4 Oleh-oleh Khas Solo Yang Harus Dibeli Ketika ke Solo

JATENGLIVE.COM, SOLO - Setiap daerah pasti mempunyai aneka oleh-oleh khas daerah tersebut salah satunya adalah Solo. Kota yang terkenal dengan keanekaragaman seni batiknya ini ternyata juga mempunyai oleh oleh yang tak kalah menarik dengan daerah lain.  Beberapa makanan di bawah ini, bisa anda jadikan alternatif sebagai oleh oleh khas Solo Jawa Tengah. Berikut ulasannya.

1. Serbat Jahe

serbat jahe

https://tempatwisataindonesia.id/oleh-oleh-khas-solo/

Apakah anda daerah anda mempunyai iklim yang cukup dingin? Nah bila iya, serbat jahe ini dapat menjadi pilihan yang tepat. Serbat jahe merupakan sebuah tablet jahe yang dicampur dengan rempah-rempah khas Solo. Cara menikmatinya cukup dengan disedu dengan air panas.

Satu tablet serbat jahe dapat membantu menghangatkan badan di iklim dingin seperti daerah pegunungan atau saat malam hari pada musim kemarau. Selain khasiat yang bagus ini, serbat jahe juga cocok untuk oleh oleh. Praktis dan mudah dibawa serta pantas diberikan kepada keluarga atau kerabat dekat lainnya.

2. Rambak Petis

rambak petis

http://rambakpetiskhassolo.blogspot.co.id/2014/11/rambak-petis-wirjodihardjo.html

Ketika berkunjung ke Kota Solo, tentunya ada keinginan untuk membawakan oleh-oleh khas kota tersebut untuk keluarga dirumah. Banyak sekali makanan khas dari kota tersebut, salah satunya adalah rambak petis. Rambak petis yang paling digemari banyak konsumen saat ini adalah Rambak Petis Wirjodihardjo yang berproduksi di daerah Kalikuatan no. 10, Jagalan, Solo.

Yang membuat Rambak Petis Wirjodiharjo ini unik dan enak serta lezaat...!!! adalah rambak ini telah berdiri secara turun-temurun sejak tahun 1962, dan tetap mempertahankan resep rahasianya, sehingga sampai saat ini cita rasa akan tetap sama. Rasa asin dan gurih yang khas, tidak dimiliki oleh rambak buatan selain Rambak Petis Wirjodiharjo. Serta rasa sambal petisnya yang semakin membuat nikmat. Soal kesehatan, produk Rambak Petis Wirjodiharjo telah terdaftar dalam departemen kesehatan.

Hanya dengan Rp. 20.000 sudah bisa menikmati Rambak Petis Wirjodihardjo. 

3. Abon Mesran Solo

abon sapi mesran solo

http://tentangsolo.web.id/abon-mesran.html

Saat berkunjung ke Solo, terasa kurang jika belum mampir ke pusat oleh-oleh Pak Mesran. Nama Mesran diambil dari nama pemiliknya yaitu Mesran Mistopawiro. Toko oleh-oleh yang buka di daerah Kalilarangan ini merupakan tempat yang rekomendid untuk berburu oleh-oleh khas kota Solo.

Salah satu produk andalannya adalah Abon Mesran. Abon yang rasanya gurih dan enak ini dibagi menjadi dua jenis berdasarkan bahan. Kamu bisa memilih Abon Mesran yang terbuat daging sapi atau daging ayam. Soal pilihan rasa, Kamu juga bisa memilih yang pedas atau yang manis. Abon Mesran sangat cocok untuk lauk nasi, apalagi nasi yang pulen dan masih hangat. Harga Abon Mesran Rp.30.000

4. Ampyang

ampyang

https://www.kabarkuliner.com/sensasi-manis-gurih-ampyang-gula-kacang/

Ampyang adalah satu jenis jajanan pasar tradisional yang terbuat dari bahan utama kacang tanah dan gula Jawa / gula merah. Karenanya Ampyang juga sering disebut Gula Kacang, satu nama yang sepenuhnya merepresentasikan komponen yang ada di dalamnya. Cara membuatnya cukup sederhana, kacang yang telah disangrai dimasukkan dalam cairan gula Jawa dan kemudian didiamkan hingga mengeras.

Ampyang berwarna cokelat kehitaman dan mempunyai rasa manis-gurih. Teksturnya agak keras, mirip cokelat batangan yang di dalamnya berisi kacang-kacangan. Rasanya tak banyak variasi, yang paling umum adalah rasa orisinal gula Jawa dan jahe.  Untuk memperkaya rasa, biasanya jahe turut ditambahkan dalam proses pembuatan Ampyang. Namun belakangan ada juga yang berinovasi membuat Ampyang rasa cokelat. Segelas teh hangat tanpa gula akan menjadi pendamping sempurna menikmati Ampyang. Rasa Ampyang yang manis akan diimbangi oleh teh kental yang wangi dan bercitarasa agak sepat (karena tanpa gula).

itulah beberapa makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh ketika sedang wisata ke Solo.

Keyword:
Google+