.
  • Masukkan bawang bombay, oseng sebentar lalu tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan.
  • Tambahkan air asam, garam, gula, penyedap rasa dan saus bangkok secukupnya, aduk sampai rata. Jika dirasa bumbu sudah pas, matikan api, angkat dan sajikan.

Tips Untuk Memasak Udang:

  • Pilihlah udang yang segar dengan cara pegang badan udang, jika badan udang masih terasa keras artinya keadaan udang masih bagus atau segar.
  • Saat memasak udang kulit udang bisa di kupas dulu ato tidak, itu semua tegantung selera sobat onliners. Tapi biasanya udang akan terasa lebih gurih jika dimasak menggunakan kulitnya. Karena di dalam kulit udang mengandung antibodi. Jadi jika sobat onliners cenderung alergi ama udang, lebih baik makan bersama kulitnya. Karena biasanya bisa menjadi penawarnya. Karena berdasarkan penelitian chitosan, “kulit udang” dapat mengobati berbagai penyakit termasuk hipertensi dan diabetes militus. Itulah beberapa khasiat dan fungsi udang yang ternyata sangat baik untuk kesehatan. Tapi buat sobat onliners yang mempunyai kolesterol tinggi, sebaiknya agak dikurangi ya memakan udang atau seafood.

 

3. Ikan Bakar Saos Madu                  

Penyajian ikan dengan cara dibakar selalu menjadi primadona para pecinta kuliner. Andakah salah satunya? Pada prinsipnya ada beragam jenis sajian ikan bakar. Biasanya pembedaannya didasarkan pada jenis ikan dan juga jenis bumbu yang digunakan, baik itu sebagai bumbu pelengkap atau olesan. Jika Anda benar-benar pecinta ikan bakar, pasti sudah familiar dengan ikan bakar kecap, ikan bakar terasi, ikan bakar sambal bawang dan lainnya. Bagaimana dengan ikan bakar madu? Menu yang satu ini memang unik sebab menggabungkan manisnya madu dengan gurih dan lembutnya daging ikan. Sajian unik ini bisa dijumpai di beberapa restoran dengan harga yang bervariasi. Jika Anda senang bereksperimen di dapur, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk mencoba resep ikan bakar madu yang kami sajikan berikut ini. 

Siapkan Bahan-bahan! 

Untuk membuat ikan bakar madu, daftar bahan-bahan yang harus Anda siapkan antara lain: 

  1. Ikan sebanyak 2 kilogram. Bisa jenis nila, kakap, gurame atau juga jenis lainnya sesuai selera Anda. Pilihlah yang ukurannya sedang.
  2. Jeruk nipis secukupnya, untuk menghilangkan bau amis ikan.
  3. Kecap manis secukupnya.
  4. Mentega secukupnya.

Sementara itu, bumbu untuk ikan bakar madu antara lain: 

  1. Madu asli sebanyak 6 sendok makan.
  2. Bawang merah sebanyak 10 siung.
  3. Bawang putih sebanyak 8 siung.
  4. Ketmbar sebanyak 2 sendok teh.
  5. Merica bubuk sebanyak 2 sendok teh.
  6. Daun jeruk sebanyak 6 helai.
  7. Garam secukupnya.
  8. Lengkuas sebanyak 4 ruas.
  9. Kemiri sebanyak 4 biji.

Setelah semua bahan untuk membuat ikan bakar madu tersedia, saatnya memulai proses pembuatan. Adapun langkah demi langkahnya sebagai berikut; 

  1. Haluskanlah bumbu halus ikan bakar madu yaitu bawang merah dan putih, ketumbar, kemiri, lengkuas, dan juga daun jeruk. Kemudian tambahkan dengan meirca bubuk dan juga garam.
  2. BUmbu yang halus tersebut kemudian dicampur dengan madu dan juga minyak.
  3. Panaskan mentega di wajan dan selanjutnya, tumislah bumbu halaus dengan api sedang sampai wangi. Jangan lupa masukkan kecap manis sesuai selera Anda. Angkat.
  4. Selanjutnya, lumuri ikan dengan jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, lumuri kembali dengan bumbu yang telah ditumis tadi. Diamkan kurang lebih 30 menit.
  5. Panaskan tungku untuk membakar ikan. Setelah ikan dioles, baarlah sambil sesekali dibalik agar matangnya merata. Sambil dibolak balik, jangan lupa terus mengoleskan bumbu pada ikan.
  6. Setelah matang, ikan bakar madu siap disajikan dan disantap dengan nasi putih hangat.

 

Mudah bukan Resep tadi? Selamat mencoba ya!

 

Keyword:
kuliner halal purwokerto kuliner hits di solo kuliner halal di bali kuliner hits purwokerto kuliner indonesia kuliner ikan kuliner ikan bakar kuliner india kuliner iga kambing kuliner indramayu kuliner ikan bakar di solo kuliner ikan manyung semarang kuliner ikan di semarang kuliner indonesia di mata dunia kuliner jakarta kuliner jawa tengah kuliner juwana kuliner jawa kuliner jajanan kuliner jepang kuliner jakarta selatan kuliner jakarta barat festival kuliner j city kuliner kebumen kuliner karanganyar kuliner kendal kuliner khas purwokerto kuliner khas salatiga kuliner khas pekalongan kuliner legendaris semarang kuliner lampung kuliner legendaris solo kuliner lombok kuliner lembang kuliner lasem kuliner lendir kuliner lumpia semarang kuliner lobster di solo kuliner legendaris purwokerto kuliner ala kota sby jawa timur kuliner l kuliner malam kuliner malam di semarang kuliner malam purwokerto kuliner muntilan kuliner malang kuliner malam salatiga kuliner malam solo 2018 m.kuliner dapur solo kuliner m blok m kuliner pasaraya blok m kuliner kuliner nusantara kuliner ngaliyan kuliner nasi liwet solo kuliner ngawi kuliner nasi goreng kuliner nganjuk kuliner negara asean kuliner nasi goreng semarang kuliner nasi kebuli di semarang kuliner ngarsopuro solo tempat wisata dan kuliner bogor kuliner online kuliner online bandung kuliner olahan daging sapi kuliner octopus kuliner online jakarta kuliner opor ayam kuliner olahan ayam kuliner otak otak kuliner osaka kuliner otista o channel kuliner kuliner pemalang kuliner purworejo kuliner pati kuliner purwodadi kuliner pagi semarang kuliner pagi di solo kuliner parakan kuliner p.siantar kuliner p kuliner p.bun kuliner qbig kuliner quotes kuliner qatar kuliner di marelan kuliner qraved qraved kuliner bogor qraved kuliner bandung qraved kuliner solo qraved kuliner jakarta kuliner q kuliner rembang kuliner randudongkal kuliner rekomendasi di solo kuliner rawa pening kuliner rekomendasi di semarang kuliner rumahan kuliner rawamangun kuliner riau kuliner rita mall purwokerto kuliner recommended di semarang kuliner r e martadinata bandung r & b bengkel kuliner kota bandung jawa barat kuliner solo malam kuliner sragen kuliner sukoharjo kuliner semarang malam kuliner surabaya kuliner simpang lima kuliner solo malam hari kuliner s parman medan blok s kuliner kuliner tawangmangu kuliner tembalang kuliner terkenal di solo kuliner terkenal di semarang kuliner tradisional kuliner tengah malam semarang kuliner thailand kuliner t.agung kuliner ungaran kuliner unik kuliner unnes kuliner ums kuliner unik semarang kuliner uns kuliner unik solo kuliner unnes semarang kuliner undip kuliner ungaran jawa tengah kuliner viral kuliner vietnam kuliner viral 2018 kuliner vegetarian kuliner vector kuliner vemale kuliner viral malaysia kuliner vegetarian medan kuliner viral bandung kuliner wonogiri kuliner wajib semarang kuliner wajib solo kuliner weleri kuliner wajib bandung kuliner wirosari kuliner wajib magelang kuliner wajib purwokerto kuliner wajib jogja kuliner xt square kuliner extreme kuliner xinjiang kuliner xtrim kuliner xiamen kuliner xplorasa sms banner kuliner ximending kuliner kuliner bintaro xchange bazar kuliner di taman ria medan city north sumatra x banner kuliner kuliner yogyakarta kuliner yang banyak tersedia di cilacap kuliner yang lagi hits kuliner yang enak kuliner yang menjanjikan kuliner yang enak di solo kuliner yang lagi viral kuliner yang terkenal di semarang kuliner yogyakarta yang terkenal kuliner yg lagi viral kuliner y kuliner jaman dulu kuliner zhangjiajie kuliner zona merah bandung kuliner zaskia sungkar kuliner jaman sekarang kuliner zimbabwe kuliner zona merah kuliner jadul zomato kuliner bogor kuliner 06 eta gratus kuliner 0038 kuliner 17 agustus kuliner 17 agustus 2018 100 kuliner jogja 10 kuliner bandung 10 kuliner semarang 1001 kuliner bandung 10 kuliner solo 10 kuliner wajib di surabaya 10 kuliner malang 10 kuliner surabaya kuliner 1 kuliner 24 jam semarang kuliner 24 jam solo kuliner 24 jam kuliner 2018 kuliner 24 jam di semarang kuliner 24 jam purwokerto kuliner 24 jam di solo kuliner 24 jam jakarta kuliner 2019 kuliner 24 jam bandung aadc 2 kuliner pim 2 kuliner wisata kuliner 2 kuliner 3 jari bintaro kuliner 34 provinsi di indonesia kuliner 37 kota palu sulawesi tengah kuliner 37 palu city central sulawesi kuliner 34 kuliner 38 30 kuliner tradisional indonesia 30 kuliner indonesia 30 kuliner khas indonesia 30 kuliner indonesia yang mendunia 3 kuliner khas betawi yang mulai langka coba cicipi sebelum hilang kuliner 3 jari lk 3 kuliner khas tradisi indonesia lembar kerja 3 kuliner khas tradisi indonesia kuliner 4 sehat 5 sempurna kuliner 44 41 kuliner jogja 40 kuliner kuliner wisma bni 46 lembar kerja 4 kuliner khas tradisi indonesia saking enaknya 4 kuliner ini antrinya pakai nomor 5 kuliner ekstrem di asean yang wajib kamu coba 5 kuliner khas bogor 5 kuliner legendaris jakarta 5 kuliner jogja 5 kuliner indonesia yang mendunia 5 kuliner indonesia 5 kuliner bandung 5 kuliner di indonesia 5 kuliner 5 kuliner pasar lama tangerang 5 kuliner kaki lima di bandung yang dapat menggoyang lidah - rescooker kuliner 69 gresik kuliner 69 kuliner 69 sidoarjo 6 kuliner khas bogor kuliner citra 6 kuliner tp 6 warung kuliner 69 warung kuliner 69 kabupaten gresik jawa timur warung kuliner 69 kabupaten sidoarjo jawa timur 61212 menu kuliner 69 citra 6 kuliner kuliner 77 7 kuliner saksi sejarah bandung 7 kuliner malam bandung 7 kuliner di bandung kuliner trans 7 kuliner citra 7 kuliner bintaro sektor 7 sekul selera kuliner 767 kota kediri jawa timur kuliner aneka bubur 786 7 kuliner banyuwangi trans 7 kuliner 7 spot kuliner tersembunyi di bandung 7 spot kuliner tersembunyi di bandung yang super keren 7 wisata kuliner bogor 7 wisata kuliner terunik di indonesia 7 bidadari kuliner kuliner pasar 8 alam sutera warung kuliner 826 kuliner malam pasar 8 kuliner di pasar 8 kuliner pagi pasar 8 kuliner dekat hotel 88 embong malang pasar 8 kuliner pasar 8 kuliner malam kuliner 90an kuliner petak 9 kuliner sektor 9 bintaro kuliner tahun 90an kuliner rest area 97 kuliner bintaro lot 9 9 kuliner sentul petak 9 kuliner 9 tempat kuliner bintaro sektor 9 kuliner
Google+